Melayani

Pagi yang sejuk, 23 September 2017. Udara di Kompleks Harmoni  lebih segar dibanding hari hari sebelumnya.  Hari itu saya sangat senang dan bersemangat. Ada tugas rutin. Memberikan pelatihan kepada  para cleaner. Yang membuatku  semangat adalah  para peserta  yang  punya motivasi  belajar tinggi.  Sebelum saya datang, mereka sudah duduk menunggu. Tulus.

Pukul  08. 30  usai  doa dan ice breaking,  sebelum memberikan  materi  inti terlebih dahulu menceritakan pengalaman  menjadi  trainer. Dulu waktu masih di Makassar saya katakan  pernah bekerja sebagai tukang cuci piring lalu hijrah di Batam, juga bekerja dari bawah. Sebagai pekerja bangunan, tukang cat rumah, asisten tukang sablon dan asisten  pengukuran lahan. Bekerja yang dibayar  harian.  Namun semangat belajar yang tinggi  akhirnya bisa memberikan  hasil yang baik. Konsep  10.000 jam  berlatih  adalah solusi.

servis

Kehidupan  di  lapangan adalah guru.  Menghargai proses  adalah emas. itu adalah prinsip.  Saya ceritakan bagaimana  Houtman Zainal Arifin yang  awalnya  juga dari nol sebagai  Office Boy  dan pelan namun pasti  menjadi Vice President  City Bank.  Ada lagu yang memotivasi  dari   Rapper  Young Lex  yang  menarik dicerna.

Young Lex – Office Boy

Lulus SMA jadi Office Boy
Tapi sekarang punya office, boy
Di suruh nyapu nyapu sama ngepel, boy
Di suruh ganti air galon abis, boy
Proses di bawah gue lewatin, boy
Kerja keras kaga pernah bohong, boy
Kadang kenyataan sakit
Kita jatuh di bawah itu untuk belajar bangkit, boy
Buat para Office Boy
Jangan nyerah sama mimpi lo, boy

Kita berasal dari bawah, boy
Diremehin sama atasan, boy
Buktiin lo punya kualitas, boy
Beli omongan mereka pake prestasi, boy
Emang kita dari bawah, boy
Tapi kita punya hak buat sukses juga, boy
Gaji gua tabung buat rekaman, boy
Dulu di remehkan
Tapi sekarang di idolakan boy!

Kita lulus SMA dan nggak punya biaya buat bayar kuliah
Respect buat mereka, yang memilih tuk kerja, bukan menangis pasrah
Dan tidak menyerah, selepas pulang kerja , lanjut ambil D3
Selesai kuliah, bikin usaha, kita semua bisa sukses kalo mau berusaha boy

Lulus SMA jadi Office Boy
Tapi sekarang punya Office, boy
Di suruh nyapu sama ngepel, boy
Di suruh ganti air galon abis, boy

Semua mulai dari bawah, boy
Gue juga pernah dulu di posisi elo, boy
Pak Zainal Arifin dulu Office Boy
Meninggal tahun 2012, boy
Respect buat beliau, boy
Vice President Citibank, boy
Dan ini buat para Office Boy
Kita juga bisa sukses kaya dia, boy

Kita berasal dari bawah, boy
Bukan berarti kita rendah, boy
Di mata Tuhan semua sama, boy
Yang penting kerjaan kita halal, boy

Kita berasal dari bawah, boy
Bukan berarti kita itu semua rendah ,boy
Buat para Office Boy
Jangan nyerah sama mimpi lo, boy

Tangisi tangisi?
Bila m’reka trus mencaci, mendingan diemin aja woop
Sesali sesali? Jangan pernah di sesali hidup tuk di perjuangin woow

Buat para Office Boy
Buat para Waiters, boy
Yang dari kalangan bawah, boy
Jangan nyerah sama mimpi lo, boy

Lulus SMA jadi Office Boy
Tapi sekarang punya Office, boy
Di suruh nyapu sama ngepel , boy
Di suruh ganti air galon abis, boy

Dulu gue Office Boy
Gue kaga nyerah Boy
Ga nyerah sama keadaan Boy
Mental gue mental juara Boy

Kita berasal dari bawah Boy
Direndahin sama atasan Boy
Jangan malu jadi Office Boy
Duit kita duit halal Boy

Buat para Office Boy
Jangan nyerah sama mimpi lo, boy

Dalam  dilirk lagunya,  Rapper Young Lex  juga memilih  sosok   Houtman Zainal Arifin sebagai  contoh yang patut ditiru dalam  berjuang  meraih mimpi. Siapakah Houtman Zainal Arifin.

Houtman Zainal Arifin   dari  Office Boy   bertransformasi menjadi Vice President Citibank. Houtman Zainal Arifin lahir pada  27 Juli 1950 di Kediri Jawa Timur. Meninggal Kamis, 20 Desember 2012.  Perjalanan  dan Pengalaman hidupnya yang amat inspiratif. Zainal  juga punya pengealaman bekerja sebagai direksi di perusahaan swasta, pengawas keuangan di beberapa perusahaan swasta, komite audit BUMN, konsultan, penulis serta dosen Pasca Sarjana di sebuah Universitas. Beliau dilahirkan dari keluarga pas-pasan.

Kisah  Zainal Arifin  menjadi  pemicu hormon endorfin bagi peserta pelatihan.  Tak ada pekerjaan  yang jelek. Apapun pekerjaan itu asalkan halal  adalah mulia.  Justru bekerja dari nol  lebih bagus untuk  mempelajari banyak hal.

Sehubungan dengan itu  peserta semakin semangat  ketika diuraikan tentang kekuatan persepsi. Bahwasanya apa pun yang ada di sekitar  adalah netral. yang menentukan positif  atau negatif  adalah persepsi masing masing. Kalau melihat dari kaca mata positif   maka  hasilnya juga positif dan begitu juga sebaliknya.  Yang menghalangi sukses  kita bukan  atasan, pendidikan,  aturan, pemerintah atau cuaca. Keberhasilan ditentukan oleh mindset positif.  Mind set itu ibarat  satelit.

Topik kedua yang diberikan  adalah  pelayanan. Hal utama yang ditekankan di sini adalah prinsik etika emas yang bernama Altruisme.  Ketika  petugas  office boy melakukan  tugas berdasarkan  job description semata belum tentu  bisa mengamalakan prinsip di atas.  Ketika  di rumah  atau di luar jam kerja   tidak melaksanakan  prinsip altruisme  dalam melayani  maka  bekerja masih  menjadi  beban.

Melayani  yang didasari prinsip altruisme  adalah mengutamakan  dalam menolong dan melayani  orang lain di banding  diri  sendiri.  Mengapa  melayani itu sejatinya sangat bagus?  Dengan melayani   atau memberi  atau menolong  maka sesungguhnya  yang merasakan manfaat utamanaya  adalah diri kita sendiri. Kenapa?

Ketika  kita melayani, menolong  atau memberi  maka  tak ada yang hilang dari kita. Bila dilakukan dengan ihklas  maka  yang merasakan efek bahagianya  adalah  sang  pemberi layanan. Saat  kita melayani maka kita melepaskan hormon bahagia  dan senang. Hormon Endorfin, Dopamin dan Oksitosin adalah hormon yang kita lepaskan saat menolong orang lain. Hormon tersebut  tidak saja membuat diri kita  senang  tapi juga memperkuat  daya tahan tubuh kita.

Bila  rajin melayani  maka secara tidak langsung  dapat memperkuat  karakter  diri. Modal dalam membangun  sebuah kejujuran  (Trust) adalah  Karakter.  Ibarat  pohon bila  akarnya  (simbol karakter) maka  pohon  dapat  bertahan  dari  gempuran badai dan topan.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: