CRM

Customer Relation Management  (CRM) merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis. Melalui CRM  dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. CRM  sejatinya adalah sebuah sistem  merawat dan mengembangkan pelanggan  berbasis data base dan aplikasi.

 

Keterangan foto: Share  CRM

 

CRM adalah sebuah strategi bisnis yang tidak hanya berorientasi untuk meningkatkan volume transaksi, tujuan dari CRM adalah untuk meningkatkan profitabilitas, pendapatan, dan kepuasan konsumen. Untuk mencapai CRM, perusahaan menyiapkan bermacam-macam peralatan, teknologi, dan prosedur-prosedur yang mempromosikan hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

CRM  mempunyai fungsi berupa  identifikasi  faktor penting bagi pelanggan. Mengusung falsafah customer-oriented. Mangadopsi  pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan. Menyediakan dukungan pelanggan sempurna. Menangani keluhan pelanggan. Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan pelanggan.

Dalam CRM  kita dibiasakan untuk bekerja berdasarkan sistem yang melibatkan  data base berbasis  aplikasi  yang bertujuan untuk menjaga  data pelanggan sehingga memudahkan untuk mengontak dan menganalisa  pelanggan dengan efektif. Ada pun manfaat CRM adalah sebagai berikut :

  • Jumlah konsumen  akan bertambah, karena tujuan utama dari CRM selain mencari konsumen baru disamping memelihara kepuasan konsumen yang sudah ada.
  • Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada konsumen,  dengan mengetahui kebutuhan konsumen.
  • Mengetahui kebutuhan konsumen pada masa yang akan datang, melalui hasil transaksi yang sudah dilakukan dan dari hasil analisa data-data transaksi yang sudah terkumpul.
  • Mengetahui ketidaknormalan pada setiap aktivitas transaksi,  mengetahui tindak kriminal seperti penipuan.
  • Mengetahui perbaikan yang harus dilakukan pada service yang diberikan kepada konsuman.
  • Mampu menganalisa pola data transaksi.
  • Mengurangi resiko operasional,  dengan mengetahui prediksi yang akan terjadi dan kesalahan yang pernah dilakukan berdasarkan  sejarah pelanggan.

Fakta mengatakan bahwa mendapatkan pelanggan  jauh lebih lebih  mahal di banding merawat pelanggan. Biaya  yang dikeluarkan untuk  mendapatkan pelanggan  adalah sepuluh kali biaya  merawat pelanggan.

benefits-of-crm-660x652

Di jaman Disruption   atau NonBos dimana  bisnis dijalanakan  tidak bisa  lagi lepas  dari pendekatan teknologi berbasis aplikasi. Hampir semua  jenis usaha menerapkan seperti Gojek, Gocar, Tokopedia. Tujuannya  adalah  kecepatan  dan kemudahan dengan biaya terjangkau.

Nah CRM pun  berkembang seiring  dengan berkembanganya  internet generasi ke -3. Kebutuhan akan data base  adalah  wajib. Data base menjadi modal  dalam menganalisa pasar. Saatnya berubah.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: