Training and Development Management

Training dan Development  itu berbeda. Training adalah bagian dari Development untuk meningkatkan kompetensi. Development  adalah  career path.  Dalam konsep Training and Development  perhatian akan tertuju pada  Analisa, Desain, Development, Implementasi  dan  evaluasi atau pengukuran.

Kompetensi  di atas  sebaiknya  dimiliki  oleh  karyawan bagian middle management level.  Tugas karyawan  bagian middle management  tidak sesederhana saat menjadi leader.  Ketika menjabat   Supervisor hingga  Manager level  tidak lagi  fokus pada produksi semata. Ada staf  yang membantu mewujudkan  visi  atau program kerja menjadi realisasi.

Salah satu kesalahan  level menengah adalah melakukan pekerjaan  sendirian  tanpa melatih  stafnya. Energinya akan terkuras, mudah sakit  dan  demotivasi. Staf atau anak buahnya  tidak ia percaya, begitu juga sebaliknya  anak buah di lapangan tidak menaruh kepercayaan  kepada atasan.  Sang Supervisor  atau Manager  berubah jadi robot atau zombi. He he he.

Agar tidak berubah   jadi zombi  di kantor, maka  supervisor  dan manager  wajib melatih  anak buahnya.  John C. Maxwell  penulis   dan pembicara Amerika kelahiran 1947 menuangkan dengan  baik  pemikirannya dalam buku Kepemimpinan Tingkat 5. Pemimpin  yang  tertinggi adalah adalah  level 5 yaitu  melahirkan pemimpin baru. Sebelum melahirkan pemimpin   ada level 4  yakni  melatih  dan mengembangkan  staf.

 

PT SDM  melakukan  pelatihan  Training  and Development  Management  diikuti  10 peserta. Pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2017. Fasilitator  adalah  M. Rusli dari P2SDM.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: