Bamboo

Bambu. Aku begitu suka sama tumbuhan ini. Waktu kecil   berbagai  manfaat  bambu sangat membantu  keluarga kami. Ayah   punya  pohon bambu. Sebagian dijual, sebagian dipakai untuk  keperluan sendiri.  Bambu dipakai untuk membuat warung tenda, kursi, pagar hingga Kandang ayam.

IMG_6771

Sebagai bocah  yang  besar di kampung. Fungsi bambu begitu beragam. Saya masih ingat dengan  jelas saat membuat senjata  dari bambu. Peluru kertas   yang direndam di air. Main Perang perangan dengan  senjata bambu sungguh  asik. Tidak  mengeluarkan biaya. Gratis. Namun hasilnya   sungguh  luar biasa. Banjir endorfin.

Ngaji di rumah kakek kadang dilewati karena  senangnya bermain.  Kalau tidak ngaji  begitu sampai di rumah  Ibu  marah. Tangan ibu lalu merapat ke kuping. Menjewer kuping hingga  merah. Ha ha ha. Meski dihukum ibu, aku tak pernah kesal. Karena  sayang sama Ibu.

Saat duduk di bangku SMP.  Ayah juga suka  mengajak ke Hutan Bambu miliknya. Beberapa  batang pohon ditebang. Pohon bambu yang sudah ditebang lalu dibersihkan. ranting  dan daun  disingkirkin.  Satu batang bambu yang berukuran dua puluh meter  lalu pindah ke pundakku. Tugasku membawa satu batang  Hingga  ke rumah.

Sampai di rumah.  Punggung  gatal karena  serbuk  halus  dari kulit  bambu menempel di punggung. Serbuk halus  itu  bikin gatal. Mandi di sumur . Pakai  sabun mandi liveboy. Busanya  memenuhi   seluruh badan.  Badan  terasa segar setelah  itu.

Bambu  yang sudah kering  lalu di potong dengan gergaji. Ayah   lalu  merubah   batang bambu tersebut menjadi  pagar yang kokoh.

Sekian tahun  di rantau.  Rasa kangen  kegiatan  masa lalu  kadang kadang  melintas. Bambu  mengingatkanku  pada  kampung halaman yang selalu  kurindukan. I love Bambu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: