Lukisan Hitam Putih

 

hitam putih 1

 

Lukisan hitam putih.  Ha ha  namanya  mirip  sebuah program di TV swasta.  Lukisan hitam putih  punya  peminat  yang tidak sedikit.  Banyak penikmat   lukisan  hitam putih  di negeri ini. Lukisan hitam putih itu seksi. Ah masa iya.   Hitam putih  terlihat sederhana. Namun berkesan artisitik. Kelebihan lukisan hitam putih  adalah  pengerjaan yang  cepat. hanya dengan hitungan jam  bisa menyelesaikan   sebuah lukisan  hitam putih. Bandingkan dengan lukisan   warna  yang menggunakan cat minyak. Lukisan  warna dengan cat minyak  butuh proses  yang  cukup lama.  Pengerjaan lukisan  cat  minyak   memakan waktu  dua hingga tiga hari. Lukisan cat minyak  memerlukan  proses  yang lama  untuk pengeringan.

 

IMG_6727

Kembali ke hitam putih.  Kesederhanaan lukisan  hitam putih  terlihat  dari bahan  bahan  yang dipakai. Kertas, pinsil dan penghapus.  Ada  beberapa  pelukis  yang hanya  menekuni  lukisan  hitam putih  karena  pengerjaan yang  cepat, dan biaya material yang  terjangkau. Pasar  yang banyak. Buktinya  di sosial media,  banyak komunitas  pelukis  yang  khusus menekuni  bidang ini.

Ada beberapa teknik  menggambar hitam putih.  Tergantung  kebiasaan  dan  kenyamanan  sang  Master  atau pelukis. Rekan saya Bernama Ori The Masta  lebih suka menggunakan  pinsil mesin.  Ada juga  yang  suka  pakai  konte. Warnanya  lebih  terang.  Pinsil B2  juga banyak dipakai  oleh   para Master.   Para  Master   yang sudah  ahli  dapat  menyelesaikan  sebuah  gambar  dengan  baik.  Beberapa   karya   yang bertebaran di sosial media   memperlihatkan   skill  yang tinggi oleh para  Master.  Lukisan  hitam putih  memiliki keindahan  yang tak kalah dari  hasil   fotografi.

Berapa  rupiah  untuk  sebuah  karya  lukisan  atau gambar hitam putih ini?  Angkanya  mulai dari  150.000  ribu rupiah  hingga  300.000  ribu rupiah.  Hanya gambar tanpa  bingkai.  Harga itu  untuk  pasaran  umum.  Lukisan  hitam putih   akan menjadi mahal bila  sang pelukis memiliki  nama  besar.

Dinamakia   pelukis hitam putih   juga  menyimpan  banyak cerita.  Ada  lho Pemesan lukisan  hitam putih  yang  kadang kadang  tidak manusiawi  dalam  memberi harga  pada lukisan.  Ada yang beranggapan bahwa  modal yang dikeluarkan  sang pelukis   hanya  kertas  dan pincil  kok harganya  sama dengan satu karung  beras. Ha ha ha….dia  tak tahu kalau proses menjadi pelukis   tidak   instan.  Butuh waktu  yang panjang, kerja keras, latihan dan  pengorbanan  hingga  menjadi pelukis  yang  hebat.  membeli  lukisan dari para Master    ibarat  kita  mengikuti  pelatihan.  Tiket untuk mengikuti pelatihan   biayanya  juga  sangat mahal.  Proses  yang panjang  dialami oleh  Master  dan Trainer. Isi otak mereka mahal, goresan tangan  Sang Master  mahal.

Ketika  sebuah  lukisan atau gambar sudah jadi.  Sang penikmat  akan  tersenyum dan berbahagia. Bisa merasakan  keindahan dari  lukisan.

Lukisan  menjadi bagian pengobatan  yang  kita tak sadari.  Lukisan  menjadi  penyejuk hati.

Sang Master  atau pelukis  punya derajat yang tinggi. Tak kalah dengan penari,  penyanyi,  Trainer,  manager.  Contagious.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: