Batch Ke-2 HR Profesional 2014 Batam

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menjadi seorang  HR Profesional  adalah dambaan para  praktisi  di bidang Human Resource   atau Human Capital.  Siapa sih yang tak mau jadi  seorang  profesional. Dalam segala hal profesional  adalah jaminan.  Mulai dari pemain biola,  sepak bola, renang,  lukis, tari, hingga pembuat Bacin (batu cincin), batunya populer  disebut bacan  (batu giok) he he he. Ya  menjadi profesional  adalah pencapaian  membutuhkan  proses yang panjang. Dalam sebuah buku berjudul energi 10.000 jam    tulisan Annie Salendra   yang diterbitkan  oleh Efata Publishing   mengatakan bahwa  kunci sukses  adalah ketekunan  bukan  kepintaran.

Tentunya ada  jaminan  mutu bagi  pelanggan  saat  bekerja sama dengan profesional.  Trust pada  mitra  kerja  yang profesional  adalah  sebuah  keharusan.  Membutuhkan  proses. Tidak bisa  instan. Kalau  saat ini masih banyak Praktisi Human Resource   yang  mentah  karena  tidak melewati proses dan  tentunya juga tidak tekun.  Bermodalkan hanya dekat dengan  atasan, bisa bahasa asing, tiba tiba  jadi Manager Human Resource Department.  Bersyukur  bila  selama  memegang jabatan tersebut   tidak terjadi  perselisihan   hubungan industrial  dan  beruntung  bila  perusahaan didukung  modal yang bagus.  Kalau kondisinya  beda,  modal perusahaan pas pasan,  kompetensi  Human Resource  Managernya  masih kurang,  saat  terjadi  perselisihan hubungan industrial  bisa  lain ceritanya.

Untuk  mengatasi  masalah  seperti di atas. Human Resource  Manager perlu memupuk habit, yakni  belajar tiada henti.  Kita tahu bersama  tantangan  HR Manager  tidak  gampang. Yang dihadapi adalah manusia  dengan kepribadian dan karakter  yang berbeda juga, latar belakang berbeda, persepsi berbeda dan tingkat daya tahan terhadap pekerjaan juga berbeda.

Salah satu  proses  yang  perlu   diikuti  oleh para praktisi HR adalah  pelatihan, seminar,  study banding, baca buku, aktif di komunitas  HR, sekolah hingga jenjang  S3.  Rajin  diskusi  kasus  dengan  para praktisi HR  Adalah proses  yang terus berjalan.  Materi  yang harus  dikuasai  seorang HR Manager   bukan  benda mati.  Bidang HR  Manager   dimulai dari  Perekrutan dan seleksi  karyawan   hingga  karyawan  tersebut  pensiun.

Lebih khusus  pada  Hubungan Industrial.  Jago  pada  bidang Undang Undang  dan  Hukum Ketengakarjaan  adalah   modal sebagai HR Manajer. Tapi  ternyata  pengetahuan  saja  tidak  cukup. Ada HR Manager  yang sudah senior, pengetahuan  Hukum Ketenagakerjaan juga  sudah  bagus. Tapi  bukan jaminan  perusahaan  bebas  dari  aroma  Perselisihan   Hubungan Industri  bila  karakter  HR Manager tersebut  lemah.

Dalam rangka  meningkatkan  kompetensi  para HR Manager  yang ada di Batam, Dinas Tenaga Kerja Kota Batam  melaksanakan  pelatihan  Human Resource. Menunjuk  LPK P2SDM  sebagai  mitra.  Kegiatan  pelatihan  berlangsung dua batch.  Batch  pertama 25 peserta  dan batch kedua 30 peserta.  Peserta berasal dari  latar belakang perusahaan yang beragam. Galangan kapal, manufacturing, perhotelan , jasa.

Setelah  pelatihan batch pertama dan  kedua  usai, diteruskan dengan  final test. Peserta  yang  telah mengikuti  pelatihan memperoleh  sertifikat  dari Dinas Tenaga kerja kota Batam.

Para  instruktur  atau  fasilitator batch  satu dan  dua terdiri atas   Citro, Kushadi Yahya,  Soleh, Riko Jaya Saputra,  Ani Tanasale, M. Rusli.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPembukaan  pelatihan, sambutan dari   Ibu Vera dari Dinas Tenaga Kerja Kota Batam

OLYMPUS DIGITAL CAMERASuasana  kelas

20141104_162008Diskusi kelompok

OLYMPUS DIGITAL CAMERADiskusi kelompok

OLYMPUS DIGITAL CAMERAFasilitator  Materi Key  Performance  Indicator  (Batch kedua)  Pak Soleh.

OLYMPUS DIGITAL CAMERARiko Jaya Saputra  fasilitator  materi Rekrutmen dan Seleksi

OLYMPUS DIGITAL CAMERANatalia  peserta HR Profesional  batch kedua

OLYMPUS DIGITAL CAMERAFoto bersama saat break

OLYMPUS DIGITAL CAMERAKushadi Yahya  fasilitator  spesial  materi hubungan Industrial

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPak Citro  spesialis materi  Compensation and Benefit  serta  Pengupahan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERASibuk kerjakan soal , Ibu Fifien Sitorus  dari PT Patlite peserta batch kedua

OLYMPUS DIGITAL CAMERALagi  Break

OLYMPUS DIGITAL CAMERAGame

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: