Pelatihan Team Building Biro Kepegawaian Batam

Setelah melakukan persiapan yang cukup panjang, P2SDM Batam bersama Biro Kepegawaian Batam sukses melaksanakan program Team Building yang dilaksanakan di Puncak Bogor dan Desa Gumati Bogor. Peserta ada 35 orang. Berlangsung tanggal 29 dan 30 Maret 2014 . P2SDM mengirimkan team trainer terdiri atas Penulis, Riko Jaya Saputra, Aan Pandelan, Gloria Monalisa dan Mondang.
Pukul 05.00 Bus Track kapasitas lima puluh orang sudah menunggu di depan Apartemen Dea Kuningan Barat. Pukul 06.00 seluruh peserta meninggalkan guest house BP Batam. Menuju bus sembari membawa perlengkapan masing masing. Doa bersama. Bus lalu meninggalkan Kuningan Barat.

20140329_110617</a

20140329_110155

20140329_104724

Perjalanan kurang lebih tiga jam peserta tiba di Rindu Alam. Bus diparkir di tempat strategis. Awan tipis menggantung. Cuaca mulai sejuk. Jalan aspal terlihat basah. Kendaraan yang melintas normal.

Memasuki perkebunan teh. Hamparan kebun teh menyambut para peserta. Lima belas menit peserta melakukan pendakian. Berhenti di pos satu. Peserta di bagi menjadi tiga bagian. Masing masing tim membuat yel yel. Yel yel diperagakan. Semangat meningkat. Ada game di pos pertama. Peserta diminta untuk menghitung jumlah bujursangkar yang ada dalam lembaran soal. Dikerjakan secara kelompok. Memakan waktu hampir tiga puluh menit. Sembari mengerjakan soal. Ada peserta yang asik berfoto menangkap momen indah dan langka.

Memasuki pos kedua peserta lagi lagi menyelesaikan tugas secara team. Bekerja sama mengumpulkan bola bola plastik. Ada lima warna . Setiap tim wajib mengumpulkan bola berdasarkan warna yang sudah ditentukan. Peserta yang ditugaskan memungut bola dalam mata tertutup. Peserta yang bertugas hanya mengandalkan pendengaran berdasarkan instruksi teman temannya. Game ini meski sederhana membutuhkan koordinasi, komunikasi dan kekompakan. Game ini dimainkan cukup lama. Ada satu jam. Di Pos terakhir , peserta mendapat tugas untuk menyelesaikan sebuah kuiz. Untuk menyelesaikan kuiz ini peserta melakukan brainstorming untuk menentukan jawaban kelompok.

Sembari menyelesaikan tugas, gerimis berubah menjadi hujan. Semangat peserta tetap tinggi. Sambil kehujanan mereka mencoba menyelesaikan soal di pos tiga. Penulis dan Riko Jaya Saputra membantu memayungi peserta. Mendung makin tebal. Hujan pun makin deras. Waktu menunjukkan pukul 11.30. Game di pos tiga dihentikan. Seluruh peserta menuruni kebun teh. Kegiatan cross country yang dipadukan dengan game berakhir. Break di Rindu Alam.

Menikmati hidangan yang sudah disiapkan oleh panitia pelaksana. Hidangan yang masih panas langsung menggoda selera makan peserta. Pukul 13.00 kembali ke Bus. Meluncur turun menuju Desa Gumati. Di perjalannan turun. Bus berhenti dua jam. Polisi menerapkan kebijakan buka tutup. Dua jam peserta tertahan di Cimori.

Tidak menyia nyiakan kesempatan peserta memilih untuk istrahat di Cimori. Ada yang sholat. Minum kopi hangat. Ada yang belanja oleh oleh. Pukul 16.00 kendaraan diperbolehkan jalan oleh Polisi. Satu jam kemudian bus tiba di Desa Gumati. Peserta menuju kamar hotel yang telah disediakan. Mandi, sholat dan makan malam. Pukul 20.00 Seluruh peserta memasuki ruang pelatihan.
Malam pertama adalah mini seminar topik membangun Team yang solid. Dibawakan oleh Penulis. Selama dua jam. Sebelum mini seminar, Rangkaian Team building dan Mini seminar dibuka secara resmi oleh kepala Biro Kepegawaian Batam, Drs. Asep Lili Holilulloh. Ada pembacaan doa oleh Raden Umar Bhakti dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ka Biro mengharapkan peserta mendapat sesuatu yang bermanfaat demi meningkatakan kekompakan kerja sama karyawan di Bagian Kepegawaian. Mini seminar berlangsung dua jam. Peserta kelelahan. Masing masing masuk kamar hotel beristrahat sambil menghimpun tenaga.

Saat peserta beristrahat Fasilitator menuju lapangan memasang perlengkapan game. Bermodal senter sebagai alat penerang. Petugas hotel yang ramah mendampingi fasilitator memasang perlengkapan game. Pukul 01.00 fasilitator menyempurnakan tugas. Kembali ke hotel. Berbaring. Beristrahat. Waktu berjalan begitu cepat. Tak terasa Asan Subuh berkumandang. Usai shalat subuh lalu ergegas ke lapangan.

Hari kedua. Pukul 06.00 peserta sudah berkumpul di lapangan. Mengikuti sesi pemanasan. Cuaca cerah. Tidak berawan. Rumput masih basah oleh embun yang tersisa. Sesi pemanasan berlangsung tiga puluh meneit. Peserta meneruskan dengan break pagi. Koordinator senam pagi adal Aan Pandelan.
Pukul 08.00 seluruh peserta kembali berkumpul di tempat team building untuk mengikuti rangkaian game tentang kerja sama team. Game pertama dalah Dart. Di susul game Maze, lalu Jaring laba laba dan game terakhir adalah Trust Fall. Rangkaian game ini berlangsung hingga pukul 15.00. Menguras tenaga dan pikiran. Peserta mengikuti rangkaian game dengan semangat. Kemompakan pesarta meningkat. Fasilitator menguraikan makna game setiap game berakhir. Peserta aktif bertanya dan menyampaikan pengalaman. Rangkaian game yang paling berat adalah Maze. Pada sesi ini peserta mengandalkan memori sembari menahan panas matahari.

Malam kedua, pukul 20.00 Usai menikmati hidangan malam. Peserta kembali memasuki ruangaan seminar. Riko Jaya Saputra dan Gloria yang berlatang belakang Psikologi membawakan materi Kepribadian (Personality Plus). Sebelum pembahasan ada assesmen tentang kepribadian untuk mengetahui kepribadian Sanguinis, Melankolis, Koleris dan Flegmatis. Pada sesi ini video Art mengenai dampak positif menghargai perbedaan dan inti dari membangun kerja sama tim ditayangkan.

Hari ketiga 31 Maret 2014 menuju Bandara Soekarno Hatta. Kembali Ke Batam dengan semangat dan wawasan yang baru tentang Kerjasama Tim. Sukses Biro Kepegawaian Batam.

1 Komentar (+add yours?)

  1. mr.riccie@yahoo.fr
    Des 11, 2014 @ 01:41:52

    Mantab (y)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: