Pelatihan Merubah Paradigma dan Membangun Etos Kerja

Sebanyak 30 peserta karyawan PT Prima Jasa Tunas Mandiri Surabaya bagian Operator hingga leader level mengikuti pelatihan Perubahan dan Etos Kerja. Fasilitator pelatihan dari P2SDM Batam M. Rusli. Berlangsung di Tanjung Perak, Gedung Biru Bogasari, Surabaya pada tanggal 22 Februari 2014.

Pelatihan tentang pentingnya perubahan dan etos kerja. Menanamkan kepada peserta pelatihan bahwa persainagn di bidang industri terus berlangsung. Perusahaan yang terjebak dalam comfort zone akan tertinggal atau ditinggalkan oleh para pesaing.

Selain persainagan yang terus berlangsung, etos kerja sangat penting. Karyawan Perusahaan yang tidak memiliki etos kerja yang baik dapat ditandai pada karyawan yang tidak bergairah dan bersemangat mengerjakan tugas atau pekerjaan. Pekerja yang tidak memperhatikan kualitas serta kurangnya passion adalah tanda dari pekerja yang tidak memiliki etos kerja.

Pelatihan ini berlangsung dengan suasana nyaman dan santai. Seluruh peserta terlibat dalam diskusi dan games.

Paradigma sangat menentukan keberhasilan. Bila paradigma awal salah maka apa pun hasil yang dilakukan akan salah. Paradigma juga tidak abadi. Seiring dengan perubahan, sejumlah teori atau pendekatan pun berubah. Pekerja di Prima Jasa Tunas Mandiri mengakui bahwa berubah sungguh tidak mudah. Saat mengikuti game terbukti bahwa peserta sulit berubah karena keyakinan dan konsep yang sudah mengakar di pikiran bawah sadar. Namun peserta pelatihan juga mengakui bahwa berubah itu penting.

Pada sesi ini peserta juga mendiskusikan perbedaan job dan karir. Banyak yang terjebak pada job. Ciri ciri job adalah pekerjaan adalah milik perusahaan. Ketika perusahaan tutup maka job juga hilang. Orang yang berada dalam jalur job termotivasi oleh uang. Mengerjakan tugas bukan karena passion tapi karena tidak ada pilihan lain. Sedangkan yang berada dalam jalur karir, bekerja karena passion (gairah), mencintai pekerjaan. Bekerja tidak merasa beban. Meskipun perusahaan tutup mereka tetap dibutuhkan dan survive. Pekerja yang berada di jalur karir selain bekerja berdasarkan gairah juga berada di jalur zona ihklas. Semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: