Pelatihan Leadership For Supervisor PT Prima jasa Tunas Mandiri Surabaya

Tanggal 21 Februari 2014 Penulis memberikan pelatihan di Gedung Biru Bogasari Surabaya tentang Kepemimpinan. Peserta adalah para supervisor PT Prima Jasa Tunas Mandiri Surabaya. Ada sembilan orang supervisor mengikuti pelatihan ini.

PT Prima Jasa Tunas Mandiri yang bergerang di bidang cleaner adalah perusahaan yang peduli pada kualitas dan pelayanan. Saat ini PT Prima Jasa Tunas Mandiri sudah beroperasi di Jakarta, Surabaya, dan Batam untuk memberikan pelayanan di bidang Cleaner.

Sebagai seorang supervisor, kemampuan di bidang kompetensi (skill) belum cukup. Seorang Supervisor juga harus kuat di bidang manajemen (membuat perencanaan, pengorganisasian, pengawasan terhadap sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk mencapai tujuan). Seorang Supervisor juga dituntut memiliki kemampuan membangun hubungan relasi dengan bawahan, atasan dan mitra kerja.

Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan. John Maxwell lebih jauh memperkenalkan kepemimpinan tingkat lima. Dimana pemimpin yang paling rendah adalah kepemimpinan yang hanya bisa memerintah karena memiliki jabatan. Ketika jabatan hilang maka pengaruhnya juga hilang. Kepemimpinan tingkat dua adalah Interaksi. Mampu menjalin hubungan interaksi dengan orang lain. Kepemimpinan tingkat tiga adalah pencapaian produksi. Kepemimpinan tingkat empat adalah melatih bawahan (develop) anak buah. Kepemimpinan tingkat lima adalah melahirkan pemimpin.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki trust. Bila seorang pemimpin memiliki trust yang baik itu artinya dia mampu menangani permasalahan dengan cepat dan menghemat cost. Namun sebaliknya bila seorang pemimpin tidak memiliki trust di mata anak buahnya itu artinya pekerjaan bisa menjadi lambat dan cost juga meningkat. Trust bagi seorang pemimpin sangat penting.

Pelatihan leadership for supervisor di PT Prima Jasa Tunas Mandiri sudah berlangsung sejak tahun 2013 lalu. Untuk bersaing di era samudra biru sat ini PT Prima jasa Tunas Mandiri tidak tinggal diam. Kompetensi karyawan adalah kebutuhan. Persaingan terus berlangsung, inovasi terus bermunculan. Kini perusahaan besar dunia rata rata hanya bertahan lima tahun sebagai leader setelah itu akan muncul pemain pemain baru. Untuk menghadapi tantangan yang makin kompleks tersebut, PT Prima Jasa Tunas Mandiri menggandeng provider pelatihan yakni P2SDM untuk membantu mengatasi tantangan tersebut. Khususnya di bidang Pengembangan soft skill.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: