Pelatihan LKS Bipartit PT Pepperl + Fuchs Bintan 2013

PT Pepperl + Fuchs Bintan melaksanakan pelatihan LKS Bipartit pada hari Kamis 7 November 2013. Bertempat di ruang training center PT Pepperl + Fuchs. Diikuti perwakilan manajemen dan pekerja. Sebanyak dua puluh dua orang mengikuti pelatihan ini. Berlangsung selama satu hari. Trainer adalah M. Rusli Kepala P2SDM Batam.
IMG_3145

IMG_3168

LKS Bipartit adalah forum komunikasi mengenai hal hal yang berkaitan dengan hubungan industrial di satu perusahaan yang anggotanya terdiri dari pengusaha dan serikat pekerja/serikat buruh yang sudah tercatat di instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan atau unsur pekerja/buruh.

Hubungan industrial adalah adalah hubungan antara semua pihak yang tersangkut atau berkepentingan atas proses produksi atau pelayanan jasa di suatu perusahaan. Pihak yang paling berkepentingan atas keberhasilan perusahaan dan berhubungan langsung sehari-hari adalah pengusaha atau manajemen dan pekerja.

Keberadaan LKS (Lembaga Kerjasama ) Bipartit di perusahaan sesungguhnya penting. UU Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 106 mengatakan Setiap perusahaan yang memperkerjakan 50 orang atau lebih wajib membentuk LKS Bipartit. Peraturan Menteri Per. 32/MEN/XII/2008 mengatur tata cara pembentukan dan susunan Keanggotaan LKS Bipartit.

Fungsi LKS Bipartit Sebagai forum komunikasi dan konsultasi antara pengusaha dengan wakil serikat pekerja/serikat buruh dan/atau pekerja/buruh dalam rangka pengembangan hubungan industri untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan, perkembangan perusahaan, termasuk kesejahtaraan pekerja/buruh.

Tugas LKS Bipartit. Melakukan pertemuan periodik dan / atau sewaktu waktu apabila diperlukan . Mengkomunikasikan kebijakan pengusaha dan aspirasi pekerja/buruh dalam rangka mencegah terjadinya permasalahan hubungan industrial di perusahaan. Menyampaiakan saran, pertimbangan dan pendapat kepada pengusaha, pekerja/buruh dan/atau serikat pekerja/serikat buruh dalam rangka penetapan dan pelaksanaan kebijakan perusahaan.

Keberadaan LKS Bipartit bagus untuk mencegah perselisihan hubungan industrial. Melalui pertemuan komunikasi wakil manajemen dan wakil pekerja secara teratur dapat mengantisipasi masalah hubungan industri di perusahaan. Semoga dengan keberadaan LKS Bipartit yang dijalankan dengan baik dapat menjadi sarana membangun hubungan industrial yang harmonis.

IMG_3188

1 Komentar (+add yours?)

  1. ungkap bahal siagian
    Apr 01, 2015 @ 06:18:49

    johannes hotlan siagian

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: