LKS Bipartit PT BIC

Pelatihan Lembaga Kerjasama Bipartit yang disingkat LKS Bipartit untuk pengurus LKS Bipartit PT Batamindo Investment Cakrawala berlangsung selama dua hari pada tanggal 23 dan 24 Mei 2013. Fasilitator adalah Kepala P2SDM M. Rusli. Hari pertama materi difokuskan pada prinsip dasar dan aspek Legal mengenai LKS Bipartit. Perbedaan LKS Bipartit dengan Perundingan Bipartit. Menjelang sore hari diteruskan dengan Fungsi LKS Bipartit, Tugas LKS Bipartit, Proses Pembentukan, Keanggotaan dan Tata Kerja LKS Bipartit.

Pada hari pertama peserta terlibat aktif dalam melaksanakan rangkaian game, simulasi, diskusi kelompok dan Presentasi. Peserta diminta untuk melakukan simulasi antisipasi penanganan permasalahan hubungan industrial yang ditemukan di lingkungan kerja mereka. Perselisihan hubungan industrial terdiri atas perselsihan kepentingan, hak, perselisihan antar serikat pekerja dalam suatu perusahaan dan perselisihan hubungan industrial. Simulasi antisipasi permasalahan hubungan industrial berlangsung menarik. Antusias peserta mengikuti pelatihan ini cukup tinggi.

Pada hari kedua. Materi adalah pendalaman Fungsi Komunikasi. Komunikasi massa seperti pengenalan pers, mengenal dan membuat berita, mengenal artikel adalah materi yang tak dilewatkan begitu saja oleh peserta. Pada sesi pengenalan bentuk berita , peserta sibuk menganalisa sebuah berita. Fungsi komunikasi terdiri atas fungsi informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial. Peserta berlatih membuat atau menyampaikan sebuah saran, pendapat dan rekomendasi yang didasari dengan data. Peserta dilatih untuk meyakinkan pekerja dan manajemen dengan cara yang santun.

Pelatihan LKS (Lembaga Kerja Sama ) Bipartit yang berlangsung selama dua hari dianggap bermanfaat bagi peserta. Umumnya di awal pelatihan, peserta tidak memamahi secara mendasar pemahaman LKS Bipartit. Umumnya peserta menganggap LKS Bipartit adalah sarana untuk menuntut. Setelah mengetahui secara mendalam pengertian LKS Bipartit dan mampu membedakan dengan Perundingan bipart, peserta menjadi yakin dengan tugas yang akan dikerjakan di LKS Bipartit.

Pelatihan LKS Bipartit untuk pengurus LKS Bipartit PT BIC, diikuti sejumlah peserta. Berasal dari UMT, EMT, Finance, Admin, HR, BIP Clinic. Ada lima belas peserta yang terlibat dalam pelatihan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: