PELATIHAN LKS BIPARTIT PT EPCOS

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan, ide, gagasan (informasi) dari Komunikator kepada komunikan agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada
umumnya komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa non verbal berupa gerak-gerik badan, tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.

KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN

Perusahaan merupakan unit usaha yang mempunyai salah satu tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu kerja sama (sinergi) dan komunikasi yang efektif antara pihak manajemen dan karyawan. Dua elemen yaitu karyawan dan manajemen merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan.

Karyawan merupakan tulang punggung perusahaan yang akan melakukan berbagai kegiatan dalam menjalankan perusahaan tersebut. Kegiatan tersebut diantaranya adalah kegiatan produksi. Sedangkan manajemen merupakan sekumpulan orang yang melakukan kegiatan planning, organizing, leading dan controlling. Manajemen mempunyai tanggung jawab tertinggi atas berbagai pengambilan keputusan yang berkaitan dengan bidang yang dibawahi.

Hubungan yang baik antara karyawan dan manajemen pun juga menghasilkan banyak manfaat. Ide-ide baru dari karyawan mengenai solusi dari masalah yang terjadi di perusahaan akan mudah terselesaikan. Produktivitas pun juga meningkat karena karyawan dengan suka rela memberikan tenaga dan pikiran pada perusahaan.

KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PERUSAHAAN

Apa yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif? Komunikasi yang efektif adalah sebuah proses dimana seseorang mengirim atau menerima pesan dengan mengetahui benar apa arti maksud pesan itu. Komunikasi yang terjadi dalam perusahaan terjadi atas dua macam arah yaitu vertikal dan horizontal. Komunikasi horizontal (mendatar) adalah komunikasi yang terjadi antar karyawan setingkat..

Komunikasi vertikal dari atas ke bawah, dimana atasan selalu memerintah bawahannya untuk melakukan pekerjaan. Di dalam perusahaan peranan komunikasi itu sangat penting sekali, karena jika komunikasi tidak berjalan dengan baik , dapat mengakibatkan konflik atau perselisihan hubungan indutrial. Sebaliknya, jika komunikasi dua arah antara pihak manajement dengan karyawan itu dapat berjalan dengan baik, dapat mengurangi terjadinya konflik.

Dengan adanya Peraturan Menteri Nomor 32 tahun 2008 yang mengatur menganai LKS Bipartit, Perusahaan diberi pedoman bagaimana membangun hubungan komunikasi antara Perwakilan Pekerja, Perwakilan Manajemen dan Berwakilan Buruh .

PT Epcos sebuah perusahaan yang beralamat di Kawasan Industri Panbill mengadakan pelatihan LKS Bipartit pada tanggal 22 Maret 2013. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 20 orang dari unsur Manajemen dan unsur Pekerja.

Materi yang dibawakan terdiri atas pengertian LKS Bipartit, Dasar Hukum LKS Bipartit, Tugas LKS Bipartit, Fungsi LKS Bpartit, Pembentukan Pengurus. Pada hari kedua peserta mendapatkan tambahan materi mengenai Jurnalistik. Materi ini sebagai pengembangan dari Fungsi LKS Bipartit yang menekankan aspek pada Fungsi Komunikasi. Fasilitator pelatihan adalah M. Rusli dari P2SDM Batam.

Usai pelatihan LKS Bipartit, pada hari kedua dilakukan pengukuhan LKS Bipartit untuk pengurus LKS Bipartit periode 2013 – 2015. Pengukuhan ini diiikuti unsur pimpinan dari PT Epcos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: