Pelatihan LKS Bipartit PT CCI Bintan

Sebagai sebuah perusahaan yang peduli pada keharmonisan hubungan antara Manajemen dengan Pekerja PT CCI Bintan melaksanakan pelatihan LKS Bipartit bagi pengurus LKS Bipartit PT CCI yang terdiri dari wakil manajemen dan wakil pekerja. Pelatihan ini diikuti sebanyak 27 Peserta. Berlangsung pada tanggal 20 Maret 2013.

Diakui bahwa sejauh ini masih jamak ditemukan pemahaman pekerja terhadap LKS Bipartit yang keliru. Pemahaman yang keliru tersebut membuat pekerja enggan untuk duduk sebagai pengurus LKS Bipartit. Pemahaman pekerja yang terbatas terhadap LKS Bipartit dapat dilihat dari adanya kerancuan tugas dan fungsi LKS Bipartit dengan Perundingan Bipartit.

Dari sisi regulasi LKS Bipartit dan Perundingan Bipartit sesungguhnya berbeda. LKS Bipartit berdasarkan pada Peraturan Menteri Nomor 32 tahun 2008 sedangkan Perundingan Bipartit berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 31 tahun 2008.

Beranjak dari cara pandang lama ketika tidak ada penegasan yang membedakan antara LKS Bipartit dan Perundingan Bipartit, anggapan pekerja terhadap LKS Bipartit adalah sebagai wadah menyelesaikan segala masalah di perusahaan (termasuk masalah di bidang hubungan industrial). Ketika masalah yang dibawa dari aspirasi pekerja gagal dipecahkan
Pengurus LKS Bipartit dianggap memihak ke manajemen. Lalau pengurus LKS Bipartit menjadi tidak berdaya.

Begitu juga sebaliknya. Manajemen ketika itu enggan menjalankan LKS Bipartit karena menganggap LKS Bipartit adalah kendaraan pekerja untuk menuntut.

Kondisi masa lalau tersebut lalau tertanam kuat dalam pikiran pekerja dan manajemen sehingga timbullah konflik saat didirikannya LKS Bipartit.

Berdasarkan regulasi Peraturan Menteri nomor 32 tahun 2008 dan Peraturan Menteri nomor 31 Tahun 2008 jelas ada perbedaan, dimana LKS Bipartit bertugas untuk menjegah terjadinya masalah sedangkan Perundingan Bipartit justru menitikberatkan pada penyelesaian masalah hubungan industrial.

Pelatihan LKS Bipartit di PT CCI berjalan lancar. Fasilitator pelatihan membawakan materi dengan konsep eduatainment. Fasilitator pelatihan adalah Kepala Training Senter P2SDM Batam, M. Rusli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: