LEADERSHIP FOR SUPERVISORY SKILL TRAINING PT PPB BINTAN

Para Supervisor adalah Manajer Pertama atau Junior Manajer. Supervisor memiliki banyak peran dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Keberhasilan perusahaan meraih kinerja terbaiknya ditentukan oleh faktor pemimpinnya, Diantaranya adalah oleh para supervisor. Supervisor memiliki tanggungjawab dan tugas . Mereka bisa juga disebut sebagai Super Person.

Tanggungjawab sebagai supervisor harus super melakoni tugas tugasnya. Banyak tokoh yang beranjak dari bawah lalu naik menduduki posisi sebagai supervisor dan akhirnya merangkak naik hingga posisi CEO. Sebagai seorang Supervisor, bila dilihat dari struktur organisasi secara umum, jenjang hirarki Supervisor berada di bawah Manajer Madya dan di atas karyawan pelaksana.

Seorang Supervisor adalah orangyang berhubungan langsung dengan Manajer. Kadang mempunyai tugas yang tidak kalah berat di banding Manajer Madya. Namun ada juga Supervisor yang tidak memiliki bawahan. Seorang Supervisor mengetahui betul seluk beluk pekerjaan sesuai jadwal. Supervisor memahami dinamika di lapangan. Karena itu seorang Supervisor paling tidak menangani dua hal langsung. Pertama adalah menangani tugas tugas dari Manajernya dan mengelola anak buahnya supaya tetap dalam kondisi prima dan anak buah bekerja dalam kerjasama tim yang kompak. Supervisor bertugas laksana Jembatan.

Peran Supervisor adalah sebagai Pemimpin dan Manajer, barisan terdepan dari Manajemen yang berhadapan langsung dengan pelaksana. Supervisor dalam proses Manajemen akan melaksanakan semua sistem manajerial seperti manajer yang berada di level atasnya. Menjaga citra diri dan perusahaan. Mewakili nama perusahaan dalam berbagai interaksi sosial dan bisnis.

Seorang Supervisor memiliki peran signifikan. Seorang supervisor perlu memiliki keterampilan supaya cakap dan prima saat bekerja dan berhubungan dengan konstituennya. Ada tiga keterampilan yang harus dimiliki oleh Supervisor. Yakni Keterampilan Teknis, Keterampilan Konseptual dan Keterampilan Hubungan Manusia.

Tugas seorang Supervisor ada tiga yakni Mengelola Diri Sendiri, Mengelola Pekerjaan dan Mengelola Anak Buah. Mengelola diri sendiri terdiri atas Disiplin, Bertanggungjawab, Jujur, Mengelola Waktu, Belajar. Mengelola pekerjaan terdiri atas Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan , Evaluasi dan Pemecahan Masalah.

Mengelola anak buah terdiri atas Komunikasi, Sasaran, Tujuan, Visi, Kerja Sama Tim, Motivasi, Couching, Conseling, Delegasi.

Demi melahirkan supervisor yang efektif. PT Pertama Precision Bintan melaksanakan pelatihan Leadership for Supervisor Skill selama dua hari. Trainer berasal dari P2SDM Batam. Pelatihan berlangsung Pada tanggal 9 dan 16 Maret 2013. Diikuti 28 peserta. Trainer terdiri atas M. Rusli, Riko Jaya Saputra dan Adi Neka.

Pada hari pertama , materi terdiri atas Memimpin Diri Sendiri, Teori Kepemimpinan, Kompetensi Kepemempinan, Keterampilan Kepemimpinan, Pengaruh dan Kekuasaan, Kepemimpinan Sitruasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: