Pelatihan Leadership PT Dynacast

PT Dynacast sebuah perusahaan asing yang berada di Kawasan Industri Batamindo pada hari Sabtu 15 Desember 2012 lalu menggelar pelatihan kepemimpinan untuk level supervisor. Diikuti 28 peserta. Tim trainer berasal dari Trainer P2SDM dan Konsultan PT Tunaskarya Indoswasta adalah M. Rusli yang juga Kepala Divisi P2SDM. Pelatihan ini berlangsung sehari di ruang training PT Dynacast. Ruang training ini baru dioperasikan. Ruang training yang baru membuat peserta tampak bersemangat mengikuti sesi pelatihan dari awal hingga akhir.

Fasilitator M. Rusli mengutamakan kasus kepemimpinan yang dekat dengan kehidupan sehari hari para peserta. Adanya kedekatan (proximity) ini membuat minat peserta untuk menyelami materi ini antusias. Materi yang dibawakan adalah Kepemimpinan diri sendiri, Kompetensi seorang pemimpin, Keterampilan seorang pemimpin, Pengaruh dan Kekuasaan, Tipe Pemimpin, Gaya Kepemimpinan dan Kepemimpinan Situasional.

Meski umumnya peserta pelatihan sudah menjalankan tugas sehari hari sebagai supervisor dan leader bukan berarti soft skill tentang kepemimpinan berjalan lancar. Kepemimpinan dalam berbagai literatur umumnya menerangkan tentang seni mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan. Seni meyakinkan orang lain untuk mencapai tujuan. Ada hal menarik yang kadang tidak diperhatikan oleh seorang leader atau supervisor dalam mempengaruhi atau meyakinkan orang lain. Yaitu trust. Banyak yang mengaku pemimpin namun kenyataan dilapangan sang pemimpin dipatuhi bukan karena kejujuran, integritas tapi karena ketakutan. Kini, pemimpin yang memiliki integritas, kejujuran, rendah hati adalah asset perusahaan.

Contoh yang paling mudah dilihat adalah kepemimpinan Jokowi. Sebagai seorang Kepala Daerah dan akhirnya terpilih sebagai Gubernur DKI salah satu keunggulan yang dimiliki oleh jokowi adalah trust. Karena orang trust padanya, Jokowi tak perlu berkampanye dengan biaya marketing yang mahal. Trust yang dimiliki oleh Jokowi sudah mengandung unsur marketing yang luar biasa. Karena trust, muncullah testimoni oleh orang orang dekat yang kenal pada Jokowi. Jokowi dipercaya untuk memimpin DKI karena Trust. Pemimpin yang memeiliki trust akan memperoleh pengaruh dan kekuasaan.

Materi pelatihan yang dibawakan selama pelatihan berlangsung tidak membosankan peserta, karena fasilitator memakai pendekatan edutainment. Peserta sejak awal hingga akhir terlibat dalam aneka game, simulai, diskusi kelompok, presentasi dan diskusi film.

Peserta mengakui bahwa pelatihan kepemimpinan adalah materi yang penting. Supervisor atau Leader bertanggungjawab terhadap motivasi, spiritterhadap anak buahnya dalam mencapai sebuah objective. Bertanggungjawab terhadap hubungan ke atas dan juga ke bawah. Seorang yang berada di Middle Management menjadi perantara antara atasan dan bawahan. Karena itu seorang pemimpin berupaya membangun semangat bawahan atau pengikutnya (inspiring followers) untuk commited dalam menciptakan visi bersama dan tujuan bersama untuk organisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: