Team Building PT BIC

Menutup akhir tahun 2012, HRD PT BIC mengadakan pelatihan Team Building. Acara bertema Keharmonisasian antara EG dan IQ digelar di Tanjung Pinggir Sekupang. 59 peserta mengikuti acara ini penuh semangat. Berasal dari berbagai Departemen. Diantaranya berasal dari bagian HRD, Security, Fire Safety, GMO, Marketing, Finance, Power House, Estate, Utility.

_DSC1330

_DSC1390

_DSC1485

Team building ini digelar dua hari, Sabtu dan Minggu 22 -23 Desember 2012. Sambutan pembukaan oleh Desti dari bagian HRD . Desti mengatakan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti program Team Building dengan serius.
DSC_4293

Usai acara pembukaan diteruskan dengan pembentukan Tim. Ada empat tim. Terdiri atas Tim Kuning, Biru, Hijau dan Ungu. Ada delapan Fasilitator pendamping. Fasilitator pelatihan berasal dari P2SDM Batam. Terdiri atas M. Rusli, Riko Jaya Saputra, Walid Jumlad, Aan Pandelan, Aji, Yoga, Dudi, Isa.

DSC_0022

DSC_0003

DSC_0019

Hari pertama peserta mengikuti tiga sesi game. Yaitu Game tentang Komunikasi, Game Kerja Sama Tim dan Game kreativitas. Game Komunikasi terdiri atas Blind Race, Star Puzzle, Penyiar dan Pesan Berantai. Sesi Kerja Sama Tim terdiri atas Time Bomb, Ice Land Crossing dan Membalik Karpet. Sesi Kreativitas terdiri atas Puzzle, melepas Ikatan tangan dan enam belas titik. Kesepuluh game yang diberikan melibatkan pendekatan Audio, Visual dan Kinestesik. Peserta dibimbing untuk mengetahui penyebab kegagalan dan belajar dari kegagalan tersebut.

Pada malam hari. Pukul 20.00 Peserta berkumpul di lapangan utama. Peserta mengisi form Advertisy Qoutient . Tepat pukul 23.00 materi Motivasi dalam bentuk ceramah dibawakan oleh Senior Manager HRD PT BIC Endra Alamsyah. Judul yang dibawakan oleh Endra Alamsyah adalah Motivasi Meraih Sukses Sejati. Endra membawakan materi motivasi selama dua jam. Peserta terlihat menikmati materi yang dibawakan oleh Endra.

Usai acara motivasi, peserta disuguhkan hidangan BBQ sate ayam dan Jagung bakar. Acara ini sekaligus mengakhiri rangkaian acara hari pertama. Peserta yang sudah kelelahan lalu beranjak ke tenda masing masing. Meluruskan badan, bersitrhat sambil mengumpulkan energi. Kondisi alam Tanjung pinggir sangat tenang di malam hari. Cahaya lampu penerangan dari kota Singapura sangat indah, pun lampu lampu penerang dari puluhan kapal laut yang lalu lalang yang membelah laut antara Batam dan Singapura menambah keindahan malam hari. Angin yang bertiup cukup kencang, ribuan bintang di langit semakin membuat susana malam makin menarik.

Hari kedua. 23 Desember 2012, Sholat subuh berjamah berlangsung hidmat pada pukul 05.00. Pukul 06.00 Seluruh peserta kembali ke lapangan utama. Dipandu oleh Walid Jumlad, peserta mengikuti sesi sanam pagi. Badan kembali terasa hangat. Keringat mulai bercucuran. Usai sarapan pagi, energi peserta team building mulai terkumpul.

Hari kedua game yang diberikan oleh fasilitator adalah tentang Leadership. Berupa One Vision dan Spider web. Pada sesi Spider Web, energi peserta kembali terkuras karena berkali kali mengalami kegagalan mencapai target yang diberikan fasilitator. Salah satu tim harus melakukan usaha yang ke sembilan setelah delapan kali melewati kegagalan. Seperti kelompok Kuning yang dipimpin oleh Wempy, kelompok Kuning tidak mengenal menyerah terus berupaya mengatasi tantangan di sesi spider web. Yel yel terus diteriakkan untuk menambah motivasi.

Pukul 10.00 adalah sesi Merangkai Rakit. Keempat tim yang telah dibekali perlengkapan yang terdiri atas enam drum plastik, tali, pipa paralon, dayung dan pelampung, masing masing tim merangkai alat tersebut menjadi sebuah rakit yang kokoh namun ringan.

Rakit yang sudah siap lalu digotong bersama sama sambil meneriakkan yel yel, menuju sebuah Dam yang memiliki kedalaman enam meter. Jarak tempuh dari pembuatan Rakit ke lokasi Dam sejauh tiga ratus meter. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Begitu semangatnya, tim yang menggotong rakit sambil berlari menuju dam.

Di pimpin Aji, keempat Rakit yang telah tiba di lokasi Dam masing masing diisi enam orang. Peserta lalu diwajibkan mengelilingi Dam dengan rakit. Setiap Tim dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok mendapat dua kali kesempatan mengelilingi Dam. Fasilitator yang bertindak sebagai pengaman berada di tengah denga perahu karet. Anggota tim yang berada di pinggir Dam berteriak meneriakkan yel yel semangat kepada anggota Timnya masing masing. Rakit race berlangsung meriah.

Setelah mengelilingi Dam, tim kembali ke lapangan utama. Peserta diwajibkan melapas ikatan rakit dan perlengkapan rakit dengan rapi. Tim terbaik dan tercepat menyelesaikan tugas adalah Tim Hijau.

Pukul 13.00. Sebelum acara berakhir. Diumumkan peserta terbaik dari masing masing kelompok. Mereka adalah Wemphy (tim Kuning), Firman (Tim Hijau), Musarmi (Tim Biru) , Ramadhani (Tim Ungu). Peserta dan Tim terbaik mendapat bingkisan dari fasilitator. (MR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: