Pelatihan Jurnalisitk PT Nissin Kogyo

PT Nissin Kogyo Batam sukses mengadakan pelatihan mengenai LKS Bipartit pada tanggal 2 Juni 2012. Setelah itu lalu diteruskan pelatihan jurnalisitk yang diadakan pada tanggal 28 Juni 2012. Bertempat di ruang training PT Nissin Kogyo. Bila materi LKS Bipartit banyak menyinggung keterampilan berkomunikasi secara lisan maka Pelatihan jurnalisitk menekankan keterampilan menyampaikan informasi secara tertulis. Jurnalitik atau media massa mempunyai peranan untuk menyampaikan informasi, sarana edukasi dan hiburan dan sebagai sarana kontrol sosial.

Pimpinan PT Nissin Kogyo mengharapkan agar kegiatan karyawan dapat didokumentasikan dan disebarkan ke seluruh pekerja. Salah satu sarana untuk mewujudkan permintaan tersebut adalah majalah perusahaan. Berdasarkan permintaan tersebut, bagian HRD PT Nissin Kogyo menyelenggarakan pelatihan jurnalitik sehari. Pelatihan diikuti oleh perwakilan pekerja yang akan bertugas mengelola majalah perusahaan.

Tampil sebagai pembicara adalah M. Rusli yang juga Penulis tetap di Tabloid Etos. Materi yang diberikan oleh Rusli ada dua yakni Teknik menulis berita dan Menulis artikel. Peserta pelatihan lebih banyak mempraktekkan cara membuat berita. Setelah turun ke lapangan untuk melakukan observasi dan wawancara dengan nara sumber, peserta menuangkan ke kertas kerja menjadi sebuah berita. Usai menulis berita beberapa perwakilan diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya yang sekaligus dilakukan klinik berita. Sesi penulisan berita memakan waktu lebih lama di banding praktek menulis artikel.

Kemampuan menulis berita dan artikel bagi peserta sangat penting. Beberapa peserta yang sebelumnya sudah mengikuti pelatihan LKS Bipartit merasa makin lengkap keterampilannya dalam hal berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi lisan dapat, kemampuan komunikasi tertulis juga diperoleh.

Rusli mengatakan kepada peserta pelatihan bahwa keterampilan menulis selain dapat digunakan untuk tugas sebagai pengurus LKS Bipartit dengan menghidupkan majalah perusahaan, peserta juga diminta untuk terus berlatih hingga mahir. Memiliki kemampuan menulis bisa digunakan sebagai mata pencaharian dengan menjadi sebagai penulis buku.

Pelatihan jurnalistik berlangsung tujuh jam. Dimulai pda pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 17.00. Sukses buat peserta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: