Team Building BRI Jogyakarta di Boro Kalibawang

Setelah lama bergelut dengan kegiatan team building di Batam, P2SDM PT Tunaskarya Indoswata mengembangkan wilayah lokasi pelatihan di Pulau Jawa. Pada bulan July 14 -15 July 2012 P2SDM PT Tunaskarya Indoswasta bersama PT SDM Jogyakarta bahu membahu menangani pengembangan karyawan. Tim Fasilitator dari P2SDM memberikan pelatihan di ruang terbuka (outbound) terhadap karyawan BRI dan CV KHS.

Tanggal 14 July 2012 Sabtu P2SDM memberikan kegiatan outbound untuk BRI Jogyakarta. Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 18.00. Lokasi outbound bertempat di Boro Kalibawang Kabupaten Kulonprogo Jogyakarta. Nama lokasi kegiatan outbound adalah Dolan Desa. Berada di kaki bukit pengunungan Menoreh. Di tengah areal persawahan yang berudara sejuk.

Dolan Deso adalah sebuah arena bermain , tempat pelatihan. Dolan Deso Boro adalah adalah sarana sinergi antara LSM, Aparat Desa dan Warga Boro. Sinergi dalam pemberdayaan masyarakat. Salah satu pelayanan Dolan Deso adalah penyediaan sarana outbound bagi perusahaan, sekolah dan organisasi sosial.

Usai pembukaan berupa sambutan dan pembacaan doa, Peserta outbound mengikuti rangkaian pelatihan. Materinya adalah Team Building, Kreatifitas, Komunikasi, Berpikir Kreatif. Pelatihan di luar ruang dengan pendekatan bermain menjadi kegiatan yang seru karena peserta mengerahkan konsentrasi, fisik, strategi yang dilaksanakan bermain sambil belajar.

Pendekatan belajar yang selama ini dilakukan di dalam ruangan (in house training) sudah sering di lakukan. Kegiatan in house bahkan dianggap kegiatan membosankan bagi sebagaian orang. Beberapa peserta pelatihan membutuhkan pendekatan belajar di luar ruangan. Kegiatan belajar di alam terbuka menjadi alternatif. Peserta pelatihan alam terbuka dapat menjadikan kegiatan ini menjadi kegiatan yang tidak hanya bagus dari sisi edukasi tapi juga bisa meningkatkan interaksi sosial antara sesama karyawan. Vicky peserta dari bagian FLA BRI Jogyakarta mengatakan bahwa pelatihan team building yang dilakukan di alam terbuka sangat menarik. Sayang dilewatkan.

Team trainer yang dikoordinir oleh Kepala Devisi P2SDM Batam M. Rusli mengatakan bahwa materi yang dibawakan memaksimumkan pendekatan kinestesik, audio dan visual. Penekanan terbanyak melalui Kinestesik dimana peserta diarahkan untuk menemukan sendiri jawaban, makna pelatihan. Team trainer di sesi akhir memberikan penakanan pada aspek teori.

Kegiatan outbound sambil belajar memiliki objektif yang hampir sama dengan kegiatan in house training. Meski di lakukan di luar ruangan kegiatna ini tetap memiliki rujukan silabus sesuai kebutuhan lapangan.

Team trainer yang turun pada kegiatan ini terdiri atas M. Rusli, Walid, Aan Pandelan dan Alfa.

Peserta mengakui bahwa kegiatan ini bermanfaat , dapat menambah wawasan baru. Peserta merasa bahwa belajar di luar ruangan justru lebih rileks, lebih santai. Sukses buat BRI Jogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: