Pelatihan Leadership For Supervisor Skill PT Sanmina

Selama dua hari Selasa dan Rabu, 24 hingga 25 April 2012, sebanyak 30 Supervisor PT Sanmina Batam mengikuti pelatihan kepemimpinan, motivasi, delegasi, conseling dan couching. Bertempat di ruang training PT Sanmina Batam.

Hari pertama materi dibawakan oleh Kadiv P2SDM PT Tunaskarya Indoswsta Batam M. Rusli. Temanya adalah Kepemimpinan Internal, Pengertian Kepemimpinan, Keterampilan Yang Dimiliki Pemimpin, Kompetensi Pemimpin, Tipe Pemimpin, hingga Kepemimpian Situasional. Materi yang dibawakan pada hari pertama berbentuk ceramah, diskusi, game, simulai, presentasi kelompok.

Minat peserta mengikuti pelatihan sangat positif. Sejak awal hingga akhir penyampaian materi kepemimpinan peserta tetap bersemangat. Khusus pada sesi tanya jawab dan presentasi materi diskusi kelompok, peserta pelatihan aktif bertanya.

Pada hari kedua ada empat sesi yang dibawakan yakni motivasi dibawakan oleh Kadiv IR /CDD PT Tunaskarya Indoswasta Endra Alamsyah, diteruskan materi konseling dan couching yang dibawakan oleh Riko Jayasaputra , S.Psi, M.Psi, Psikolog yang juga Kadep HRD PT Tunaskarya Indoswasta. Materi terakhir di penghujung pelatihan adalah Delegasi. Pada sesi ini Alfa konsultan IR di PT Tunaskarya Indoswasta sebagai fasilitator.

Pada hari kedua pelatihan, peserta juga aktif mengikuti simulai. Khususnya pada materi konseling dan couching. Riko Jayasaputra mengajak peserta untuk melakukan simulai konseling, sehingga peserta merasakan manfaat bila diberi pelayanan konseling yang efektif.

Minat peserta terhadap materi konseling dan couching cukup tinggi. Demikian juga halnya saat materi delegasi. Pekerkjaan yang menumpuk dapat menimbulkan tekanan atau stres terhadap supervisor. Untuk mengatasi hal ini Alfa sebagai fasilitator mengajak peserta pelatihan untuk dapat membedakan mana pekerjaan yang harus didelegasikan dan mana pekerjaan yang tidak perlu didelegasikan.

Kegiatan pelatihan untuk materi Leadership For Supervisor Skill adalah salah satu kegiatan pelatihan yang diberikan di PT Sanmina terhadap karyawan demi meningkatkan kompetensi. Untuk kegiatan yang sejenis, Manajuemen PT Sanmina akan berencana melakukan pelatihan hingga tiga batch. Peserta berasal dari Supervisor dan leader level.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: