5S Awareness Sebagai Dasar Penyempurnaan

Jepang adalah negara yang maju di bidang quality. Tidak diragukan lagi bila Jepang telah menjadi rujukan negara lai dalam mengembangkan perusahaan yang ramping (lean). Jepang terkenal sebagai negara yang suka belajar. Jepang dapat mengembangan sistem solusi yang efektif digunakan di perusahaan Jepang. Diantaranya adalah Quality Control Circle, Just in Time, 5S, Lean Manufacturing, Visual Control, Lean Six Sigma.

Kegiatan 5S adalah kegiatan sederhana namun memiliki dampak yang sangat efektif dalam melakukan penghematan.

Pada tanggal 26 hingga 28 April 2012, Leader dan Supervisor PT Dynacast mengikuti pelatihan 5S Awareness. Bertempat di kantor P2SDM Taman Niaga. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang. Terdiri atas karyuawan PT Dynacast dan PT Tunaskarya Indoswasta. Fasilitator adalah M. Rusli yang juga Kepala Divisi P2SDM.

Pelatihan berlangsung dari pukul 09.00 dan berakhir hingga pukul 17.00. Selama satu hari peserta megikuti sesi pelatihan dengan fun dan serius. Penekanan materi ada pada kesadaran atau pentingnya merubah mind set. 5S yang terdiri atas seiri, seison, seiso, seiketsu, shitsuke. 5R adalah tool yang sangat vital bagi perusahaan untuk melakukan penghematan waktu, tenaga, biaya. Dan juga berfungsi sebagai sarana untuk keselamatan kerja yang pada akhirnya penting untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Materi yang dibawakan tidak hanya bentuk ceramah dan diskusi, peserta juga melakukan simulai seiri, seiso dan seiton.

5S selama ini sudah sering didengar. Namun membuadayakan dan kehidupan sehari hari adalah lebih penting. Karena itu kegiatan 5S biasanya merupakan satu kesatuan dari sistem diantaranya pentingnya komite 5S, sistem penilaian 5S, hingga penghargaan 5S buat karyawan. Sukses buat PT Dynacast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: