Commitment Building Program PLN Part I

PT PLN Batam pada tanggal 17 , 18 , 19 Februari 2012 lalu berhasil mengadakan Commitment Building Program. Bertindak sebagai Trainer adalah Tim Konsultan PT Tunaskarya Indoswasta. Berlangsung di pantai Khasanah Melayu Barelang.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 120 peserta mukai dari level GM hingga Operator, termasuk karyawan dari bagian Outsourching.

Hari pertama Jumat 17 Februari 2012. Pukul 16.00 acara dibuka oleh Direktur HRD PT PLN Batam Sumarsono. Usai sambutan diteruskan Pembentukan tim. Dipandu oleh M.Rusli. Tim dibagi menjadi enam bagian. Setiap Tim ditangani satu trainer dan co trainer. Evaluator ada tiga orang yang semuanya memiliki back ground ilmu psikologi.

Pembentukan tim berlangsung selama satu jam. Masing masing peserta diberi tugas untuk mencari identitas diri mereka pada sepotong kaerta berwarna yang disebar di area pantai Khasanh Melayu oleh fasilitator.

Malam pertama usai istrahat, sholat dan makan malam Direktur Teknik Pak Tagor membawakan materi motivasi. Sesi ini berlangsung dari pukul 20.00 hingga 22.00 . Dengan menggunakan power point yang menarik, Pak Tagor membawakan materi penuh semangat, energik. Peserta fokus pada materi yang disampaikan oleh pak Tagor. Materi pak Tagor tentang pelayanan. Fokus pada kepuasan terhadap pelanggan. Ia menekanakan pentingnya kualitas. Ia menekankan slogan Zero Black Out, Zero Accident, Zero Complaint dan Zero Interuption. Materi Pak Tagor ditutup Game Who Am I. Peserta diajak untuk megenal salah seorang relawan yang didudukkan di depan panggung. Peserta diminta untuk menebak nama Mr X yang yang ditutup kain. Penebak yang sukses menebak dengan benar mendapat hadiah dari panitia.

Hari kedua usai senam pagi. Peserta yang telah dibagi menjadi enam tim mengikuti sesi Games Maze. Tujuan game ini adalah menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kreativitas, belajar tiada henti, trial and error serta pentingnya sebuah Standar Operational Procedure atau SOP sebagai pedoman dalam melaksanankan sebuah kegiatan.

Game kedua adalah Star Puzzle. Tujuan game ini untuk memberikan kesadaran pada peserta mengenai komunikasi effektif. Perbedaan Persepsi adalah masalah yang sering terjadi dalam sesbuah tim. Konflik horizontal dan vertikal adalah dampak yang muncul karena perbedaan mendasar. Disharmoni sesama pekerja adalah dampak yang timbul dari perbedaan persepsi. Melalaui Game Star Puzzle peserta diajak utuk menyadari dampak dari komunikasi satu arah, komunikasi dua arah.

Hari kedua Commitment Buiding Program sempat diwarnai hujan menjelang istrahat siang. Awan tebal menggunung di atas Pantai Khasanah Melayu. Pukul dua belas hingga pukul satu siang hujan turun dengan deras. Menjelang pukul setengah dua hujan mulai reda. Game ketiga diteruskan. Nama game adalah Trust Fall. Sasaran game ini adalah menyadarkan peserta manfaat kerja sama tim. Menggali dan menemukan sinergi.

Game keempat yang dilakukan pada sore hari adalah Puzzle . Peserta diminta untuk memecahkan sebuah teka teki berupa potongan plastik menjadi bentuk persegi panjang. Tantangan berikutnya setelah membentuk persegi panjang, peserta dibeti tantangan kedua yakni menyusun kembali potongan plastik tersrsebut menjadi persegi panjang namun salah satu potongan ditarik fasilitator dari area game. Pada sesi ini ketelitian, kesabaran serta kreativitas peserta diuji. Memakan waktu hanpir satu jam untuk menyelesaikan game ini. Dari enam kelompok hanya ada satu kelompok yang berhasil memecahkan game Puzzle ini. Saat sesi penjelasan peserta masih diminta untuk memecahkan teka teki berupa menarik enam garis lurus melewati enam belas titik tanpa mengangkat pena. Pada sesi ini juga peserta fokus pada materi dan menguras pikiran. Fasilitator akhirnya menjelaskan makna game. Pentingnya berikir out of box.

Malam kedua ada pemberian motivas oleh direktur HRD dan Direktur utama PT PLN utami. Lalu diteruskan materi motivasi oleh Motivator Nanang Qosim penulis buku OMA (One Minute Awaraness). Sesi motivasi berlangsung hingga pukul 23.00. Usai sesi ini diteruskan agenda ceramah agama. Ustaz dan Pendeta dihadirkan untuk sesi spiritual. Rangkaian ini berlangsung hingga pukul 24.00. Lalu ditutup acara BBQ.

Hari ketiga. Minggu 19 Februari 2012. Setelah olahraga pagi dan sarapan Peserta mengikuti sesi Egg Game. Peserta diminta untuk mentrasfer telur dari peserta satu ke peserta yang lain. Telur adalah simbol tanggungjawab. Karena itu telur yang ditrasfer tidak boleh pecah. Tujuan game ini untuk memberi kesadaran pentingnya menjaga amanah dan tanggungjawab.

Game terakhir adalah menara person. Masing masing tim membentuk menara. Dilakukan di pantai pada kedalaman air pantai satu meter. Usai sesi menara person, kegiatan Commitment Building Program ditutup dengan resmi oleh Direktur Perencanaan. Peserta diminta untuk mekmbuat komitment. Komitment mereka dituangkan secara tertulis pada kain putih sepanjang lima meter. Masing masing pimpinan mewakili staf membubuhkan tandatangan di atas kain. Bentuk komitment mereka adalah Zero black out, Zero Accident, Zero Complain, Zero Interuption. Di lapangan satu minggu setelah kegiatan ini berlangsung salah satu area kerja mengalami Black Out , sebagai bentuk komitment para pimpinan yang berada di area kerja tersebut langsung melakukan Push Up sebanyak 10 kali.

Bagi perusahaan yang ingin melakukan kegiatan Assesment dan Training untuk kegiatan Team Buiding atau Out Bound Program dapat melakukan kontak dengan M. Rusli di P2SDM PT Tunaskarya Indoswasta Batam di 08566637417.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: