PT SIIX Pemenang Green Award IQC Convention BIC 2011

Setelah berjuang di IQC Convention BIC 2011 tim Fortune dari PT SIIX akhirnya keluar sebagai juara kategori hijau (Green Award). Penulis menemui tim ini di sela sela pekerjaan di PT SIIX. Ada dua anggota tim yang menyediakan waktu untuk berbincang bincang dengan Etos mengenai keberhasilan mereka.

Meski baru bergabung dua tahun terakhir dalam convention , tepatnya sejak tahun 2010, PT Siix berhasil mendapatkan award kategori Green. Junaedi anggota tim Fortune mengatakan bahwa keikutsertaan mereka hingga mendapatkan pemenang kategori green adalah sangat suprise. Kami tidak menyangka akan mendapatkan hadiah karena keikutsertaan tim Fortune tidak disertai target tinggi.

Junaedi mengatakan bahwa dukungan Management sangat luar biasa terhadap tim QCC di PT SIIX. Support Mr. Tetsuo Nakai selaku Presiden Direktur sangat baiki. Beliau rajin memberi motivasi kepada anak anak. Saat latihan presentasi hingga lomba di Pacifik Palace Hotel beliau selalu hadir.

Tim Fortune PT SIIX berasal dari lintas departmen dan lintas jabatan. Anggota tim terdiri atas supervisor, leader hingga operator. Kami selalu menenakan kebersamaan saat pertemuan QCC berlangsung, tidak ada yang merasa atasan atau bahawan. Pertemuan QCC berlangsung penuh kekeluargaan. Itu mungkin salah satu rahasia kemenangan kami. Adanya keterbukaan dan persamaan membuat ide ide berjalan lancar, kata Junaedi.

Junaedi mengatakan bahwa PT SIIX selama ini sudah aktif dalam membudayakan prinsip Kaizen yang mirip dengan QCC. Karena itu tim Fortune tidak ada persiapan khusus seperti ikut pelatihan QCC. Apa yang ada dalam Kaizen dikembangkan sesuai dengan format laporan QCC yang dipersyaratkan oleh panitia pelaksana. Kesulitan kami ada saat menyesuaikan format laporan. Dalam kaizen kami terbiasa menjalanakan prinsip 5S, Sistem Saran dan Quality Circle.

Namun demikian Tim Fortune terus mendapat dukungan dari atasan. Belajar tiada henti menjadi modal kami. Di tempat kami, ada kebiasaan untuk melakukan presentasi sekali sebulan.

Yang menarik disampaikan oleh Junaedi dan Rudi anggota Tim Fortune saat memilih tema masalah seputar scrap material didasari atas tingginya scrap di PT Siix. Dari sanalah tim QCC melakukan brainstorming. Scrap kalau dibuang akan sia sia. Dari sana ada pemikiran untuk di daur ulang. Scrap lalu diolah lagi untuk keperluan mechanical part khususnya untuk bahan training untuk karyawan baru. Kalau memakai parth yang baru membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di samping itu scrap juga diolah menjadi jigg equipment. Selama ini jigg diperoleh dari suplier, padahal mengolah jigg simple. Rekan rekan memikirkan cara mengolah scrap menjadi jigg ternyata bisa.

Di PT Siix, pimpinan selalu menekankan pentingnya menjada prinsip Kaizen. Peduli pada lingkungan yang bersih. Saat ini kegiatan bersih bersih dalam konsep gotong royong malah dihidupkan. Pada saat acara gotong royong berlangsung tidak hanya sekadar membersihkan sampah namun juga sebagai sarana interaksi antara pekerja dengan atasan. Ternyata kegiatan ini dapat meningkatkan forum komunikasi atasan dan bawahan sekaligus menciptakan kebersamaan. Kegiatan membersihkan sampah tidak hanya dilakukan di dalam area pabrik. Pembersihan sampah juga dilakukan hingga di luar pabrik. Selamat.

2 Komentar (+add yours?)

  1. mira mirnawati
    Jul 10, 2012 @ 10:35:58

    saya mendukung sepenuhnya apa yg d kerjakan dan kesolidan d pt siix.karena hanya dengan hal tersebut akan terjadi kekompakan antara karyawan dan atasan.terima kasih

    Balas

  2. Yuliana Katrine
    Sep 18, 2012 @ 10:50:06

    Surprise deh…saya baru baca, kebetulan saya salah satu dr Team Fortune
    Solid…Kompak…..Asik……..adalah yang benar2 terjadi dilingkungan PT Siix

    Mantab
    Katrine Yuliana

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: