Satu Negara Satu Lambang Satu Gerakan Palang Merah Untuk Indonesia

PMI Cabang Batam merayakan ulang tahun PMI yang ke 66 di Hotel Melia Panorama pada hari Rabu 21 Septemebr 2011. Hadir Maaz Ismail dari Pemerintah Kota Batam, Manan Sasmita dari BP Kawasan Batam, Dr. Fahruddin Umar dari PMI Kepri, Sri Soedarsono Ketua PMI Cabang Batam, John Sulistiawan Wakil Ketua PMI Cabang Batam.

Acara ini diikuti ratusan peserta. Diawali tari persembahan, menyanyikan lagu mars PMI, sambutan pejabat dan panitia pelaksana dan ditutup acara pemberian penghargaan terhadap perusahaan yang telah terlibat kegiatan PMI di Batam.

Sri Soedarsono dalam sambutannya mengatakan bahwa PMI Cabang Batam telalah melakukan sejumlah aksi kemanusiaan, mendorong pemberdayaan masyarakat dalam koridor kenetralan. Sejak didirikan almarhum Soedarsono 21 tahun lalu, PMI Cabang Batam selalu siap jadi petugas sosial.

Sri Soedarsono mengatakan, saat ini ada 153 negara yang memakai lambang palang merah, 33 negara memakai lambang bulan sabit dan 1 negara memakai lambang kristal.

Lambang palang merah adalah netral. Palang merah dapat digunakan semua pihak mulai dari rumah sakit, militer, semua golongan tanpa mengenal suku, agama, rasa. Palang merah tidak boleh hanya diperuntukan hanya untuk golongan tertentu. Karena itu diharapkan kemurnian palang merah harus tetap dijaga. Tahun ini Palang Merah di Indonesia merayakan ulang tahunnya yang ke 66 dengan tema Satu Negara Satu Lambang Satu Gerakan Palang Merah Untuk Indonesia.

Juga disampaikan oleh Sri Soedarsono bahwa bank darah sebaiknya dimiliki oleh masing masing rumah sakit yang ada di Batam. Jadi pihak rumah sakit tidak seenaknya beli darah seperti membeli bakso. Diharapkan rumah sakit memiliki tempat penyimpanan darah (seperti lemari es). Hal yang tidak diinginkan adalah bila rumah sakit yang tidak memiliki bank darah saat membeli darah ditempat lain atau asing takut ada pihak yang tidak bertanggungjawab seperti memasukkan benda asing ke dalam kantong darah. Karena itu diharapkan pihak rumah sakit memiliki bank darah demi keamanan darah.

Sri Soedarsono juga mengatakan ucapan terim kasih pada Otorita Batam yang telah banyak membantu PMI Cabang Batam saat adanya bantuan asing untuk korban Tsunami Aceh beberapa tahun yang lalu. Saat itu Batam menjadi Disaster internasional sehingga penerbangan internasional yang mengirimkan bantuan melalui udara dapat melewati bandara Hang Nadim dengan lancar dan cepat.

Ketua BP Kawasan Batam Manan Sasmita dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka ulang tahun PMI yang ke 66 melihat adanya nilai nilai luhur warisan bangsa. PMI bangun dan berkembang sama usianya kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Usai sambutan ketua PMI Cabang Batam memberikan penghargaan kepada PT Tunaskarya Indoswasta sebagai perusahaan yang telah aktif memberikan pembinaan terhadap pekerja di Kawasan Industri Batamindo sehingga melahirkan pengurus KSR PMI yang berkualitas selama 18 tahun. Penghargaan juga diberikan kepada pengurus KSR PMI Batamindo sebagai KSR teraktif di Pulau Batam, pemberian penghargaan kepada puluhan perusahaan yang telah menyukseskan kegiatan donor darah. Dan yang terakhir adalah pengukuhan pengurus angkatan pertaama KSR PMI Universitas Riau Batam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: