Catatan Ramadhan di KIB 2011

Selama ramadhan berlangsung CDD PT Tunaskarya Indoswasta melakukan kegiatan buka puasa bersama Pengurus dan anggota Unit Kegiatan di Batamindo. Kegiatan buka bersama dilakukan di Dormitory Blok A5 sebanyak dua kali, di Hotel Asrama Haji Batam Senter satu kali. Buka Puasa bersama di Hotel Novotel sebanyak satu kali.

Acara buka puasa bersama juga rutin dilakukan di Masjid Nurul Islam dan Nurul Iman. Setiap hari tersedia tajil untuk buka bagi ummat islam yang memilih berbuka di sana. Kegiatan shalat taraweh pun berjalan normal pada kedua masjid tersebut.
Pada tanggal 10 Agustus 2011 CSR PT BIC bersama DSNI melakukan kegiatan pelatihan di Lima Kecamatan diberi nama Siap Mandiri. Kegiatan ditekankan pada pemberian materi pentingnya membangun Dream yang terukur, Kewirausahaan dan Tauhid. Diikuti kaum dhuafa di lima kecamatan di Batam. Pada tanggal ini juga dilakukan pelantikan Pengurus Badan Penglola Masjid Kawasan Industri Batamindo periode 2011 – 2014. Ketua umum terpilih adalah Andi Mapisangka dan Sekertaris adalah Baru Rohim.


Remaja masjid KIB juga melakukan persiapan menghadapi akhir ramadhan yakni Tablig Akbar dan Takbir Keliling serta Shalat Idul Fitri pada tanggal 1 syawal yang berdasarkan kalender jatuh Pada tanggal 29 Agustus 2011, namun terjadi perubahan. Rencana Tablig dan Takbiran keliling Kawasan Industri Batamindo ditunda.

Meski sudah melakukan persiapan, panitia pelaksana terpaksa menunda acara takbir keliling dan diganti dengan sholat Taraweh . Pengurus masjid menyesuaikan waktu untuk sholat idul fitri sesuai pengumuman pemerintah.
Pengumuman pemerintah mengenai 1 Syawal umumnya diterima pada menjelang pukul 21.00 pada tanggal 29 Agustus 2011. Meski ada yang merayakan 1 syawal jatuh pada hari Selasa 30 Agustus 2011, namun mayoritas pemeluk agama islam di Batam mengikuti pengumuman dari pemerintah yang menetapkan 1 syawal jatuh pada hari Rabu 31 Agustus 2011.

Implikasi yang timbul khususnya bagi dunia industri adalah muncul konflik seputar pengaturan waktu kerja. Ada yang telah menetapkan tanggal 30 sebagai libur perusahaan namun dicabut dan meminta pekerja masuk pabrik . Juga ada pimpinan perusahaan yang bingung apakah pada tanggal 1 September 2011 (2 syawal versi pemerintah) adalah sebagai hari libur dan diberi lembur, sementara di kalender nasional ditentukan libur hari raya Idul Fitri hanya pada tanggal 29 dan 30 Agustus 2011.

Perubahan jadwal libur bagi perusahaan swasta khususnya perusahaan yang bergerak di bidang manufacturing yang terbiasa menjalankan rencana yang disusun secara profesional menimbulkan keresahan. Perubahan rencana yang dilakukan secara mendadak berdampak pada kebingunan pimpinan perusahaan swasta menjalankan produksi. Bagaimana reaksi pada pekerja. Pekerja yang merasa berhak libur pada tanggal 30 Agustus 2011 namun diminta mendadak masuk pabrik untuk bekerja merasa tidak nyaman.
Pelaksanaan shalat ‘Idul Fitri 1 Syawal adalah kegiatan ritual keagamaan dalam syariat Islam yang waktunya tidak sembarang. Waktu pelaksanaan Idul Fitri harus pada tanggal 1 Syawal setelah pelaksanaan ibadah shaum Ramadhan. Shalat sunnat ‘Idul Fitri tidak syah dilaksanakan pada tanggal 28 Ramadhan ataupada tanggal 2 Syawal. Idul Fitri harus dilaksanakan pada pagi hari tanggal 1 Syawal.
Kenyataannya di Negara kita sering terjadi perbedaan penetapan tanggal 1 Syawal sehingga berimplikasi kepada perbedaan pelaksanaan shalat sunat ‘Idul Fitri.

Bahkan yang lebih sensitiv dan sakral adalah pelaksanaan shaum Ramadhan. Umat Islam tidak boleh alias haram melaksanakan shaum pada tanggal 1 Syawal. Padahal dasar penentuan sudah dibuat kriterianya yakni Hisab dan Rukyat.
Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah matahari terbenam. Hilal hanya tampak setelah matahari terbenam (maghrib), karena intensitas cahaya hilal sangat redup dibanding dengan cahaya matahari, serta ukurannya sangat tipis. Apabila hilal terlihat, maka pada petang (maghrib) waktu setempat telah memasuki bulan (kalender) baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya.

Meski penentuan Idul Fitri 1 Syawal 2011 di KIB yang mengikuti pengumuman pemerintah menimbulkan dampak bagi pengaturan jadwal kerja bagi buruh, kegiatan sholat Idul Fitri di Kawasan Industri Batamindo berjalan lancar dan dihadiri ribuah ummat Islam yang berdomisili di dormitory Kwasan Industri Batamindo. Kegiatan sholat Idul Fitri untuk Kawasan Industri Batamindo dipusatkan di Masjid Nurul Islam. Hari raya idul Fitri yang ditetapkan pada tanggal 31 Agustus 2011 di Muka Kuning menghadirkan khotib A. Saiful Ulum dan Imam adalah Ustaz Abdul Rauf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: