CSR dan Buka Puasa

Apa yang menarik dilakukan pada bulan puasa. Jawabnya adalah menjalankan ibadah puasa, sholat taraweh, berbuka puasa, bayar Zakat. Bagi kaum duafa kegiatan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Banyak program buka puasa bersama dengan anak yatim dan duafa dilakukan oleh organisasi pemerintah dan suasta. Termasuk program CSR perusahaan suasta. Beragam agenda yang melibatkan kaum duafa selama ramadhan berlangsung.

PT Batamindo Investment Cakrawala sebagai perusahaan yang telah lama melaksanakan program CSR juga tak pernah diam. Kalau tahun tahun sebelumnya CSR PT BIC pada saat bulan suci ramadhan aktif mengadakan buka puasa bersama dan pemberian sembako serta bantuan pembangunan rumah ibadah di sekitar Kecamatan Sei Beduk, maka pada tahun ini kegiatan ramadhan diisi dengan program yang berbeda tahun sebelumnya. Namanya adalah Siap Mandiri. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan dan buka puasa bersama 500 kaum duafa di lima kecamatan di Batam yakni : Kec. SEI BEDUK – Masjid NURUL ISLAM, Muka Kuning, Kec. BATUAJI- Masjid AT TAUBAH, Perumahan Bambu Kuning, Kec. SAGULUNG – Masjid AL UKHUWAH, Dapur 12 Kav. Bukit Kamboja, Kec. BATAM KOTA – Masjid NURUL YAQIN, Legenda Malaka, Kec. SEKUPANG- Masjid DARUN NIDZAM, Tiban Palem

Koordinator kegiatan Ir. M. Arief yang juga Direktur Nurul Islam Group serta Pelaksana Harian BPMKIB mengatakan bahwa Berangkat dari kesadaran terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Kota Batam yang sampai hari ini masih banyak diantaranya yang tergolong tidak mampu. Banyak diantara mereka dikarenakan aspek struktural akibat kebijakan yang berdampak pada kesempatan untuk bekerja berkurang atau bahkan tidak ada. Selain itu juga aspek kultural dimana secara mental dan sosial menyerah dengan kondisi persaingan yang terjadi ditengah-tengah masayarakat, sebagian besar mereka hidup seadanya yang secara normatif dikatakan tidak layak atau miskin.

Arief menambahkan bahwa CSR PT. Batamindo Investment Cakrawala bekerjasama (PT. BIC) dengan Tunas Karya Indoswasta, DSNI Amanah, Nurul Islam Group, Karang Taruna Siaga Yudha dan para aktifis sosial di dalam Kawasan Industri Batamindo, menggagas sebuah kegiatan yang harapannya bisa memberikan kontribusi positif agar golongan tidak mampu atau duafa tersebut mendapatkan ‘skill up’ terutama dalam mengubah cara berpikir (paradigm) terhadap kehidupan, memperkuat diri dengan sikap mental positif serta pembekalan life skill mereka. Selain itu, memanfaatkan bulan suci ramadhan 1432H dengan berbagi melalui buka puasa bersama, juga diharapkan terjalin silaturahim yang lebih dekat dan baik terutama antara kepentingan Perusahaan Batamindo Investment Cakrawala dengan masayarakat terutama dikalangan tidak mampu.

Lebih jauh dikatakan oleh Arief bahwa Program SIAP MANDIRI dimaksudkan menjadi salah satu kegiatan yang mampu mempersiapkan masyarakat terutama kalangan tidak mampu (duafa) lebih siap secara mental, sikap serta ketrampilan didalam menghadapi kehidupan.
Tujuan dari program ini adalah:
a. Memberikan edukasi dan kompetensi khusus kepada masyarakat duafa.
b. Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan kaum duafa
c. Apresiasi di Bulan Ramadhan dalam bentuk Training.
d. Memberikan motivasi dan semangat kepada kaum dhuafa untuk tetap survive menghadapi kondisi apapun.
e. Up grading life skill duafa yang berkesinambungan agar mereka lebih siap dan terampil dalam menghadapi kehidupan.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara serentak di lima lokasi pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2011. Acara berlangsung dari pukul 13.00 hingga 18.00. Materi yang dibawakan adalah :
1. Believe – Motifasi – Tauhid
2. Setting Dream – Tujuan Hidup
3. Life Skill – 3 cara sukses meraih apapun – kewirausahaan

PEMATERI (FASILITATOR) yang diturunkan berasal dari sejumlah kalangan. Diataranya adalah dari NURUL ISLAM GROUP terdiri dart : Baru Rohim, Ir. Bimo T. Prasetyo, Mahfud Siddik, S.PdI, Saiful Ulum, S.SosI, Ali Maksum, S.PdI, Imam Muthawali, S.PdI, Teguh Kesuma, AMd., Widyawati, Rudi. Fasilitator dari PT T. TUNASKARYA INDOSWASTA adalah M. Rusli dan Rico Jaya Saputra, M.Psi. Fasilitator dari PT. BATAMINDO INVESTMENT CAKRAWALA Drs. Indra Nirmala Hediaprawira. Sedangkan pembicara lainnya yang juga pengurus masjid di lokasi pelatihan adalah Anhari Basa, Lc serta Sulaeman.

Khusus kegiatan di Masjid Nurul Islam selain acara pelatihan dan buka puasa bersama juga diadakan pelantikan pengurus Badan pengelola masjid Kawasan Industri Batamindo. Adapun pengurus terpilih untuk periode 2011 – 2014 adalah Ketua Umum Andi Mapisangka , Pelaksana Harian adalah Ir. M. Arief. Sekretaris Baru Rohim. Kegiatan di Masjid Nurul Islam diikuti oleh GM Corporate PT BIC John Sulistiawan dan staf, Perwakilan dari Pemerintah Kota Batam dan ratusan pekerja yang ada di Kawasan Industri Batamindo .

1 Komentar (+add yours?)

  1. hariadi
    Agu 20, 2014 @ 12:59:07

    1.apakah ada csr utk pembrdayaan ekonomi rakyat? 2.saya seorang fasilitator u issu2 pemberdayaan komunitas,management organisasi/kelompok,gender dll, berpengalaman memfasilitasi pelatihan masyarakat di aceh,sumut.sumbar,sumsel,lampung,jakarta,jabar,jateng dll,memiliki sertifikat dr brberapa lembaga salah satunya dari ILO. Bisa bekerja sama.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: