Survive

CDD PT Tunaskarya Indoswasta menggelar program outbound untuk pengurus Unit Kegiatan dan RW yang ada di Kawasan Industri Batamindo. Pelatihan yang diberikan menekankan aspek survive dan kekuatan persepsi. Ada empat puluhan peserta. Mereka berasal dari Batamindo Music Community, Siaga Yudha English Conversation Club, KSR PMI, Pramuka, RW, Bikers.

Kegiatan ini berlangsung dua hari, tanggal 21 – 22 Mei 2011. Peserta berangkat ke Pantai Mawar Menggunakan Bus. Tiba di Khasanah Melayu pukul 16.00. Peserta dibrefing oleh Wallid Jumlad selaku trainers. Pembentukan tim dibawakan oleh Andre. Sesaat kemudian peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Masing masing kelompok berlatih yel yel.

Yoga dari seksi perlengkapan selanjutkan memberikan brefing kepada tim leader. Yoga memberikan jatah perlengkapan dan logistik untuk kegiatan masak. Masing masing peserta diberikan beras, lauk, bumbu serta panci. Peserta lalu bekerja secara tim untuk melakukan persiapan hingga masakan siap diasjikan di kelompok masing masing. Kurang lebih dua jam peserta mempersiapakan kegiatan masak untuk menu makan malam.

Usai sholat Isya dan makan malam. Peserta lalu berkumpul di base camp. Meteri berikutnya yang wajib mereka peroleh adalah kekuatan Persepsi. Dibawakan oleh M. Rusli. Berlangsung dua jam. Materi berikutnya adalah cara membaca peta. Dijelaksan oleh Wallid. Pukul 11.00 seluruh peserta dilepas ke areal hutan yang berada di sekitar base camp. Lokasi survival dilakukan di daerah berbukit. Tak jauh dari pantai.

Malam terasa mencekam. Gelap. Tak ada cahaya bintang. Mendung dan ada rintik hujan. Peserta dilepas ke tengah hutan. Masing masing diberi tugas untuk mencari titik lokasi sesuai soal yang diberikan oleh Panitia Pelaksana. Tidak hanya mencari sejumlah titik kordinat. Peserta juga diberi soal yang harus dijawab sambil mencari titik koordinat yang ada. Butuh waktu tiga jam untuk mengerjakan tugas. Peserta kembali ke base camp. Ada evaluasi yang diberikan oleh Aan Pandelan. Acara berikutnya tidur. Pukul 02.30.

Peserta tidak mudah menikmati tidur, meski lelah dan ngantuk, tidak otomatis membuat peserta terlelap tidur, hujan pada pukul 03.30 membuat peserta terbangun dan mencari lokasi tidur yang aman dari angin kencang dan hujan.

Panitia tetap stand by dengan tugas. Ada yang masih membuat masakan untuk sarapan. Pukul 06.00 seluruh peserta sudah berdiri rapi di pantai. Mengikuti acara senam pagi. Acara senam pagi adalah wajib untuk melemaskan otot. Usai senam ada sarapan pagi berupa bubur kacang hijau dan kopi hangat. Peserta diberi kesempatan untuk break hingga pukul 08.00. setelah itu diteruskan dengan game. Ada game problem solving, survive. Materi game yang diberikan disesuaikan kebutuhan pesereta. Untuk peserta adalah menjadikan mereka menyadari pentingnya hidup mandiri, survive dan tidak mudah menyerah.

Outbound untuk unit kegiatan adalah kegiatan yang juga bertujuan untuk menjalin kekompakan antar unit kegiatan dan antar pengurus organisasi sosial yang ada di Kawasan Industri Batamindo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: