Seminar Wanita Cerdas Mandiri

Bulan Mei silam, tepatnya Sabtu, 15 Mei 2011 Tim CDD mengadakan seminar Wanita Cerdas Mandiri. Sebuah rangkaian memperingati Harti Kartini. Pembicara adalah Ibu Angel. Dia adalah pekerja sosial yang ada di Batam. Jauh hari sebelum mengabdi di Batam, dia sudah mengabdikan dirinya sebagai relawan pendidikan di jalur Rel Kereat Api Jatinegara Jakarta selama lima belas tahun, Di Bantar Gebang pembuangan sampah selama tiga tahun dan hijrah ke Batam mengikuti suami. Ibu Angle sudah mengabdi di Batam selama satu setengah tahun.

Sebagai lulusan S1 Ekonomi Ibu Angel pernah bekerja magang di BRI Pusat Sudirman bagian keuangan internasional. Juga pernah menjadi Asiten Dosen S2 Pasca Sarjana Universitas Suropati Cawang. Namun kecintaannya yang kuat terhadap pendidikan anak kurang mampu Ibu Angel rela meningalkan pekerjaan sebelumnya. Ia memilih bekerja karena panggilan hati.

Di hadapan seratusan peserta talk show yang dihadiri perwakilan pekerja dari perusahaan yang ada di KIB, Ibu Angel menceritakan bahwa anak sebetulnya tidak hanya membutuhkan makanan. Kini banyak orang tua yang berkarir dan mendelegasikan perawatan sang anak pada orang lain.

Orang tua sibuk bekerja dari pagi hingga malam hari. Sang Anak tumbuh besar tanpa adanya kasih sayang yang melimpah dari orang tua mereka. Padahal kata Angel sang anak sangat membutuhkan belaian kasih sayang, kedekatan secara psikologis, dan pendidikan. Kalau sang anak hanya dipenuhi kebutuhan makan saja itu sama dengan mahluk hewan yang hanya mengisi hidupnya dengan makan. Alangkah kasihan buah hati kalau makanan hati dan pikiran mereka tidak dipenuhi orang tua mereka.

Pengalaman berkesan Ibu Angel adalah mencari dana untuk mendanai kegiatan mereka. Sejauh ini ia membuka jualan Sio May menggunakan gerobak. Keuntungan yang ia peroleh dia pakai untuk memodali kegiatanya sebagai relawan pendidikan.

Talk show dilanjutkan dengan tanya jawab. Pembicara kedua adalah Gloria membawakan materi Perempuan Kreatif. Gloria adalah Sarjana Psikologi yang kini aktif sebagai eksekutif rekruitment di PT Tunaskarya Indoswasta. Pukul 11.30 acara diteruskan dengan pemberian piagam kepada dua perempuan pekerja yang aktif di bidang pendidikan mandiri. Kedua pekerja yang diberi penghargaan tersebut adalah Nuri dari PT Kemet dan Puji Lestari dari PT EATON. Keduanya aktif membangun organisasi pendidikan (Siaga Yudha English Conversation Club) di Kawasan industri Batamindo.

Rangkaian acara ini adalah merupakan program dalam rangka memperingati Putri Kartini. Ada pemberian bingkisan buat ibu penjual koran, guru ngaji, penyapu jalan. Pemberian bingkisan dan alat tulis buat anak kurang mampu, talk show dan pemberian sertifikat bagi pekerja perempuan di Kawasan Indutrsi Batamindo yang mededikasikan dirinya bagi pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: