Outbound Angkatan Ke-10 PT Tunaskarya Indoswasta

Tak ada kata bosan bagi Departemen Outsourching PT Tunaskarya Indoswasta melaksanakan program outbound bagi karyawan. Sabtu dan Minggu 9 – 10 April 2011 ada 44 pekerja yang ditempatkan di PT Danacast, PT Ciba Vision, PT Scheineder, PT Flectronix dan PT Nutune mengikuti program Team Building. Bertempat di pantai Khasanah Melayu.

Pada outbound kali ini tema utama yang diangkat adalah kerja sama tim. Sedangkan materi tambahan adalah Komunikasi, kreativitas. Trainer yang diturunkan terdiri dari M. Rusli, Aji, Gloria, Walid, Yoga, Aan, Isa, Andre. Assesment Tim ada dua psikolog yakni Agus dan Dian.

Kegiatan diawali saat tiba di base camp Outbound. Isa selaku koordinator pembentukan Tim membagi dan mengelompokkan peserta mejadi empat tim. Game pertama yang diberikan adalah Pembentukan Tim. Peserta di minta untuk berbaur dan mencari anggota tim. Anggota tim yang dicari tertera pada sepotong kertas yang disebar di area base camp. Masing masing tim yang terikat dalam satu tali wajib bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif untuk menemukan target dalam waktu yang singkat. Pada sesi ini Isa juga memberikan materi ice breaker berupa lempar bola sambil menyebut nama peserta dengan benar.

Usai Istrahat, makan dan sholat Isa materi teori kreativitas dibawakan oleh Gloria. Gloria membawakan presentasi dengan menampilkan beberapa video art tentang kreativitas. Peserta diberi tugas untuk membuat origami tentang burung.
Aji dan Rusli meneruskan. Aji membawakan teori dasar tentang kerja sama tim. Rusli melengkapi dengan ilustrasi burung yang terbang dengan formasi V.

Walid di sesi berikutnya melengkapi dengan materi Membaca kompas. Pukul 23.00 seleuruh seluruh peserta memasuki hutan yang gelap. Senter menjadi alat sangat membantu peserta saat mengikuti sesi baca kompas di tengah kegelapan hutan. Kurang lebih dua jam seluruh peserta dapat menyekesaikan tugas mereka adu nyali membaca arah angin dengan alat bantu Kompas.

Pukul 24.00 peserta balik ke base camp. Api unggun dinyalakan, Walid kembali melakukan evaluasi terhadap jalannya program baca kompas. Mata peserta berat, mulai merah. Ngantuk. Koordinator konsumsi dari tim panitia pelaksana pun sibuk menyiapkan pisang goreng dan membuat Kopi panas bagi peserta.

Usai evaluasi yang dibawakan Walid, kilat menyambar, guntur menggelegar. Angin bertiup kencang. Air laut mulai pasang. Peserta memasuki break tidur. Peserta dapat beristrahat.

Sebaliknya panitia pelaksana dan Tim trainer yang berada di camp yang pisah dengan camp peserta justru sebaliknya. Hujan deras dan angin kencang tak terbendung. Atap camp tak mampu menahan curah hujan. Panitia dan sejumlah trainer yang telah tertidur nyeyak spontan bangkit dari tidur menghindar dari air hujan. Malam itu dijalani dengan pengorbanan. Rata rata panitia dan team trainer hanya tidur satu setengah jam.

Usai sholat subuh seluruh peserta berkemas. Ada yang mandi, ada yang bersantai di bibir pantai sambil menghirup udara pagi yang segar. Ada juga yang mengambil kesempatan untuk berfoto. Pukul 06.30 seluruh peserta kembali berbaris rapi mengikuti sesi olahraga pagi. Pagi cukup cerah. Sesi ini dipimpin oleh Walid. Pemanasan dan lari di sepanjang Pantai Mawar.

Pukul 08.00 materi berikutnya adalah bridge dan rafling oleh Walid, star puzzle oleh Yoga, Tim Work oleh Rusli, Isa dan Andre, di sesi akhir sebelum penutupan adalah materi strategi dengan game bartender.

Rangkaian acara ditutup pada pukul 14.30. Ada sesi foto bersama lalu balik ke bus yang telah menunggu. Sesaat kemudian bus meluncur ke dormitory blok O KIB tempat pekerja tinggal. Sampai jumpa di Outbound angkatan ke 11.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: