Visit Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia

Pengangguran di negeri ini masih  tinggi. Ada puluhan juta  belum memiliki pekerjaan baik  pekerjaan formal maupun  informal.  Ledakan penduduk  saat ini  membuat  persaingan  memperebutkan pekerjaan  makin  kompetitif. Pengangguran  bagi  usia produktif  adalah beban. Beban bagi keluarga  dan beban bagi negera. Kantong  kantong  penggangguran di Indonesia  menyebar di sejumlah  provensi. Sejumlah alternatif  solusi  dikerjakan pemerintah daerah dan pusat untuk  mengantasi  pengangguran. Seperti  pemberian  bantuan  modal kerja  hingga  pelaksanaan  bursa kerja.

Kawasan Industri  Batamindo sebagai  daerah  industri  yang  pertama  membuat  konsep kawasan industri terpadu  pada awal  tahun 1990- an  pernah mengalami  masa   kesulitan  memperoleh tenaga kerja  untuk dipekerjakan di perusahaan yang ada  di Kawasan Industri Batamindo. Saat itu  melalui  PT Tunaskarya Indoswasta,  puluhan  ribu  pekerja   harus  didatangkan dari luar  Pulau Batam.  Melalui program AKAD  (antar kerja antar daerah)  puluhan  ribu  pekerja dari berbagai daerah  di Pulau Jawa, Pulau Sumatra, Pulau  Sulawesi  hingga  Nusa Tenggara Timur  diterbangkan  ke Pulau Batam  untuk bekerja di  perusahaan manufacturing   yang ada di  Kawasan Industri Batamindo.

Waktu awal   pengiriaman tenaga kerja  antar daerah ke Batam    pun tidak otomatis  berjalan mulus, banyak  cerita  miring  dipikiran orang tua anak. Berpikiran negatif  menganai Batam.  Sehingga  orang tua  tidak melepaskan  dan mengijinkan  anak  mereka  dikirim bekerja ke Batam.

Diantara  pekerja  yang  yang mendapatkan ijin  orang tua   bekerja di Batam    setelah   kontrak mereka  berakhir  balik ke  daerah asal  lalu menceritakan  pengalaman   sesungguhnya.  Berdasarkan pengalaman yang diperoleh  selama di  Batam  pikiran  negatif yang menimpa  pekerja   tidak  senegatif  yang dibayangkan . Upaya  yang dilakukan oleh  pihak  PT Tunaskarya Indoswasta  waktu itu  juga  penuh perjuangan.  Pimpinan dan staff  PT Tunaskarya   rutin melakukan sosialisasi  ke sekolah sekolah bekerja sama dengan pihak Disnaker  menceritakan  peluang kerja di Batam.  Akhirnya  program  mendatangkan  tenaga kerja  untuk program AKAD  (Antar kerja Antar Daerah)  berjalan  lancar.

Program  pengentasan pengangguran  terus  berjalan. Upaya lain   untuk  memberikan  pekerjaan terhadap tenaga kerja  usia produktif  di  negeri  ini  juga bisa  ditempuh dengan  program AKAN (Antar kerja Antar Negera). Salah satu perusahaan  di Indonesia   yang  punya  keahlian dan pengalaman menangani  pekerjaan ini  adalah PT  Sumber  Daya Dian Mandiri  atau  disingkat PT SDM. Perusahaan ini  rutin  mengirimkan tenaga kerja  Indonesia  ke  Malaysia. Pada  tanggal 8 dan 9 Maret  lalu  penulis bersama Indra  staf dari PT SDM  mengikuti  proses  pengiriman  tenaga kerja  ke Malaysia.  Melihat dari dekat  bagiaman  dinamika pekerja   program AKAN.

Jauh jauh hari  sebelum  enam orang  pekerja  untuk CIBA Vision Johor  dikirim. Staf  dari PT SDM  melakukan  pembekalan  terhadap  calon tenaga kerja  program AKAN. Selama  puluhan  jam  calon  tenaga  kerja  Indonesia  diberikan  pelatihan. Pelatihan yag diberikan  tentang  pengenalan  budaya kerja  di  Ciba  Vision Malaysia,  menjadi  pekerja Proaktif,  Etos kerja,  Change  Paradigm, Motivasi, Tim Work  dan Bahasa  Inggris.

Salah seorang  peserta  yang bergabung dalam batch  pemberangkatan tanggal 8 April 2011  adalah Siti.  Siti  mengatakan  motivasi  bekerja  di Ciba Vision Johor  untuk mencari penghasilan alias  tambahan modal  usaha.  Selagi usia masih memungkinkan  ia  akan  menggunakan kesempatan emas  ikut  rekrutan PT SDM  bekerja di Ciba Vision Johor.  Usia pekerja  tidak seketat  di  Indonesia. Di  Ciba Vision  Johor  usia pekerja maksimum untuk level operator produksi di  perusahaan manufacturing  adalah 30 tahun. Tidak heran  jika  Siti betah  bekerja  di Ciba Vision. Dulu  ia juga  pernah bekerja di Ciba Vision  Batam. Setelah habis kontrak di  Ciba Vision Batam lalu  ikut bergabung  bekerja di Ciba Vision Johor.Ketemu jodoh di sana, balik  ke Indonesia saat habis kontrak lalu menikah. Kini  sudah punya putri berusia  tiga tahun.  Tahun 2011  Siti  untuk kedua kalinya  kembali  bergabung  di Ciba Vision Johor melalui  PT SDM. Pengalaman membuat ia  percaya diri  bekerja di negeri  orang.

Pengiriman tenaga kerja  ke   Ciba Vision  Malaysia  berjalan  lancar.  Calon  tenaga kerja Indonesia  yang mendaftar  pada awalnya  ada perasaan was was dan masih  beripikiran negatif. Ada  yang  sering menyaksikan  berita di TV tentang  penyiksaaan TKI di luar negeri  ternyata  berpengaruh kuat terhadap persepsi  warga negera  Indonesia.  Kelompok mereka  ada banyak  di negeri ini   sehingga  ketika  ada tawaran untuk bekerja di Malaysia  mereka  enggan untuk bergabung.

Meski banyak  yang enggan bekerja di  perusahaan yang ada di Malaysia  ada juga  beberapa  pekerja  Indonesia  yang  mau bergabung . Kelompok ini  bahkan  setelah  habis kontrak  di  Malaysia   dengan durasi kerja  kontrak dua tahun di perusahaan manufacturing  balik ke  Indonesia.  Begitu  PT SDM  membuka   lowongan untuk  bekerja sebuah perusahaan   di Malaysia    mereka  yang  telah  punya  pengalaman  sebelumnya  tidak menyia nyiakan kesempatan tersebut. Melalui  testimoni  yang diceritakan  mantan  pekerja  Ciba Vision Johor  inilah  akhirnya  menarik  teman teman  dekat mereka untuk  ikut bergabung sebagai TKI.

Saat  perjalanan penulis mengikuti  proses  pengiriman TKI  ke  prusahaan   Ciba Vision Malaysia dimana   PT SDM  sebagai  mitra  yang ditunjuk  untuk  menyediakan  tenaga kerja. Staf  PT SDM  berusaha bekerja dengan maksimal.  Segala  persyaratan  untuk kelengkapan dokumen dilakukan  dengan  baik, seperti  pasport,  medical  hingga  calling  visa.  Semua  surat  pendukung  adalah penting dan  lengkap.  Proses  pengiriman  TKI  tidak bisa  dikerjalan  dengan  asal asalan.  PT SDM  memahami betul  prinsip tersebut.

Saat  berangkat dari pelabuhan very  di Batam Center   pada hari Selasa  8 April 2011 seluruh TKI yang diproses PT SDM  dapat  melewati  pintu imigrasi dengan lancar,  baik saat   di  Pelabuhan Very  Batam Center  Indonesia  maupun  saat memasuki pelabuhan  very  Stulang laut Malaysia.  Enam tenaga kerja  yang  tiba di Stulang Laut  satu demi satu  diperiksa  oleh petugas  imigrasi  Malaysia  mulai dari  dokumen  hingga  tes darah.  Kurang lebih satu jam  proses  melewati pintu imigrasi pelabuhan  very  Stulang Laut  berjalan  lancar.  Petugas  dari  Ciba Vision  johor  telah  menunggu  lalu  mendampingi  enam TKNI  untuk Ciba Vision.

Keluar dari  dermaga   Stulang  Laut,  sebuah   bis  mini  telah  menunggu di  lapangan parkir.  Sesaat kemudian  barang bawaan diangkat  ke  bagasi mobil. Lalu  melunjur melewati jalan high  way  menuju  Pelabuhan  Tanjung  Pelepas. Pelabuhan  Tanjung Pelepas  adalah   hostel  tempat  pekerja  Ciba Vision  tinggal. Perjalan  menempuh waktu  sekitar  satu jam. Sampai di  hostel Pelabuhan  Tanjung Pelepas  rombongan diteriam  oleh  petugas  hostel  dan  agen dari Ciba Vision.

Waktu yang singkat  bertemu dengan  pekerja asal Indonesia digunakan dengan sebaik baiknya.  Penulis   langsung  melakukan visit ke salah satu  pekerja  Ciba Vision  yang  lebih dulu  bekerj di sana. Namanya   Lina Sanria asal Medan.  Dulu sebelum bekerja di Ciba  Vision  Johor  pernah bekerja di PT  Ciba Vision  Batam.  Lina Sanria  banyak bercerita  pengalaman  selama  bekerja  di Ciba Vision Malaysia. Ia mengaku pada awalnya  berpikiran  negatif  mengenai  TKI Malaysia. Ketika  sudah  bergabung  dengan Ciba Vision  Johor  persepsi  negatif  itupun gugur dengan sendirinya. Karena  Lina  banyak teman,  merasa  seperti di  negeri sendiri.

Lina  menceritakan bahwa  penghasilan yang ia teriam  selama satu bulan  bisa mencapai  RM 1800 hingga  RM 2000  bila  rutin  lembur. Ia mengaku  sejak  bulan pertama bekerja hingga sekarang  rutin  lembur.  Namun begitu   Lina menyempatkan mengikuti  kegiatan di luar jam kerja seperti  kegiatan di  Ikatan  Pekerja Muslim  Indonesia (IKMI).  Kegiatan lainnya adalah  jalan jalan seperti ke tempat wisata yang ada di Malaka,  Kuala Lumpur.

Sebagai  sulung dari lima bersaudara  wanita yang mengenakan  jilbab ini  mengatakan  motivasinya bekerja di Ciba Vision Malaysia adalah  mendapatkan  penghasilan  dan  menambah wawasan.  Habis kontrak   nanti  Lina berencana untuk  balik ke Medan mengejar impiannya  yang lain. Selama  delapan bulan  bekerja  Lina  rajin menabung.

Di hostel Pelabuhan Tanjung Pelepas  tempat  Lina  tinggal  terdiri  atas  12 orang.  Satu ruangan  terdiri  atas  tiga kamar. Setiap kamar diisi empat orang.  Ada  fasilitas  dapur,  lemari pendingin, kompor gas, ruang  tamu,  ada  TV , Meja kursi  dan kipas angin, kamar mandi.

Di hostel Pelabuhan Tanjung Pelepas  pekerja berasal sejumlah  perusahaan  dari berbagai suku dan bangsa.  Lina  lebih  jauh bercerita bahwa  jarak tempuh  tempat kerja dengan  hostel  bisa ditempuh  dalam waktu sepuluh menit menggunakan bis  antar jemput yang disediakan perusahaan. Lina mengatakan bahwa  kondisi kerja di Ciba Vision  Johor  dibandingkan dengan Ciba Vision Batam tidak jauh beda.  Hubungan dengan  supervisor pun berjalan  baik.  Ada  sekitar  80%  pekerja di Ciba Vision  terdiri atas  orang Indonesia,   level Operator Produksi, Leader, QC hingga  Assisten Supervisor.

Di tempat kerja  bahasa  pengantar yang digunakan adalah bahasa Melayu. Ekspatriat  yang  bekerja di Ciba Vision Johor  pun  menyesuaikan diri dengan belajar  bahasa Melayu.  Bahasa  tidak jadi masalah.    Lina mengatakan  bahwa  pekerja  operator  di Ciba Vision  Johor  dominan diisi  orang Indonesia.  Hubungan kerja  orang  Indonesia  dan Malaysia  di  bagian  produksi  berjalan   normal.

Usai  mengadakan pertemaun dengan  pekerja  yang Ciba Vision,  penulis meneruskan  perjalanan  ke  Kota Tanah Tinggi. Di daerah ini penulis  berkesempatan  melihat secara  langsung  dinamika pekerja  yang ditempatkan  di  Beyonics. Selama  kunjungan  di  hostel  Beyonics   penulis di dampingi  Bp. Radhi  AlFayatd  Project Manager  dari Multi Sarana SDN. BDH.  Radhi adalah  adalah Mitra PT SDM   yang  menghandle pekerja  Indonesia  untuk  Beyonics Johor.

Radhi Alfayatd  banyak bercerita   kepada penulis tentang  dinamika pekerja  Indonesia  yang bekerja di perusahaan manusfacturing  atau  pekerja sektor  formal. Umumnya  pekerja  asal Indonesia khususnya  dari Batam mudah  meyesuaikan diri ,   familiar  dengan pekerjaan  mereka.

Menurut Radhi,  sebelum  pekerja  tiba,  fasilitas  dan akomodasi sudah disipkan dengan baik. Ketika  tenaga kerja Indonesia  tiba  sejak  di pintu  masuk  imigrasi  hingga  perjalan  ke  hostel  berjalan dengan  baik.  Pekerja yang tiba di hostel  pun dilengkapi dengan  kebutuhan  pangan  selama  bulan  pertama seperti beras, telur, minyak goreng.  Hal itu penting  demi menjaga  ketenangan  pekerja. Pekerja  adalah aset kata radhi.

Pertemuan  kami dengan  pekerja Indonesia  lainnya adalah pekerja yang ditempatkan di  Beyonics.  Penulis berjumpa dengan   sejumlah pekerja. Dias  asal Semarang kontraknya akan berakhir pada  bulan Februari 2012. Dias sudah  bekerja lebih dua tahun. Dias  merasa  bersyukur dapat bekerja. Habis kontrak nanti ia bermaksud  pulang kampung  mengharap bisa  mandiri saat mudik nanti.

Sawitri  teman  satu  perusahaan dengan Dias  mengaku  sebulan ia bisa  mengumpulkan  RM 1200. Siti  juga satu hostel dengan Dias  dan Sawitri,  mengatakan bahwa   kalau  tidak ada lembur  mempengaruhi  kantong  mereka  juga  kemampuan mengirim ke kampung halaman. Ia  mengharap  adanya  lembur  dapat  menambah  penghasilan.  Siti mengakui bahwa  cara  menghemat  adalah memasak sendiri. Kalau  makan di kantin  budget  yang  dikelurakan  cukup besar.

Siti  berpesan kepada  adik  yang  akan mengikuti jejak mereka  agar  tetap  memperdalam  keterampilan dalam  kemampuan  berbahasa Inggris,  kepemimpinan , komputer.  Skill tersebut  dapat berguna di  tempat kerja.

Kegiatan di luar jam kerja  yang  dilakukan oleh Siti, Dias dan  Sawitri adalah  menyanyi karaoke  di  ruang tamu hostel. Terlihat  tumpukan  CD  dangdut  di samping TV. Saat  kami datang bertamu  pun mereka larut  dengan iringan musik dangdut  yang diputar  keras sehingga terdengar  hingga  ke luar kamar. Suara  musik dangdut  membuat mereka  tidak mendengar saat kami datang. Setelah  lima menit kami  mengetuk  pintu baru  ada  yang merespon  itupun  setelah ditelpon dari luar. Penghuni hostel membuka  pintu  buat kami.

Kegiatan  kunjungan  ke  hostel  yang rutin dilakukan oleh staf  PT SDM membuat  pekerja  program AKAN  (antar Kerja Antar Negera)  merasa  tenang. Karena  saat kunjungan  berlangsung  uneg – uneg dan masalah mereka  bisa langsung dibicarakan.  Setelah  kunjungan berlangsung  biasanya  masalah  pekerja di hostel  segera di follow  up.

Hari kedua kunjungan, penulis berkesempatan  meninjau  tempat kumpul  pekerja  Indonesia  di Johor. Tempat paling  sering  didatangi  pekerja  baik  Ciba Vision dan Beyonics  adalah  Mall  Angsana.  Biasanya  anak Ciba Vision Johor  asal Indonesia   paling suka   mengisi  hiburan mereka  bermain di  tempat karaoke  yang terletak di lantai lima mall tersebut. Mall Angsana  adalah  mall  favorit  anak anak Ciba Vision asal Indonesia.

5 Komentar (+add yours?)

  1. tri wahyuni
    Jul 28, 2012 @ 05:11:13

    utk usia d atazz 30th,dah gak bisa masuk ke cibavision ya???

    Balas

  2. joko
    Jun 30, 2014 @ 02:16:50

    Selamat Datang di Website OM AGUS
    Izinkan kami membantu anda
    semua dengan Angka ritual Kami..
    Kami dengan bantuan Supranatural
    Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
    Mengagumkan…Bisa Menerawang
    Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
    Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
    Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
    dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
    Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
    Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
    dengan sangat Membutuhkan
    Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
    OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
    dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
    Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

    Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
    berada Di blog yang sangat Tepat..
    Kami akan membantu anda semua dengan
    Angka Ritual Kami..Anda
    Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
    Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
    Hasil Ritual Dari=OM AGUS, 2D,3D,4D
    di jamin Tembus 100% silahkan:
    Hub : (OM AGUS)
    (085-399-278-797

    Balas

  3. nurlinaningsih
    Des 05, 2014 @ 15:41:09

    SAYA SEORANG TKI DARI SUKABUMI,,,
    Buat saudara2ku yang suka main togel atau ingin mau merasakan kemenangan bermain togel seperti saya ini menang angka jitu 4D ( 1803 )- ( 1830 ) hari kamis bener2 tembus 100% dari bantuan KI DEWO,saya sangat percaya sama KI DEWO karna KI DEWO peramal angka angka jitu putaran,SGP-HKG-SD-LAOS-MACAU-TOTO MALAYSIA-KOREA-THAI LOTTERY.Dan bukan Cuma itu saja masin banyak yg lain,JUAL TUYUL,PASUGIHAN,PELET,,,kalau anda butuh angka jitu 2d 3d 4d /4D 5D 6D, silahkan Hubungi KI DEWO di No: 085-295-271-555,,Kamu Pasti Membuktikan nya,,,

    Balas

  4. eva veronika
    Mar 28, 2016 @ 09:40:48

    ada low untuk lulusan S1 ga..??

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: