Pembekalan Calon Naker Ciba Vision Malaysia

Pada tanggal 18 Maret 2011 lalu PT Sumber Daya Dian Mandiri atau dikenal dengan  nama PT SDM  mengadakan pembekalan bagi calon tenaga kerja yang akan ditempatkan di perusahaan Ciba Vision  Malaysia. Ada lima puluhan  peserta  pada angkatan ini yang mengikuti  rangkaian  pembekalan. Adi Neka  pada kesempatan  pertama memberikan orientasi terhadap  calon  tenaga kerja  Indonesia  yang akan di tepatkan di Ciba Vision  Malaysia

.

Adi Neka membawakan materi mengenai budaya  kerja di Malaysia.  Dan juga persyaratan dan  prosedure keberangkatan ke Malaysia. PT  SDM saat ini sedang  berkonsentrasi  mempersiapkan tenaga kerja  formal  di  Malaysia. Saat ini  proses pengurusan  Visa  masih  berlangsung. Usai  proses tersebut selesai maka  calon  tenaga kerja  yang telah mengikuti  rangkaian tes  akan diberangkan ke  Ciba Vision Malaysia  didampingi  staf  dari  PT SDM.

Karel Budiman  selaku Direktur PT SDM  dalam sambutannya di hadapan  calon  tenaga kerja  untuk Ciba Vision Malaysia  menceritan  pentingnya   membangun etos kerja. Karel  di masa  mudanya  pernah menjadi wartawan  untuk menambah  uang saku. Pengalaman di bidang tulis menulis  lalu mengantarkan Karel Budiman ke  salah satu perusahaan  konsultan. Tugas yang diberikan  ke Karel Budiman  waktu itu adalah bagian pengetikan. Setelah itu  karirnya terus beranjak  hingga  pimpinan  menyekolahkan  ke  sekolah  hebat di bidang human resource     di  Philpina.

Sempat  mengabdi  di sejumlah  perusahaan, pada akhirnya  Karel Budiman  diminta untuk memimpin PT Tunaskarya Indoswasta  hingga saat ini. PT  SDM adalah anak perusahaan  PT Tunaskarya Indoswasta.  Karel mengatakan bahwa saat ini  banyak  tenaga  kerja  yang memiliki banyak  saudara.  Karel mengatakan bahwa   keluarga   yang  besar  seperti  sebelas bersaudara  sangat membutuhkan pekerjaan,   tak peduli jenis pekerjaan tersebut  sebatas  cleaning service.  Banyak penduduk   pengangguran juga  meningkat  sedangkan  jumlah  lowongan  juga terbatas  kalaupun  ada  umumnya  untuk posisi  yang  sulit  dijangkau  pencari kerja pemula karena  perusahaan  membutuhkan  calon tenaga kerja  yang berpengalaman dan  memiliki pendidikan tinggi.

Kondisi   dunia kerja  di negeri Indonesia  kurang  menguntungkan karena  jumlah pengangguran  sangat  tinggi. Tak mengherankan kini  banyak  pengangguran,   ketika ada  lowongan  kerja  para  pencaker tidak lagi  memilih  pekerjaan  sesuai dengan apa  yang  ia  senangi untuk dikerjakan. Kini persaingan makin berat. Ke depan tenaga kerja  akan bersaing dengan robot dan  tenaga kerja dari negara lain yang memilih bekerja di negeri ini.

Pada  kesempatan  ketiga,  M. Rusli selaku motivator  yang juga konsultan  dari PT Tunaskarya Indoswasta membawakan  materi  change paradigma.  Pembekalan berakhir pada pukul 15.30 bertempat di  Graha  SDM  yang berlokasi  di Taman Suka Jadi  Batam Center.

Iklan

1 Komentar (+add yours?)

  1. Bulan ini masih ada g pak/ibu,lowongan untuk malasia? Nama saya julviati
    Nov 04, 2013 @ 09:23:52

    Lg mencari krj

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: