Pekan Anniversary IPSM 2011

Kunjungan Panti Asuhan

Dalam rangka sepekan Anniversary IPSM Barelang, Minggu 6 Maret 2011 pengurus melakukan kunjungan sosial ke salah satu panti asuhan Al Fitrah Hanzamhadi   yang  berlokasi  di  Kampung Becek Batam. Pengurus yang berjumlah dua puluh orang membawa sejumlah barang sumbagan dari praktisi HRD yang ada di Batam. barang yang disumbang terdiri atas beras, gula, ikan sarden, mi instant, dan uang.

 

Pengelola panti asuhan yang menerima pengurus IPSM mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh pengurus IPSM adalah sebuah bentuk sosial yang sangat berarti bagi anak panti. Saat ini pebgelola panti asuhan memeilih usaha pembudidayaan jamur sebagai solusi membiayai operasional panti asuhan.

Bursa Kerja IPSM

Tanggal 8 Maret 2011, ribuan pencari kerja memenuhi area bursa Kerja IPSM 2011 yang berlokasi di Multy Purpose Hall Comunity Center Kawasan Industri Batamindo. Upacara pembukaan dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina IPSM Barelang DR. John Sulistiawan, Kadisnaker Kota Batam Rudi Sakyakirti, Pimpinan Perusahaan. Upacara dibuka secara resmi oleh Kadisnaker Kota Batam dengan melakukan pengguntingan pita.

Baru Rohim selaku panitia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai sarana atau media untuk mengatasi pengangguran yang terjadi di Kota Batam. Pada kesempatan yang sama John Sulistiawan mengatakan agar pencari kerja dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik baiknya. John Sulistiawan juga memberi ucapan selamat kepada pengurus IPSM yang memasuki usianya yang ke-13.

Usai peresmian diteruskan dengan peninjauan area bursa kerja oleh Kadisnaker Kota Batam didampingi Ketua Dewan Pembina IPSM, Ketua Umum IPSM dan pimpinan perusahaan serta tamu undangan.

Kegiatan bursa kerja akan dilaksanakan selama dua hari 8 dan 9 Maret 2011. Saat pembukaan yang dilakukan tadi pagi. Antuasias pelamar cukup tinggi. Meski pengunjung membludak, namun jalannya bursa kerja lancar dan tertib. Hingga pukul 12.00 para pencari kerja bersemangat menunggu proses hingga usai.

Rangkaian bursa kerja IPSM terdiri dari penerimaan berkas lamaran di lokasi bursa kerja. Lalu diteruskan dengan proses seleksi. Sejumlah perusahaan langsung mengadakan proses pengisian form administrasi. Panitia menyiapkan ruang test tertulis dan wawancara di lokasi bursa. Perusahaan yang akan mengadakan test tertulis dan wawancara dapat dikerjakan di Game Room dan TV Room.

Selama dua hari bursa kerja berlangsung. Jumlah pelamar yang mengikuti bursa sekitar empat ribu orang. Indra Nirmala selaku ketua Umum IPSM mengatakan bahwa angka ini memperlihatkan bahya pengangguran di Batam tinggi.

Perusahaan yang jengikuti bursa kerja diantaranya adalah PT Tunaskarya Indoswasta, PT BIC, PT Intrias, PT Panasonic Electronic Devices Batam, PT QSM, PT Flectronics, PT Foster, PT Shinetsu, PT JMS, PT Sanmina.

Seminar Motivasi

Dalam rangka pekan anniversary IPSM , salah kegiatan yang diadakan di sela sela Bursa kerja adalah seminar Motivasi. Dilakukan di Game Room Community Center . Pada hari selasa 8 Maret 2011. Pembicara adalah Sugianto, motivator dan penulis buku motivasi. Sugianto adalah perwakilan dari Rotary Club.

Materi motivasi yang dibawakan oleh Sugianto adalah berpikir positif. Bagaimana membangun sikap positif. Salah seorang Peserta seminar menanyakan tentang usaha yang sudah dilakukan dengan kerja keras misalnya berusaha mencari kerja namun tidak mendapatkan hasil lalu terjadi pikiran negarif.

Penanya lain menanyakan tentang sikap menghadapi seorang pencuri, sementara diri kita dianjurkan untuk menghapuskan kecemburuan, kebencian, kemarahan dan kecurigaan. Karena hal tersebut di atas adalah perusak kedamaian.

Kita biasa menghadapi sikap negatif dari orang lain, hal itu biasa namun dengan berpikir positif hal tersebut dapat diatasi, kata Sugianto.

Manusia memiliki penampilan terlihat atau visual hanya beberapa persen. Namun yang tersembunyi ada integritas, responsibility, self convidance, loyal pada tugas, kreatif, ihklas. Hal ini dimiliki oleh semua orang tanpa melihat latar belakang apakah ia cacat atau normal, kata Sugianto.

Untuk mewujudkan sikap positif atau membangun sebuah target dapat diperkuat dengan visualisasi dan afirmasi. Proses visualisasi. Atau memprogram diri kita. Hal ini dapat dilakukan saat kondisi rileks. Saat kondisi pikiran berada dalam kondisi gelombang Alfa.

Seminar ini berlangsung selama dua jam. Dari pukul 14.00 hingga 16.00. Peserta pelatihan terdiri dari pekerja, pengurus unit kegiatan.

Sugianto mengatakan bahwa pekerjaan tidak membutuhkan anda namun andalah yang membutuhkan pekerjaan. Kalau anda mencinta pekerjaan dapat mengespresikan dengan penuh perhatian. Untuk mengepresikan diri butuh pengakuan. Kalau mencintai pekerjaan, sesulit apapun bisa diatasi.

Dalam bekerja sesuai dengan prinsip bekerja adalah happines, expertise, totality, money. Sugianto menganjurkan berpikir positif terhadap lingkungan atau dunia di sekeliling kita. Tidak ada lingkungan yang buruk . Setiap lingkungan itu baik adanya. Cara pandang kitalah yang mempengaruhi baik atau buruknya lingkungan. Kalau anda negatif, akan sulit untuk mengembangkan diri dan orang lain serta lingkungan. Untuk mengatasi pikiran negatif dapat diatasi dengan teknik bersyukur. Kalau bersyukur pikiran bisa berubah. Kalau bersyukur secara spiritual mendekatkan diri dengan sang pencipta. Karena semua pengalaman yang ditemui berasal dari Tuhan. Pengalaman adalah untuk belajar dengan baik. Jadi kalau ada yang diberi tidak naik gaji juga adalah pengalaman.

Sikap mental memberi dimana mentalitas kelimpahan versus mentalitas kelangkaan. Kelangkaan berpikir bahwa segala sesuatu adalah langka dan berpikir harus berebut untuk mendapatkannya. Kalau kelimpahan berpikir bahwa segala sesuatu berlebih sehingga mudah mendapatkannya. Contoh berpikir mentalitas kelimpahan adalah sumur. Kalau sumur sering ditimba maka airnya terus keluar. Tapi kalau tak ditimba selama sekian lama maka airnya pun tak akan keluar. Memberi sama dengan menanam. Memberi dalam pekerjaan. Adalah memberikan nilai tambah bagi orang lain, berikan peningkatan hidup bagi orang lain, berikan manfaat bagi orang lain. Memberi harus rela, tulus ihklas tanpa pamrih.

Donor Darah

Dalam rangka pekan anniversary IPSM Barelang yang ke 13, panitia menyelenggarakan donor darah. Ada puluhan pekerja dari berbagai perusahaan yang ikut donor. Donor darah dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 15.00 pada hari Rabu 9 Maret 2011. Bertempat di Game Room Community Center Kawasan Industri Batamindo.

Saat donor dimulai, beberap calon pendonor dari karyawan PT Batamindo Investment Cakrawala terlihat antri sambil menunggu petugas dari PMI Cabang Batam. Beberapa pekerja yang ikut donor mengaku senang mengikuti kegiatan mini. Sedangkan pekerja yang baru pertama kali mengikuti acara ini mengatakan bahwa ternyata donor darah menyenangkan meski pada awal sebelum donor berlangsung sempat ada perasaan kurang nyaman saat melihat jarum suntik. Meski calon peserta donor darah ada banyak yang ingin ikut menyumbangkan darahnya, namun tidak semua bisa donor karena alasan kesehatan yang kurang fit, kurang istrahat.

Para pendonor selain mendapatkan suplemen makanan dan vitamin, mereka juga memperoleh bingkisan gelas cantik dari telkomsel. M. Rusli selaku panitia pelaksana mengatakan bahwa donor darah adalah rangkaian dari Pekan Anniversary IPSM 2011.
Acara donor berjalan dengan lancar. Sukses IPSM

CERTIFIED PROFESSIONAL HUMAN RESOURCES MANAGEMENT (CPHRM)

Program sertifikasi HRD berlangsung dari tanggal 9 – 11 Maret 2011. Peserta sebanyak 28 orang dari praktiswi HRD yang ada di Kepulauan Riau. Berlokasi di Wisma Batamindo Muka Kuning.

Modul : Materi Modul dari SHRM (Society of Human Resources Management) Asosiasi HR terbesar di dunia berpusat di Amerika yang diakui secara internasional
Exam : Materi Ujian dari HRCI (Human Resources Certification Institute) lembaga sertifikasi terbesar didunia berpusat di Amerika yang diakui secara internasional yang bertugas memberikan sertifikasi kepada peserta kursus dari SHRM atau lembaga-lembaga lain.

China setiap tahun melahirkan 2.000 CPHRM sehingga menjadi raksasa ekonomi dunia. Kegiatan ini juga penting dilakukan di Indonesia.
Dalam rangka berperan aktif dalam peningkatan SDM Indonesia, IPSM menyelenggarakan program Certified In Professional Human Resources (CPHR). Program ini didesain dengan memadukan kurikulum Society for Human Resources Management (SHRM), Human Resources Certification Institute (HRCI) Amerika dengan kurikulum lokal (konten lokal) sehingga lebih membumi dan praktis.

Harapan pengurus IPSM adalah agar alumni program ini mempunyai wawasan lokal dan internasional sehingga bisa mempraktekkan ilmunya di spektrum perusahaan yang luas, nasional maupun internasional. Tujuan program ini disusun untuk memberikan bekal yang sifatnya praktis dengan fokus kepada produktivitas, kualitas, efektifitas dan efisiensi.

Modul m engacu kepada SHRM & HRCI Program CPHR yaitu :
• Module 1: Strategic Management
• Module 2: Workforce Planning & Employment.
• Module 3: Human Resource Development
• Module 4: Total Rewards
• Module 5: Employee and Labor Relations
• Module 6: Risk Management

Exam : Materi Ujian dari HRCI (Human Resources Certification Institute) lembaga sertifikasi terbesar didunia berpusat di USA,dan diakui secara internasional.

Pengajar
Ir. BIMA HERMASTHO, MM., PhD.
Adalah Doktor “Strategic HRM & Total Quality Management” – UNDIP. Pendiri Indonesian Balanced Scorecard School dan Indonesian Six Sigma School. Pengalaman Profesional : HR & TPM Training Manager, Organization Development & Human Capital Director (PT. Teleperformance Indonesia , PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, PT. Coats Indonesia, PT. Polysindo Eka Perkasa. Konsultan dan Trainer, Lembaga Management – FE UI. Saat ini aktif di ASQ (American Society for Quality) & ISSP (International Six Sigma Society Professional Society). Certified Mediator on Alternative Dispute Resolution, Certified Balanced Scorecard Practitioner, dll. Bersama Tim HRM yang terdiri dari para praktisi HR di perusahaan.

Acara ini berlangsung sukses. Dari 28 peserta ada 3 peserta yang belum berhak mendapatkan sertifikat karena syarat yang belum lengkap saat ujian. Acara penyerahan sertifikat bagi peserta ditutup dengan resmi oleh Kadisnaker Kota Batam Rudi Sakyakirti saat malam syukuran pekan anniversary IPSM 2011 berlangsung. Acara sukuran dihadiri para praktisi HRD, Ketua Pembina IPSM Barelang DR. John Sulistiawan dan Pengurus IPSM. Acara malam syukuran juga ditandai dengan penyampaian testimony dari ketua IPSM Barelang periode sebelumnya. Dan sebagai bentuk syukur panitia melakukan pemotongan tumpeng.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: