Team Building Bea Cukai Batam

Sejalan dengan berubahnya status Pulau Batam menjadi daerah industri pada tahun 1971 berdasarkan Kepres  No. 74/1971, Bea dan Cukai berdiri di daerah Industri McDermott, Batu Ampar, tahun 1983 Pos Bea dan Cukai pindah ke Jalan Kuda Laut, Batu Ampar,  menempati gedung baru dua lantai dengan luas gedung 750 m2.

Tahun 1983 Kantor Inspeksi DJBC Tipe D Sambu Belakang Padang terbentuk,  wilayah kerja meliputi Pulau Sambu/Belakang Padang, Pulau Layang, pulau-pulau kecil di sekitarnya. Terpisah dari Kantor Inspeksi DJBC Tipe B2 Batam.Tahun 1991 Kantor Inspeksi DJBC Tipe B2 Batam berubah status menjadi Kantor Inspeksi Tipe A1 Batam dengan wilayah kerja meliputi Pulau Batam, Pulau Bulan, dan Pulau Natuna (Ranai).

Tahun 1994 Kantor Inspeksi DJBC Tipe D Sekupang terbentuk dengan wilayah kerja Terminal Ferry (domestik dan internasional) dan Pelabuhan Batu Sekupang.
Tahun 1998 Kantor Inspeksi DJBC Tipe D Sekupang dilikuidasi.
Tahun 2001 Kantor Inspeksi DJBC Tipe A1 Batam berubah menjadi kantor Pelayanan Bea dan Cukai (KPBC) Tipe A3 Batam dengan wilayah kerja meliputi Pulau Batam, Pulau Buluh, Pulau Bulan, Pulau Rempang, Galang dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Terbentuk juga KPBC Tipe C Ranai membawahi pulau-pulau kecil daerah Natuna (Rani).

Januari 2007 KPBC Tipe A2 Batam Muka Kuning dan KPBC Tipe A4 Tanjung Uban terbentuk.

Pada tanggal 20 Agustus 2007, KPBC  Tipe A3 Batam, KPBC Tipe A2 Batam Muka Kuning, dan KPBC Tipe A4 Tanjung Uban resmi dilebur menjadi Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam,  setingkat eselon II. Terpisah dari Kantor Wilayah Tanjung Balai Karimun.

Kini  pimpinan di  kantor  pelayanan  Bea Cukai  Tipe B  Batam   aktif melakukan program development  buat  staf.  Demi membentuk  staf  yang tangguh  pimpinan Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe B Batam   rutin memberikan  pelatihan  kepada seluruh staff. Pada hari sabtu  lalu tanggal 13 November 2010  bertempat  di Hotel Harris Resort  diselenggarakan   Team Building  untuk seluruh staf  dan Fun Day  buat keluarga  Staf Kantor Pelayanan Utama  Bea Cukai  Tipe B Batam.   Bertindak sebagai fasilitator  pelatihan adalah  konsultan dari PT Tunaskarya Indoswasta Batam.

Diawali dengan  upacara  pembukaan  yang dibawakan oleh   Kepala Bagian Umum Kantor Pelayanan  Utama Bea Cukai  Tipe B Batam  Indrajati Martini, S.Sos. Pembacaan Doa   oleh  Yoga  dari  tim  fasilitator PT Tunaskarya Indoswasta.  Indrajati  yang biasa dipanggin   Ibu In  mengatakan bawah  program team  building  dilaksanakan untuk mempererat  persaudraan  dan persatuan sesame  staf  di Kantor Pelayanana Bea Cukai Tipe B Batam.

Usai  pembacaan doa  diteruskan  senam  pemanasan. Materi  Team Building kali ini  menekankan pada  pembentukan tim, kepemimpinan, kreativitas, berpikir positif, komunikasi efektif, penempatan  staf  yang tepat pada  job yang tepat,  serta materi perubahan .

Tim dibagi menjadi enam kelompok. Peserta yang  ikut berjumlah 110 orang. Setiap kelompok terdiri atas  delapan belas orang. Pembentukan tim  bertujuan untuk mencairkan suasana.  Setiap kelompok  ditugaskan untuk   mencari  sepotong kertas  yang berisi nama anggota tim. Setiap kelompok  dalam satu ikatan tali rafia  wajib mengumpulkan  semua  anggota kelompok mereka  sebelum kembali ke  pos  utama. Kesulitan muncul saat    mengumpulkan  kertas  yang berisi anggota tim karena  kertas  yang ditulisi nama  disebar  di atas   lapangan . Butuh waktu   lima belas menit  untuk mengumpulkan semua anggota tim. Kesulitan  awal   sesama  anggota tim  ada yang belum saling kenal karena beda  Departement. Kekauan  tersebut  dapat  cair  berkat  kerjasama  yang  kompak.Usai  pembentukan  tim diteruskan dengan   latihan yel yel. Setiap kelompok  diwajibkan  membuat yel yel yang  mampu menaikkan spirit  anggota tim. Materi yel yel adalah salah satu cara  untuk  mengeluarkan hormon endofrin   yang ada dalam  diri peserta. Hormon  ini  dapat  mengeluarkan  perasaan senang, bahagia pada diri peserta.

Pukul 09.00   materi  tim building  dilaksanakan. Ada  enam Kelompok. Masing masing  kelompok   mengikuti materi   sebanyak enam jenis  games. Games  tersebut adalah  Trust  Fall. Materi ini bertujuan untuk menumbuhkan  keercayaan antar sesama  anggota tim.  Fasilitator  pelatihan  games ini adalah  Riko Jaya Saputra   yang didampingi  oleh  Supri.

Games  kedua adalah  Start Puzzle.  Pada  games  ini  materi  yang  dibahas adalah  komunikasi satu arah, komunikasi dua arah,  pesan berantai, persepsi. Peserta  memahamai materi komunikasi efektif  melalui  start puzzle. Pada tahapana games ini  ada sejumlah peserta  yang telat  menyelesaikan  tugas mendapat  punishment  berupa   balon yang dipecahkan  diatas  kepala peserta. Di dalam balon terdapat  tepung  sehingga  ketika  balon dipecahkan  tepung  berserakan di pundak peserta.  Meski ada punishment peserta  semakin  terpacu mengikuti rangkaian games. Usai games  ditutup dengan  penjelasan  atau  brainstorming  untuk  memperkuat  teori  yang berhubungan dengan  games yang dibawakan.

Games ketiga adalah  spider web.  Game  ini dipandu oleh Wenny Nur Annisa  dan  Aji. Peserta  yang mengikuti   games ini  diharuskan melewati rintangan berupa  jaring  laba-laba. Setiap  pesera  wajib melewati satu lubang. Ketika salah satu peserta  menyentuh  tali maka gagal secara tim. Pesan moral dari game ini adalah Pentingnya menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat. The right man on the right place.

Games keempat  adalah  dart game. Dipandu oleh Risma dan Aan Pandelan. Setiap peserta  mendapat peran melempar anak panah pada papan dart pada jarak dua meter, tiga meter dan empat meter. Peserta yang gagal di salah satu  papan dart mendapat punishment berupa meniup balon hingga pecah. Pada game ini terlihat adanya  sikap positif  saat mendapat tugas  meniup balon, namun setelah balon pecah  sikap negatif  seketika hilang. Risma  memperkuat game ini dengan  materi  berpikir positif. Risma memberi gambaran  kisah  kekuatan  nasi yang didoakan secara teratur dan nasi tersebut  bertahan lama dibanding nasi yang tidak didoakan  hasilnya  nasi yang tidak didoakan cepat  basi.

Game  ke lima adalah Maze. Peserta dipandu oleh  Gloria dan Dudi. Peda game ini peserta diarahkan untuk memahami  proses berpikir  kreatif. Posan moral yang  diangkat dalam game ini adalah  pentingnya  berpikir secara out of box.

Games bridge adalah   materi ke enam. Dipandu oleh Wallid dan Isa. Setiap peserta  melewati ejumlah rintangan.  Di akhir  materi peserta  melewati titian  jembatan yang terbuat dari  tali  tambang. Pada  game ini  peserta yang melintasi jembatan tambang  mendapat  bantuan  keseimbangan dari  rekan tim yang berada di sebalah kanan dan kiri peserta. Pesan  moral dari game ini adalah  pentingnya  perubahan. Bahwasanya  yang  abadi dalam hidup ini hanya Tuhan. Selebihnya mengalami perubahan. Karena itu peserta diajak untuk selalu  adaptif  terhadap perkembangan  jaman, teknologi, sistem dan  fleksibel terhadap tuntutan  pasar.

Usai Assesment general yang dibawakan  Wenny   Nur Annisa  peserta   mengikuti   sesi  yang paling menarik berupa  penarikan door prize  yang  terdiri dari  aneka  ragam perlengkapan  elektronik  hingga sepeda gunung.

Pada  kegiatan  out bound kali ini,  keluagra  peserta juga  mengikuti sesi  fun day   berupa  lomba mewarnai  untuk  anak  .  Event  Fun day  dikoordinir  oloeh  Eva Rosida. Eva  juga memberikan  game  tambahan untuk  keluarga. Yaitu game  bar tender. Pada sesi Fun  keluarga   peserta dimanjakan dengan fasilitas  renang. Usai  acara outbound  sejumlah  satf   Bea Cukai  menyempatkan  bermain  Flying Fox   hingga jemputan bus  datang. Kegiatan  outbound training  ditutup secara resmi pada pukul 17.30.  sampai jumpa di  program outbound  angkatan ke – II   di tahun 2010. Bea Cukai ,  Luara Biasa…..demikian yel yel penyemangat  Staf  Bea Cukai selama  outbound  berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: