Outbound Training Angkatan ke IX Blok O

Bertempat di Pulau Aur Bali sebanyak empat puluh karyawan  yang tinggal di dormitory Blok O  yang berada di bawah  naungan Department  Outsourching  PT Tunaskarya Indoswasta  mengikuti acara outbound training angkatan ke IX.  Tema outbund kali ini menekankan pada  pembentukan  karakter. Lokasi  outbound adalah Pulau Aur Bali  dekat Jembatan 1 Barelang. Peserta  bekerja di  berbagai perusahaan seperti PT Ciba Vision, PT Shinetsu. PT Flextronic.

 

Tiba di Pulau Aur Bali pada pukul 16.30.  Sebelumnya harus menyebrangi  laut  dengan perahu pong pong. Setelah seluruh peserta,  panitia serta fasilitator  tiba di  pulau  diteruskan dengan pembentukan  tim yang dipandu oleh Gloria dan Koko.

Materi  teroi  dilaksanakan pada pukul 20.00 bertempat di  aula yang dapat menampung lima puluh orang. Di tengah tengah hujan  yang turun. Peserta  outbound  tetap bersemangat mengikuti  rangkaian  pelatihan. Meski atap  gedung serba guna bocor  sehingga  membuat  terpal  basah,  peserta  tidak cengeng. Fasilitator  dapat menghidupkan  suasana dengan  aoudi visual  serta  games  yang menarik. Peserta  pelatihanaktif mengikuti  diskusi kelompok.

Materi  berikutnya usai Wallid membawakan  secara  general tentang pembentukan   karakter, diteruskan dengan materi  Proaktif  yang dibawakan  oleh M. Rusli. Materi proaktif  dimulai dengan permainan  puzzle  proaktif. Lalu diteruskan dengan penjelasan  teori  tentang  proaktif.

Pukul 24.00  seluruh peserta  mengikuti  acara solo camp  yang ditempatkan di  tengah hutan  dan  bibir pantai pulau Aur Bali.  Solo camp hanya berlangsung  selama  satu jam. Pukul 01.00 peserta  lalu dikumpulkan dekat api unggun  yang telah disiapkan panitia. Peserta diminta untuk mengutaran  pengalaman batin yang mereka peroleh. Acara  ini  diperkaya dengan malam bina akrab antara  fasilitator dan peserta.

Hari Minggu 7 November 2010 peserta  berkumpul  untuk mengikuti acara  senam pagi. Meski  mata masih ngatuk  lantaran  kurang tidur  karena  hujan deras membuat  sejumlah tenda  tak layak ditempati sehingga peserta dan panitia terpaksa  beristrahat  seadanya di gedung serba guna.  Senam  dikoordinir oleh Wallid. Pukul 08.00  sarapan pagi dengan  lontong  sayur.  Fasilitator  dan  peserta  merasa  seperti  baru dicharge lagi usai   sarapan  pagi. Tim konsumsi  terdiri dari Gita dan Yuni  secara  teratur menyiapkan  kopi hangat dan bandrek kepada peserta dan panitia.

Hari kedua outbound    fasilitatior  sempat  was was  terhadap  fisik  peserta. Apakah  peserta  kuat mengikuti acara  hingga selesai lantaran  materi yang diberikan banyak melibatkan  fisik  dan  pikiran. Materi hari kedua adalah spider web, papan keseimbangan,  Communication  games.  Ternyata  peserta  menikmati acara dari awal hingga selesai. Yel yel tiada henti untuk menambah semangat tim.

Supri selaku Koordinator  outbound mengatakan bahwa  secara keseluruhan  materi yang dibawakan  dapat  menambah  wawasan bari bagi  peserta. Ada perubahan  pola sikap. Hal ini didasarkan pada  form evaluasi  yang telah direkap oleh Supri.  Sukseslah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: