Latihan Kepemimpinan Pengurus OSIS SMA 11 Pulau Buluh

Siswa  calon pengurus OSIS SMA 11  Pulau Buluh mendapat pembekalan  mengenai kepemimpinan sebelum menjadi pengurus  OSIS. Kepala Sekolah dan Guru SMA 11  menggandeng  Konsultan  Community Development  PT Tunaskarya Indoswasta  saat memberikan pemberikan pembekalan terhadap siswa. Pembekalan dilakukan  selama  tiga hari.

Konsultan dari PT Tunaskarya Indoswasta yang diturunkan ada dua orang  yakni  Wallid   dan Aan Pandelan. Mereka  membawakan materi  Pembentukan Karakter  dan  Basic Leadership.  Berlangsung pada  Senin tanggal 18 Oktober 2010.

Karakter bisa digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya dimana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri.Karakter seperti: pemarah, sabar, ceria, pemaaf. Setiap manusia pasti mempunyai karakter yang berbeda.Manusia sebagai makhluk individu-sosialis mempunyai karakter sosial yang kuat berbeda dengan makhluk-makhluk hidup lainnya.Karakter Bisa disebut juga (Karakteristik), ataupun dalam bahasa inggris (charateristic).Untuk menunjukan ekstitensi dirinya manusia pasti mempunyai ciri khas karakter sendiri-sendiri.

Wallid  mengawali materinya dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya, diteruskan  game  membuat origami berbentuk  angsa. Usai membuat  origami angsa, lalu dijelaskan   filosofi  angsa yang   terbang dengan formasi V. Wallid  mengatakan bahwa  formula  burung  yang terbang dengan  bentuk V  adalah  sebuah model  sinergi  yang  sangat dahsiat. Kenapa ? karena  angsa  yang terbang dengan formula V  sesunggunhya efesiensi seluruh group akan naik sebesar 71% dibandingkan dengan terbang sendiri.

Aan Pandelan melanjutkan materi  kepemimpinan. Ia menjelaskan  pengertian kepemimpinan, keterampilan yang dibutuhkan  seorang pemimpin, hingga  kepemimpinan situasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: