Berubah Ala Burung Elang

IPSM (Ikatan Praktisi Sumber Daya Manusia)  Barelang  pada hari Sabtu  25 September 2010  melaksanakan seminar  dan pelantikan Pengurus IPSM Periode 2010 – 2013. Tema seminar adalah Unleash Your Power Within Using NLP. Pembicara  adalah  Mindset Motivator Krishnamurti.

Pengurus IPSM  dilantik oleh  Ketua Pembina IPSM Barelang  yakni Dr. John Sulistiawan.  Dalam  kata sambutannya  John  memberikan  motivasi  kepada seluruh pengurus IPSM. John mengisahkan   kehebatan  Burung Elang

Burung elang adalah kisah perubahan yang menarik untuk dijadikan contoh. Ketika anak burung elang lahir, sang induk elang mempersipkan  rumah (sarang burung) untuk berlindung. Sang anak diberi makan  dan perlindungan.  Ketika anak burung elang  beranjak remaja, sang ibu  mengajari sang anak elang untuk mengepakkan sayapnya. Induk elang  mengamati perkembangan  sang anak. Ketika waktunya tiba sang induk lalu mengajak sang elang remaja  ikut terbang tinggi lalu melepaskan  dari atas ketinggian. Mau tidak mau sang anak elang belajar terbang. Ketika sang elang remaja dilepas  sang induk membiarkan sang elang remaja  terbang sendiri meski dengan  susah payah dan hamir jatuh. Saat  sang elang remaja  tidak bisa  menguasai diri, lalu   ibu elang  mendekat lalu  terbang dengan posisi  di bawah  elang remaja. Anak elang  lalu diantar kembali ke sarang.

Sampai  saatnya  ketika  elang remaja sudah bisa terbang sendiri,  induk dan anak kembali ke  sarang. Namun sang elang remaja masih  suka  berdiam di sarang sambil menunggu kiriman makanan dari  induknya (Comfort Zone). Mengetahui hal tersebut, induk elang lalu mengusir  sang anak . Lantaran elang remaja tak mau meninggalkan sarang yang dibuat induknya, maka sang induk mengambil langkah  ekstrim yakni merusak  sarang  burung  yang ia buat sendiri. Induk elang sudah tahu kalau sang anak sebetulnya mampu terbang

Dengan demikian sang elang  remaja   mau tidak mau belajar hidup sendiri dan  mandiri. Anak elang  survive  tanpa tergantung  dengan sang induk. Induk elang berhasil  dalam melatih anak elang  menjadi tangguh, mencari makan sendiri, terbang tinggi dan bisa menghadapi lawan

Tatanan dunia industri masa mendatang makin berat,  kompetisi di pasar global, diperlukan harga dan  kualitas kompetitif. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan pasti berubah sebagai bagian daridunia bisnis, kata John.

John  memotivasi  pengurus IPSM agar  membuat  tantangan  yang dapat  membawa IPSM  tidak hanya dikenal di Kepri tapi juga  di kenal seluruh Indonesia.

Dikatan oleh John bahwa  sejak Batam dirintis  oleh para pemimpin  seperti Ir. Sokarno, ada  tugas dibebankan kepada Lemhanas. Saat itu ada  delapan tugas yang  dikenal dengan istilah Astagatra  untuk mengatasi masalah bangsa.yakni: Geografi, Demografi,  Sumber Kekayaan Alam, Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya  dan Pertahanan Negara. Dari kedelapan astagatra  tersebut yang  yang mendapat  penekanan  adalah  masalah demografi. Di negara lain yang paling mendapat  perhatian  adalah masalah persaingan SDM. Negara yang sangat  kaya sumber daya alam  namun tidak memiliki sumber daya  manusia  akan dikuasa  oleh negera lain.

Contoh yang  menarik adalah masalah   gas di negeri Ini . lantaran SDM lokal kalah  dari negara lain dalam penanganan  gas maka  gas  yang melimpah tersebut justru dikuasai oleh negara lain.

Masalah lain adalah sulitnya  mencari  enginer  dari dalam negeri, kalaupun ada  sudah di ijon  oleh negara lain.  Kini ribuan sarjana hasil  didikan  BJ Habibie  sudah banyak  yang diambil oleh negara lain.

IPSM sejak dua belas tahun  hingga  sekarang telah dipimpin   oleh enam orang ketua. Indra Nirmala adalah ketua umum yang ke enam. Di bawah kepemimpinan  Indra Nirmala   struktur  organisasi  dibuat ramping   agar dapat menjadi bisnis partner para pengusaha  .

Usai  sambutan  oleh  ketua Umum IPSM dan  ketua pembina  John Sulistiawan dilanjutkan  dengan  seminar  yang dibawakan oleh  Krishnamurti. Krishnamurti adalah  seorang mindset  motivator.

Kegiatan ini berlangsung  dari pukul 09.00  dan berakhir pada pukul 14.00 bertempat di Hotel Harmoni One Batam Center. Selama seminar berlangsung  Krihsnamurti  banyak mengajarkan kepada  peserta seminar  cara sederhana  berpikir positif  dan menggunakan kekuatan energi positif.  Krishnamurti  mampu  membawakan  materi dengan menarik, serius  namun santai.

1 Komentar (+add yours?)

  1. dwidjo saptono
    Nov 20, 2010 @ 02:00:32

    HRD jangan menyerah, raih terus kesejahteraan, meski kita sebagai HRD sendiri belum tentu sudah hidup layak terutama yg di PT-PT kecil, HRD hanya simbol n pelengkap saja, maju terus IPSM…….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: