Bursa Kerja 2010 Kota Batam

Bursa kerja tahun 2010 tingkat kota Batam telah sukses dilakukan pada awal Agustus 2010 lalu. Bertempat  di  Gedung Sumatra Expo. Ada puluhan perusahaan  yang terlibat di ajang  bursa kerja ini. Panitia pelaksana   juga menyelenggarakan   seminar. Berlangsung dari tanggal 3  dan berakhir pada tanggal 5 Agustus 2010.

Seminar dilakukan pada tanggal 4 dan 5 Agustus 2010. Tema seminar  yang dibawakan adalah bagaimana menghadapi  psikotest dan wawancara kerja  dibawakan oleh psikolog Wenny Nur Anisa  dan  hari terakhir  seminar  bertema  Change Paradigm dibawakan oleh M. Rusli.

Tanggal 3 s/d 5 Agustus 2010   lalu adalah  tanggal  yang  dinanti nantikan pencaker  se Kota Batam. Pada saat tersebut  ratusan lowongan kerja disiapkan buat pencaker yang ada di  Batam.

Bursa kerja  berlangsung  selama tiga   hari. Berdasarkan data, ada 7000 pengunjung selama  penyelenggaraan Bursa Kerja Batam tersebut. Selama tiga hari  7000 pencari kerja datang meramaiakan bursa kerja  yang dilangsungkan di Gedung Sumatera Convention Center.

Pelaksanaan bursa kerja  pada tahun  sebelumnya  selalu diadakan dalam konsep  out door. Beberapa tahun lalu  bursa kerja selalu diselenggarakan di gedung Politeknik Batam.  Tahun ini  adalah pertama kalinya Bursa Kerja diadakan pada  konsep ruangan tertutup atau in door. Dimana  setiap pengunjung  wajib  membayar biaya pendaftaran untuk  tiket masuk  dan mendapatkan  koran lokal.  Minat  perusahaan  mengikuti acara ini  masih  tinggi. Ada dari 58 stand  terisi. Diantaranya  adalah  Stand dari PT Tunaskarya Indoswasta.

Secara umum permasalahan utama dalam penanggulangan masalah pengangguran adalah seringkali terjadi bahwa lapangan kerja yang tersedia ternyata tidak sesuai dengan jumlah pencari kerja, juga SDM yang tersedia kurang  atau  tidak siap kerja, sehingga tidak dapat memenuhi kriteria pekerjaan yang dibutuhkan oleh pengguna tenaga kerja.

Untuk mengatasi pengangguran maka dilaksanakanlah kegiatan Bursa Kerja yang  merupakan pusat informasi pasar kerja, menjembatani atau mempertemukan para pencari kerja dari berbagai tingkat kelulusan dengan para perusahaan (swasta) secara langsung dan dapat saling menguntungkan baik bagi para pencari kerja maupun bagi pengguna tenaga kerja (pengusaha).

Selain Bursa Kerja  yang rutin dikunjungi pencaker  sekali setahun, di Kawasan Industri Batamindo  sendiri ada  Community Center  yang menjadi  pusat  informasi  penerimaan tenaga kerja  di  Kawasan Industri Batamindo. Setiap hari  kecuali hari libur  tempat ini selalu  dikunjungi ratusan pencaker. Community Center telah menjadi media  informasi tenagakerja  yang sangat dikenal bagi  pencaker  di Kota Batam selain kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Batam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: