FUN DAY

Pekerja di Kawasan Industri Batamindo (KIB) dikenal sebagai pekerja yang memeiliki etos yang tinggi, pekerja  yang memeiliki displin dan  terkanal  di mata  expatriat sebagai pekerja yang  teliti dan  rajin. Sebagai pekerja yang berdomisili di lingkungan  Industri terbesar di Pulau Sumatra ini  wajar  bila mendapat  perhatian dari  Pengelola Kawasan Industri Batamindo.  Saat itu  18 July 2010  empat ratus warga dormitory  yang  juga aktivis di KIB  mendapat bonus berupa  FUN DAY. Kegiatan ini diikuti empat ratus  perwakilan  dari RT/RW dan Unit kegiatan  yang ada di KIB.

Acara ini  dilakukan di Pantai Mirota. Dibuka  secara sederhana  oleh Ketua CSR PT BIC Andi Mapisangka. Dalam sambutannya Andi mengatakan bahwa  program  outing  ini adalah  program tahunan dari pengelola Kawasan. Agar  pekerja  dapat menemukan kesegaran  setelah bosan bekerja di  perusahaan masing masing.

Keseimbanagn  adalah penting. Fun Day atau Outing adalah  sarana yang efektif untuk memulihkan kesegaran  pikiran   pekerja. Kegiatan Fun Day yang dikenas  dalam format  santai  dan  menyenangkan membuat  peserta  Fun Day  bersemangat mengikuti rangkaian acara. Pada kesempatan  ini panitia pelaksanana  juga mengharapkan adanya  bina akrab sesama peserta yang berasal dari   organisasi  dan  perusahaan  berbeda.

Permainan  tarik tambang adalah game yang paling meriah. Lomba  Tarik tambang  antara  RW   dan pengurus Unit Kegiatan   menjadi tontonan yang  melibatkan peserta. Adu kuat Tarik menarik tambang  ini  diikuti  perwakilan  tidak hanya peserta pria tapi juga wanita.

Game  kedua adalah  perang balon. Masing masing tim  yang terdiri dari sepulu orang  dibekali balon  yang sudah ditiup sebanyak sepuluh balon. Masing masing   tim  wajib melindungi balon yang dimiliki  dan  dalam  formasi terikat tali masing masing  tim  diwajibkan untuk menghancurkan  balon milik  group lain.

Fun Day  menjadi sebuah  kegiatan tidak hanya melepaskan   perasaan bosan pekerja  setelah jenuh dengan rutinas pekerjaan yang menyiksa. Fun day  sengaja dikemas dengan konsep  yang  santai  dengan harapan  peserta  bisa merasakan  ketrenangan berpikir dan  fisik kembali  fresh. Fun day sengaja dicreate untuk  memberikan  relaksasi terhadap peserta.  Kegiatan relaksasi  penting bagi pikiran. Dalam  pelatihan  hipnosys  sering  peserta  dikondisikan  untuk rileks. Dengan pikiran rileks, badan  jadi  segar. Yang pada akhirnya bisa  membawa   ke kondisi yang lebih bermanfaat  yakni hati ihklas.

Iklan

1 Komentar (+add yours?)

  1. Wiwiek Hendrawati,SKM
    Agu 19, 2010 @ 07:04:57

    Trim’s sudah memberi ide dan motivasi membangun semangat dalam kejenuhan bekerja. Tetapi, apakah efektifitas dari hasil kegiatan yang notabene menguras dana mengambil dari omzet penjualan dapat diukur keefektifitasannya? Apakah sebelum diadakan aktifitas Fun Day, para peserta diberi pengertian bahwa kegiatan ini adalah semacam motivasi diri untuk lebih bersemangat dalam beraktifitas dan berproduksi sehingga dapat dikaji dalam bentuk grafik peningkatan omzet? Beban moral….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: