Change Paradigm di SMA 11 Pulau Buluh

Setelah sukses melaksanakan  bakti sosial berupa pelatihan  membuat CV dan Wawancara Kerja,  pengeloloa  SMA 11 Pulau Buluh berminat dengan program  yang dilakukan Oleh Tim CDD PT Tunaskarya Indoswasta. Diantaranya adaalah  program outbound. Pada saat  program  orientasi  siswa baru penerimaan  siswa  tahun ajaran 2010  Tim CDD  dikerahkan untuk membantu pihak sekolah  memberikan  gemblengan  motivasi.

Tim  trainer dari CDD dan OSD  PT Tunaskarya  Indoswasta yang terdiri dari  Eva, Wallid, Aan, Aji, Supri, dan Andre  berangkat ke SMA 11 Pulau Buluh  pada  tanggal 17 July 2010. Sebelum  turun  ke Pulau Buluh tim ini dibekali  materi  oleh Kadep CDD.  Tim Trainer bekerja secara tim. Masing masing  membawakan satu  game dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Eva Rosida sebagai kepala  rombongan  selalu  setia  memperhatikan  perlengkapan pelatihan hingga perlengkapan yang  paling  kecil,  detail sekali. Ada  tali,  balon,  tambang,  botol,  gelang,  penutup mata.  Perlengkapan yang dibawa  terasa  memenuhi  mobil  Van  yang dikendarai saat trainer  menuju  Dermaga Sagulung.

Langit cerah,  ombak  kecil,  perlahan dan pasti  Tim  Trainer  menyebrang ke Pulau Buluh  dengan menggunakan  kapal kayu milik Kecamatan. Dibanding  pada  program sebelumnya saat  baksos ,  penyebrangkan saat itu  menuju  Pulau Buluh  dilalui dengan sedikit  berdebar karena  perahu  kecil,  begitu ada ombak meski ombak  kecil membuat perahu terguncang sehingga badan ikut  terguncang. Namun kali ini  tempat duduk cukup lapang,  perahu juga tidak terasa sesak meski membawa banyak  perlengkapan game.

Diawali dengan  pengarahan  dari pihak sekolah  di halaman  SMA 11 Pulau Buluh, sebanyak 70 – an  siswa baru  berdiri  tegap  mendengarkan pengarahan.  Eva Rosida selaku Kasie CDD  pada kesempatan kedua  meminta seluruh  siswa  baru  yang  mengikuti  orientasi  dapat  bekerja sama dengan  tim trainer  dari PT Tunaskarya  Indoswasta.

Ada sejumlah  game yang diberikan buat  siswa  baru. Game tersebut adalah  Spider Web, Target  Game,  Kreativity Game, Survive Game,  Change Game.  Benang merah materi yang ditugaskan kepada  Tim Trainer  adalah tentang pentingnya  Perubahan  dan bahaya  comfort zone.

Pihak  guru mengakui bahwa  siswa siswi  di SMA 11 Pulau Buluh  berasal dari  pulau pulau  di sekitar Pulau Buluh  yang jaraknya  tidak dekat. Untuk  mengajak mereka  bersekolah tidak mudah. Harus ada pengorbanan  untuk  tinggal diasrama dekat sekolah agar bisa lancar mengikuti proses belajar dan mengajar. Dulu saat siswa  mengandalkan  perahu  sebagai kendaraan  dari rumah  ke  sekolah  ternyata  beresiko  terhadap tingkat kehadiran. Dulu  anak  nelayan yang  melanjutkan sekolah  pada saat saat tertentu  lebih memilih menangkap  ikan membantu orang tuanya  dibanding  berangkat ke sekolah. Karena itulah  pihak sekolah merasa sangat  bersyukur karena sejak  siswa  tinggal di asrama  mereka  jadi semangat untuk   belajar. Tingkat kelulusan pun semakin  meningkat.

Meski demikian pihak pengelola sekolah  masih  ingin  anak anak pulau  merubah cara pandang  terhadap pendidikaan. Kepala Sekolah SMA 11 Pulau Buluh  mengharapkan agar  anak anak yang bersekolah di tempat  ini  tidah hanya puas  menyelesaikan pendidikan sampai di level SMA saja.  Pihak sekolah mengharap  anak didik  dapat meneruskan  jenjang  pendidikan hingga bangku kuliah dan menjadi sarjana.

Berdasarkan kondisi tersebut  pihak pengelola sekolah  meminta bantuan Tim  Trainer dari PT  Tunaskarya  Indoswasta untuk memberikan pembekalan  mengenai pentingnya  perubahan. Tema ini  lalu diterjemahkan ke dalam  bentuk  Game Perubahan. Amazing,   siswa baru  enjoy dengan  permainan  Change  yang diberikan.    Perhatian dan semangat  siswa  baru  sejak awal hingga akhir  tetap  terjaga. Trainer  tak bosan dan terus menerus menyemangati  anak  baru dengan  yel yel.  Pesan utama yang disampaikan oleh  Tim trainer tentang  pentingnya  berubah dan  bahaya  Comfort  Zone  tampaknya   berhasil  dipetik  oleh  para siswa   baru. Semoga ke depan mereka menjadi  pemimpin dan pemikir  handal , menjadi generasi   yang  selalu  bersemangat  menghadapi perubahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: