AFLA Sebentar Lagi

IPSM (Ikatan Praktisi Sumber Daya Manusia) Barelang sukses melaksanakan Musyawarah besar dan Seminar pada tanggal 4 July 2010 lalu. Bertempat di Wisma Batamindo. Mubes ini dibuka secara resmi oleh Zulhendri Kepala Badan Kesbangpol mewakili Walikota Batam. John Sulistiawan GM Corporate PT BIC yang sekaligus pembina IPSM memberikan sambutan.

Kini keunggulan kompetitif tidak lagi ditentukan oleh aspek tradisional seperti financial, sumber daya alam, karen hal hal it mudah ditiru. Mudah disaingi. Sebanyak apapun modal yang dimiliki bila tidak didukung sumber daya manusia sulit untuk tetap dapat berdiri. Hal itu disampaikan oleh John Sulistiawan.

Dikatakan bahwa Batam kalau tak memiliki Sumber Daya Manusia kompeten dan etikat yang baik membangun bangsa akan mudah dikalahkan. Berapa banyak perusahaan di Batam yang akhirya pindah ke China, Singapura, Thailand karena tidak mendapat jaminan untuk beroperasi di sini, kata John.

Delapan tahun lalu Kawasan Industri Batamindo memiliki 85.000 tenaga kerja dan 95 PMA. Tapi karena kebebsan yang begitu besar, apa yang terjadi di kemudian hari, kini tinggal 70 PMA dan 55 ribu tenaga kerja. Ada banyak tenaga kerja yang akhirnya pulang kampung . Sedangkan PMA ada yang pindah ke Johor Baru Malaysia. Padahal tenaga kerja di Malaysia juga diisi orang Indonesia.

Kalau tak ada perubahan, investor akan terus cabut. Pihak Otorita Batam boleh saja membuat Statment bahwa di Batam masih ada investor yang masuk Namun kenyataan di lapangan , Batamindo telah merubuhkan lebih seribu unit dormitory. Membangun sesuatu butuh waktu lama. Kegiatan meniru mudah namun mempertahankan adalah yang tersulit. Lanjut John.

Lebih jauh John menceritakan tentang bos Microsoft , Bill Gates. John mengatakan bahwa Bill Gates menciptakan Microsoft pada tahun 1975. Sejak berdiri telah banyak terosbosan atau perubahan yang dilakukan oleh Bill Gates seperti Window 7 atau Window 8 yang di integrasikan ke smart phone. Selama 35 tahun Bill Gates tidak tinggal diam, dia selalu membuat perubahan atau up date setiap dua tahun. Bill Gates membuat perubahan agar dapat bertahan.

John juga menyinggung tentang penerapan AFLA yang tidak lama lagi. Tinggal dua tahun . Pada tahun 2012 nanti, saat AFLA berlaku semua tenaga kerja di Asia bisa bekerja di Indonesia. Jangan salahkan siapa pun ketika AFLA Berlaku . Jangan salahkan kalau suatu saat suami anda , anak anda, dikalahkan orang Malaysia dalam memperebutkan tenaga kerja di Negeri ini. Masalahnya sekarang adalah kemauan untuk belajar atau tidak. Karena Penerapan AFLA adalah merupakan kesepakatan pemimpin negara di Asia.

Musyawarah besar IPSM kali ini diikuti seratus peraktisi HRD yang ada di Kepri. Ketua pelaksana adalah M. Rusli. Agenda utama selama Mubes dan Seminar Hipnosis For HRD adalah rapat komisi, pembacaan laporan pertanggungjawaban ketua IPSM periode 2007 – 2009 oleh Anita gultom. Lalu diteruskan dengan penyampaian visi dan misi oleh calon ketua umum IPSM periode 2010 – 2013. Mereka adalah Indra Nirmala Hediaprawira, MM, CSPHR, CBA (HR Manager PT Batamindi Investment Cakrawala) lahir di Bandung 7 September 1969. Meraih S2 program Magister Management dari Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 2008. Calon ke dua adalah Yati Laila, SH (HR Manager PT Flextronics Technology Indonesia ). Pendidikan terakhir Sarjana Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang. Calon ketiga adalah Baru Rohim, SE (HR Manager PT Sanipak Indonesia) S1 dari STT/STIE Bentara Persada Batam.

Visi dan misi Indra Nirmala adalah menjadikan IPSM sebagai strategi bisnis partner untuk industri. Yati Laila ingin menjadikan IPSM sebagai organisasi yang bermanfaat khususnya bagi HRD se Kepri dan Baru Rohim menjadikan IPSM sebagai organisasi yang disegani dan profesional.

Ketua terpilih adalah Indra Nirmala mengantongi suara sebanyak 45. Urutan kedua adalah Baru Rohim memperoleh 31 suara dan Yati Laila memperoleh 4 Suara.

Usai pemilihan ketua umum IPSM dilanjutkan dengan seminar Hipnosys For HRD. Kegiatan ini berakhir pada pukul 15.00. Kadisnaker Kota Batam Rudi Sakyakirti secara resmi menutup rangkaian Mubes IPSM pada pukul 15.00.

1 Komentar (+add yours?)

  1. said syukri alattas
    Nov 01, 2011 @ 17:24:52

    bagus blognya, link sama nawarin rumah/ruko, dan gimana kalau mau nawarin di perusahaan2 di batamindo Pak. ma kasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: