Baksos di Pulau Panjang

Majelis Taklim Himaska pada bulan Juni melaksanakan kegiatan bakti sosial di Pulau Panjang. Ada seratusan peserta yang mengikuti acara ini. Kegiatan bakti sosial dirangkai dengan kegiatan outbound. Menarik juga. Baksos bisa dibarengi kegiatan outbound. Lho kok bisa ya. Bisa saja toh. Wong peserta yang mayoritas buruh juga butuh hiburan yang berbau edukasi. Jadilah program baksos campur outbound dilakukan di Pulau Panjang.

Pekerja yang didera jam kerja yang panjang selama ini dapat mengatasi rasa bosan mereka secara isntant yaitu main ke mall. Namun keseringan main ke mall juga membuat pekerja cepat bosan. So, kegiatan baksos di Pulau panjang menjadi pilihan yang diminati banyak orang.

Bakssos campur outbond seperti apa ya suasananaya. Tentunya sensasi peserta mulai dimanjakan dengan kesan petualanagan ketika menaiki perahu di Dermaga Galang. Dari dermaga ini perjalanan diteruskan dengan kapal kayu menyebrang ke Pulau Panjang. Jarank tempuh kurang lebih satu jam. Arus yang kuat menjadi penghalang laju perahu menuju Pulau Pajang. Pemandangan pulau dan ombak menjadi hiburan, dan sasaran bidikan kamera.

Begitu peserta tiba di Pelantar Pulau Panang. Ada sambutan istimewa dari tuan rumah. Tim kompang Pulau Panjang dengan pakaian melayu berdiri rapi di mulut pelantar. Begitu rombongan kapal pertama merapat secara spontan kompang dimainkan oleh gadis gadis Pulau Panjang. Sambutan warga lokal terhadap rombongan sangat istimewa, seolah pejabat tinggi yang datang berkunjung ke pulau terpencil. Surprise mendapat sambutan kompang.

Acara baksos dipusatkan di sebuah masjid yang dapat menampung dua ratus jamaah. Di masjid kegiatan baksos diawali dengan sambutan-sambutan. Lalu diteruskan dengan pemberian bantuan secara simbolis oleh panitia kepada tokoh agama pulau Panjang. Panitia baksos menyerahkan alquran, sejadah dan pakaian. Usai penyerahana bantuan secara simbolis diteruskan dengan ceramah agama.

Kegiatan baksos ternyata bisa dipadukan dengan oubound training. Usai ceramah agama dan istrahat, sholat dan makan diteruskan acara outbound. Bertindak sebagai instruktur adalah Aji dari Majelis Taklim Blok O. Aji menyampaikan berbagai game yang mengandung unsur pendidikan seperti kreativitas, kepemimpinan, dan komunikasi.

Kegiatan baksos adalah salah kegiatan yang selalu dinanati oleh warga di KIB. Minat peserta mengikuti acara ini memang tinggi karena acaranya dikemas dalam konsep ibadah , edukasi dan petualangan.

2 Komentar (+add yours?)

  1. hamdan
    Jan 27, 2011 @ 10:39:54

    ayooo, masukin juga keindahan batuan-batuan yang ada di pulau bentang, tepatnya di ujung pulau panjang , mirip pulau di bali. dan kaya akan ikan karang

    Balas

  2. hamdan
    Jan 27, 2011 @ 10:41:37

    jangan lupa ya…. hamdan al-qarasi, mahasiswa stai MU tpi,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: