Pelatihan LKS Bipartit PT Fluid Sciences dan PT Uwatec

Dua perusahaan  asing  yang berlokasi di Kawasan Industri Batamindo  baru baru ini mengadakan  pelatihan LKS (Lembaga kerja Sama) Bipartit  untuk pengurus baru. Pelatihan  di PT Fluid Sciences  dilaksanakan pada  Bulan Maret 2010,   pada tanggal  29 Maret 2010. Sedangkan pelatihan yang sama di PT Uwatec berlangsung pada tanggal 17 April 2010.

Pada umumnya  peserta  pelatihan LKS Bipartit  yang mengikuti  training  memiliki stigma  yang keliru terhadap LKS Bipartit. Anggota LKS  Bipartit  punya  opini yang beragam  diantaranya  adalah  LKS Bipartit  adalah sebuah sarana untuk  menyalurkan aspirasi pekerja. Sebagai wadah menampung  masalah karyawan. Sebagai sarana untuk menuntut. Masih banyak  pekerja yang  berasumsi bahwa LKS Bipartit  adalah sarana  untuk menuntut ke manajemen.

Kenapa  hal tersebut muncul? Kenapa anggapan pekerja terhadap LKS Bipartit  jauh dari  Peraturan Menteri?  Penulis mendapat  masukan dari peserta  pelatihan LKS Bipartit bahwa  selama ini mereka  blank terhadap  LKS Bipartit. Para pekerja hanya mendapatkan informasi yang terbatas dari senior  mereka. Bahkan ada  yang tidak tahu sama sekali apa itu LKS Bipartit.

Dengan jelas diatur dalam Permen no 32 tahun 2008 tentang LKS Bipartit  bahwa  LKS Bipartit  adalah  forum  komunikasi dan konsultasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Hubungan Industrial  di satu perusahaan,  yang anggotanya terdiri dari pengusaha dan Serikat Pekerja/serikat Buruh  yang sudah tercatat di instansi  ketenagakerjaan atau unsur pekerja.  LKS Bipartit   tidak  berfungsi  untuk  menyelesaikan perselisihan  hubungan Industrial.

Kekeliruan  yang terjadi di tengah – tengah pekerja  sah sah saja  muncul dan berkembang . Masalahnya adalah LKS Bipartit  dan  Perundingan Bipartit  adalah sessuatu yang berbeda. Informasi yang terbatas  dan sosilisasi yang terbatas  menyebabkan adanya  keterbatasan pemahamana terhadap kedua istilah  tersebut.

Lebih jauh dijelaskan bahwa  Perundingan Bipartit  adalah   perundingan antara pekerja.buruh atau serikat pekerja/serikat buruh dengan pengusaha untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial dalam suatu perusahaan. Perundingan bipartit  bukan LKS Bipartit. Atau LKS Bipartit tidak sama dengan perundingan Bipartit.

LKS Bipartit  berpijak pada Per No: 32/Men/XII/2008 sedangkan  Perundingan Bipartit  Berdasarkan Per No: 31/Men/XII/2010.

Perundingan bipartit  tidak terikat   struktur organisasi. Perundingan bipartit  tidak mewajibkan  adanya  program kerja dan  pendanaan  karena  bukan wadah. Ketika  seorang pekerja berselisih mengenai hak  dengan  manajemen (baca : bagian personalia) maka pada saat itulah terjadi perundingan bipartit.  Bila  tidak selesai  maka dapat diteruskan ke jenjang yang lebih tinggi  hingga pengadilan perburuhan industri.

Sedangkan LKS Bipartit  anggotanya terdiri atas wakil manajemen dan wakil pekerja,  buruh atau serikat pekerja/serikat buruh. Memiliki struktur organisasi karena ia adalah sebuah wadah. Memiliki program kerja   dan anggaran yang  diberikan oleh perusahaan. Produk LKS Bipartit adalah saran dan rekomendasi. LKS Bipartit  tidak berfungsi  untuk menyelesaikan  perselisihan hubungan  industri.  LKS Bipartit  justru berfungsi  melakukan antisipasi dini atau mencegah terjadinya  perselisihan hubungan industri. Mudah kan membedakannya.

Pelatihan  yang dilakukan  di PT Fluid Science  berlangsung selama  lima jam. Fasilitataor pelatihan adalah Endra Alamsyah, M. Rusli.  Sedangkan   pelatihan LKS Bipartit  untuk  PT Uwatec  dilakukandi Resto Kediri Batam Center  berlangsung pada tanggal 17 April 2010. Fasilitator pelatihan adalah M. Rusli dan Arnold Dharmawan Arsyad.

Pelatihan LKS Bipartit  memang perlu  dilakukan secara teratur. Karena  pemahaman  yang keliru terhadap LKS Bipartit  dapat berdampak terhadap  keharmonisan   di dalam sebuah perusahaan. LKS Bipartit  adalah wadah yang efektif  untuk menjembatani  manajemen dan wakil pekerja. Adalah wadah yang  baik  untuk mencegah  terjadinya  gap komunikasi.

Iklan

1 Komentar (+add yours?)

  1. cahya
    Nov 02, 2010 @ 09:06:28

    Dh Bapak Marumpa,
    Saya tertarik dengan lks bipartit, dan banyak sekali yg ingin saya tanyakan mengenai hal ini. Jika Bp berkenan tolong balas email ini ke lintang_alit@hotmail.com.
    Mohon bantuannya.
    terimakasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: