HUT Cumfire Tanam 300 Bibit Pohon

Hari Minggu pagi yang cerah Klub Pencinta Alam Cumfire sebuah komunitas yang berada di bawah binaan CSR PT BIC dan CDD PT Tunaskarya Indoswasta  mengadakan sebuah  acara penting. Acara tersebut  adalah penanaman 300 aneka jenis bibit pohon. Berlangsung di hutan belakang perumahan Otorita Simpang Dam Muka Kuning. Agenda ini  dijadikan  acara inti Cumfire pada  bulan April 2010 sebagai rasa syukur dan juga memperingati Ultah  Cumfire  yang ke -16.  Kegiatan tanam pohon ini    sekaligus  menyambut hari Bumi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penanaman pohon  yang dilakukan  selalu melibatkan berbagai  unsur  Komunitas  yang ada di KIB. Pagi itu  Cumfire selaku tuan rumah  di temani  Unit Kegiatan  KSR PMI, Pramuka, BIVAC, Teater Gong, Langgeng Pertiwi, Beladiri Silat. Dari unsur Pemerintah  Kota  Batam hadir Wakil Walikota Batam  Ria Saptarika, perwakilan Otorita Batam,  Andi Mapisangka selaku ketua CSR PT BIC, M. Rusli dari CDD PT Tunaskarya Indoswasta.

Ria Saptarika dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini tengah  digalakkan  program satu orang satu pohon. Ria Saptarika mengajak  Cumfire  tidak hanya menanam pohon tapi sekaligus melakukan  perawatan.  Ria  mengaku  kecewa dengan  organisasi tertentu yang hanya melakukan penanaman pohon setelah itu mati karena tidak dilakukan perawatan.

Ria lebih jauh menantang  Pencinta Alam Cumfire  agar  membuat  program  penanaman  pohon yang lebih kreatif. Ria menunggu gebrakan Cumfire  ke depan. Ria akan membantu  Pencinta Alam Cumfire  bila  ingin membuat gebrakan baru seperti merawat areal  jalan utama. Dimana areal yang ditanam tersebut nantinya   akan dinamai  pohon Cumfire.

Ria  akan  menantang  Instansi yang ada di Batam  agar  lembaga  tersebut  menanam pohon, merawat  dan  memberi  nama organisasi terhadap wilayah yang dihijaukan.  Kesempatan pertama tersebut ditawarkan kepada Pencinta Alam Cumfire.

Sehubungan dengan  ulang tahun Cumfire yang ke -16,  Ria mengucapkan  syukur alhamdudillah. Ria sudah mencatat   program yang rutin dilakukan  oleh Cumfire. Termasuk lomba lintas bukit Cumfire, Ria selalu ikut serta. Ria mengatakan bahwa  biasanya  kalau seseorang sudah jadi pejabat  tidak mau lagi jadi  peserta  kegiatan seperti lomba lintas bukit. Ria  justru sebaliknya  setelah jadi pejabat  Ria  semakin aktif  terlibat  kegiatan pencinta  alam bergabung  dengan  anak –anak muda.

Lebih jauh dikatakan oleh Ria, bahwa  kegiatan kepemudaan  didukung  oleh Pemko Batam. Sebagai wujud  perhatian terhadap  kegiatan anak muda, Ria  mengatakan bahwa Pemko Batam akan membangun  Wall Climbing  standar  di lapangan Enku Putri ,  membuat jalur  untuk sepatu roda  dan  membenahi  sarana Hot Spot.

Pada  kesempatan  yang sama Andi Mapisangka selaku ketua CSR PT BIC mengatakan bahwa  kegiata pemuda  di KIB, khususnya Pencinta Alam  rutin  menanam pohon   di lingkungan  hutan dekat  kawasan Industri  Batamindo. . Kegiatan   penanaman pohon  ini  program  ruitn yang dilakukan  Pencinta Alam Cumfire. Selain  menjaga hutan, Cumfire  juga  membina  kegiatan pabjat tebing.

M. Rusli dari CDD PT Tunaskarya Indoswasta  yang juga pembina Unit Kegiatan yang ada di Kawasan Industri Batamindo  mengatakan bahwa,   saat ini  iklim ekstrim terjadi di sejumlah tempat, banjir silih berganti,  kekeringan di sejumlah tempat. Beberapa pulau kecil  terancam tenggelam karena naiknya permukaan air laut.  Kegiatan  penanaman pohon sebiklnya dilakukan  tidak sebatas ceremony  atay dalam rangka hari kita menanam  pohon telah  menjadi sebuah  kebutuhan demi  menjaga bumi.

Kegiatan penanaman  pohon ini   juga didukung  oleh Security PT BIC. Dukungan security PT BIC  dengan  menyediakan angkutan  truk pengangkut bibit  ke lokasi  penanaan,  dua kicang cup terbuka  untukmengangkut  peseeta  penanaman pohon  ikut memeudahkan  jalannya  acara.

Gabungan  unit Kegiatan yang  terlibat  dalapam aksi tanam pohon ini  sekaligus  dijadikan  membina  kekaraban antara pengurus unit kegiatan  yang satu dengan lainnya yang ada di Kawasan Industri Batamaindo.

Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 300 jenis pohon. Pohon yang ditanam   diberi nama   sesuai  petugas atau lembaga   yang  menanam  bibit  pohon. Kegiatan penanaman pohon  berjala lancar. Dimulai pada pukul 08.30   dan berakhir pada pukul 11.00.  Salam rimba.

1 Komentar (+add yours?)

  1. Ezra atalya agatha
    Apr 29, 2010 @ 10:44:24

    saya ingin tanya ?
    apakah di tahun 2010 ada acara seperti ini lagi?
    karena saya sangat prihatin dengan keadaan bumi yang semakin memburuk saja
    dan kurang rasa empati masyarakat
    saya ingin ikut dalam menanam jenis tanaman.
    sebanyak2nya agar reboisasi dapat terlaksana
    latar belakangnya karena udara yang sangat panas dan kerusakan alam yang sangat fatal.
    trims.dan kalau ada info tolong beritahu
    ezra(14)th

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: