Training Sikap Positif

Guna  membekali  pengetahuan kepada  warga  dormitory        Kawasan Industri Batamindo, CDD PT TI  melaksanakan training  Sikap Positif. Training dilakukan pada tanggal 27 Maret 2010 di Training Room PT TI. Tampil sebagai  fasilitator adalah Riko Jaya Saputra , S.Psi, M.psi. Riko jaya saputra adalah  Psikolog yang juga HR Manager PT Tunaskarya Indoswasta.

Apakah sikap? Kenapa ia penting. Menurut Riko Jaya Saputra, Sikap adalah cara anda melihat sesuatu secara psikologis. Sikap  itu tidak pernah statis. Sikap merupakan proses yang dinamis dan sensitif terhadap perubahan. Sikap merupakan ungkapan  dari pikiran, perasaan dan tindakan kita dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap positif  adalah cara anda mengkomunikasikan suasana hati (mood) anda kepada orang lain dengan mengutamakan kegiatan kreatif, kegembiraan dan harapan.

Lebih jauh Riko  menambahkan  pengertian kepribadian sebagai  perpaduan yang unik dari ciri ciri fisik dan mental yang ada dalam diri seseorang. Kepribadian anda  lebih terletak  pada apa yang anda tampilkan dan bukan pada bagaimana anda memandang diri anda sendiri.

Sikap  positif sangat  baik bila diterapkan di perusahaan karena dapat membuat suasana kantor jadi nyaman. Riko menyebut sejumlah  manfaat sikap positif di tempat kerja. Menurut Riko, bekerja di dekat orang positif membuat pekerjaan  terasa lebih nyaman. Tempat dimana mereka dapat menjumpai orang-orang positif dan melupakan masalah mereka. Sikap positif membuat pekerjaan setiap orang sedikit lebih mudah. Hampir separuh dari waktu seseorang dihabiskan di tempat kerja. Tanpa sikap positif waktu itu akan terasa sangat panjang.

Riko Jaya Saputra   menganjurkan  kepada peserta  pelatihan  agar  dalam  lingkungan pekerjaan  membina dan memelihara hubungan yang sehat antara  atasan dan  bawahan. Membedakan antara hubungan pribadi dengan  kepribadian. Cepat memperbaiki hubungan. Menganggap hubungan yang bijak  jauh lebih penting daripada kesalahan yang merusaknya. Berusaha mencari segi-segi terbaik dalam diri rekan sekerja.

Riko Jaya Saputra  lebih jauh meminta  peserta pelatihan  agar menjauhi  sikap negatif. Seorang leader yang sikapnya negatif dapat mempengaruhi keseluruhan kerja. Sekelompok  kecil karyawan  yang negatif dapat mengubah suatu department  atau line production  menjadi seperti medan perang.

Lebih jauh Riko Jaya Saputra   mengharapkan kepada peserta pelatihan yang sudah terlanjur bersikap negatif  agar  melakukan peremajaan sikap. Peremajaan sikap  berarti  memperbaharui  atau menyegarkan kembali sikap anda dan memperbaiki kemunduran  dan keusangan  sikap.

Riko Jaya Saputra  mengatakan bahwa  cara memelihara sikap positif  adalah dengan cara pikirkan, bicaralah dan hargailah diri. Membuat segala sesuatu jadi sederhana. Mengelola waktu  dengan efektif,   membina hubungan yang baik. Melindungi sikap (membicarakan, menyibukkan diri, berdoa, mengubah suasana).

Pelatihan  sikap positif  adalah program rutin tahunan CDD. Peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan   sehingga  tercipta  suasana harmonis di lungkungan kerja dan dormitory. Semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: