Mencetak Pemimpin Melalui Outbound Training

Outsourching Department PT Tunaskarya Indoswasta melakukan Outbound Training angkatan ke-VII. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pekerja sebanyak 29 orang. Pantai Mirota berlokasi tidak jauh dari Bekas Kamp Vetnam Pulau Galang.

Acara pelatihan berlangsung dua hari, tanggal 25 dan 26 April 2009. Pada outbound training ini, tema yang disusung oleh panitia adalah kepemimpinan. Tampil sebagai trainer adalah M.Rusli selaku Kedep Community Development PT. Tunaskarya Indoswasta dan Riko Jaya Saputra, Psikolog dan Konsultan PT Tunaskarya Indoswasta.

Kegiatan hari pertama diawali dengan pembentukan tim. Materi games yang diberikan adalah permainan bola. Setelah itu peserta dibagi menjadi empat kelompok. Diteruskan dengan berlatih yel-yel.

Usai shalat Isya, Riko Jaya Saputra membekali peserta berupa Eneagram. Materi ini dibawakan selama dua jam. Peserta diminta mengisi kuesioner. Lalu hasil tes dapat mengetahui kondisi (watakj) peserta. Dari hasil tes tersebut akan muncul 9 watak manusia. Tujuan pemberian materi eneagram ini adalah memberikan wawasan kepada peserta outbound tentang siapa diri mereka (watak) bagaimana mengetahui kelemahan dan kekurangan dari karakter yang ia miliki. Pun berguna untuk mengetahui karakter teman baik dari sisi positif atau negatif.

Peserta diminta untuk memperbesar portensi sikap positif dan mengurangi sikap negatif berdasarkan karakter mereka.

Usai Eneargam, materi training diteruskan dengan pembahasan yel-yel. Mengapa harus melakukan yel-yel dan apa sisi positif dari yel-yel.

Materi ini dibawkan oleh M. Rusli. Peserta yang mengetahui manfaat yel-yel selanjutkan dibekali dengan materi Kreativitas, konsentrai. Pada kesempatan ini peserta diajak bermain sambil belajar. Peserta dapat menikmati materi dengan konsentrai hingga pukul 02.00.

Pukul 06.00, peserta outbound mengikuti sesi senam pagi, dan relaksasi. Materi berikutnya adalah peserta diajak untuk belajar strategi mengalahkan pesaing melalui game Balon Race dan Perang Balon.

Usai sarapan pagi, panitia kembali meneruskan materi training. Tema berkutnya yang diusung oleh trainer adalah menumbuhkan sikap percaya pada teman. Nama games yang diberikan adalah trust me.

Games berikutnya yang menguras konsentrasi adalah games persepsi, dimana anggota tim harus menerjemahkan instruksi ketua tim dengan benar dan hati-hati, karena peserta yang menerima instruksi menjalankan perintah dengan mata tertutup sehingga ia harus berkonsentrasi menyimak perintah yang diberikan oleh ketua tim.

Dame, salah seorang peserta mengakui bahwa outbound yang ia ikuti sangat bagus untuk menambah wawasan tentang kepemimpinan. Dame adalah peserta yang rajin melemparkan pertanyaan kepada instruktur.

Sufri selaku ketua panitia mengatakan bahwa, pada outbound kali ini tema kepemimpinan sengaja dipilih karena beberapa karyawan sudah banyak yang habis kontrak. Sedangkan karyawan yang baru datang umumnya masih fresh dan belum berpengalaman. Untuk mengganti leader yang telah habis kontrak, maka Manajemen Outsourcing Department PT Tunaskarya Indoswasta menjadikan outbound kali ini sebagai sarana pencarian dan pembentukan pekerja yang bermental sebagai pemimpin.

Pantai Mirota sebagai lokasi pelatihan adalah pantai berpasir putih. Pantai ini menjadi tempat outbound karena tempat ini cukup sepi dari pengunjung. View yang ditawarkan Pantai Mirota juga sangat indah. membuat peserta yang berada di lokasi tersebut merasa nyaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: