Team Building PT San Miguel di Puncak

Membangun Tim adalah bagian  tak terpisahkan dari sebuah organisasi. Sebuah organisasi yang terdiri dari sejumlah orang yang mempunyai tujuan bersama  bagaikan sebuah kapal yang mengarungi samudra luas.  Berbagai rintangan yang dihadapi adalah sebuah  konsekuensi dari misi atau tujuan organisasi.

s6300075

Ketika  kumpulan  orang yang berbeda  latar belakang  duduk bersama dalam sebuah tim yang ditugaskan untuk mencapai sebuah objective atau  tujuan, anggota tim  akan berupaya mengikuti  prosedur  atau  quality prosedure  dari sebuah  organisasi tempat ia bernanung.  Namun  quality prosedure atau  rambu -rambu tersebut kadang hanya dijadikan sebagai  pedoman  yang dibingkai dengan bagus dan ditempatkan di dinding perusahaan. Anggota tim dalam sebuah kelompok tak bisa lepas dari keyakinan, kepercayaan dan  persepsi anggota kelompok atau tim dalam menjalankan  tugas-tugas di lapangan.

s6300077

Upaya untuk menyamakan  cara pandang dengan mengikuti sebuah  work objective yang didasari dengan kriteria terukur untuk mencapai sebuah  tujuan atau target adalah langkah  strategis yang ditempuh oleh sebuah perusahaan.

s6300120

PT San Miguel sebuah perusahaan  yang memproduksi minuman mineral (merek Othree) dan minuman ringan dari bahan teh (Artea) pada  hari Sabtu dan Minggu  15 dan  16 November  menggelar sebuah pelatihan  (Team Building Training) yang diadakan di Puncak, Bogor  Jawa Barat.

s6300135

Pelatihan  yang diadakan khusus diberikan bagi  karyawan dari bagian Sales Department. Ada 42 peserta yang mengikuti  kegiatan ini. Materi pertama diadakan pada pukul 18.30, diberikan terhadap peserta adalah tentang  pemasaran  yang dibawakan  oleh   karyawan senior PT  San Miguel. Kegiatan ini dilangsungkan dalam sebuah  ruangan (in house training) dan berakhir pada pukul 22.00. Pukul 22.00 hingga 23.00 penulis meneruskan materi training dengan materi  ice breaker dan games  tentang  kreativitas,  dan persepsi.

s6300101

Aktivitas Team Building Training dilakukan pada hari Minggu 16 November 2008 pagi hingga siang hari. Penulis yang bertindak sebagai   fasilitator  pelatihan mengajak peserta untuk mengikuti  kegiatan  senam pagi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah dan  sekaligus sebagai relaksasi.

s6300085

Usai senam pagi dan relaksasi,  peserta dibagi menjadi dua kelompok melalui  game  yang bertema pembentukan kelompok. Selanjutnya peserta mengikuti game produktivitas melalui lempar bola. Lomba yel-yel  adalah kegiatan yang meriah. Peserta berupaya membawakan sebuah yel-yel yang powerfull dan  bersemangat. Tujuan pelatihan (yel-yel) ini adalah menyadarkan peserta akan  keberadaan  hormon endofrin, sebuah hormon di otak manusia yang mampu memberikan perasaan senang, bila diaktifkan akan memunculkan perasaan bahagia pada diri peserta.

s6300127

Kegiatan ini adalah bagian dari  kegiatan Team Building Training  yang dilakukan di salah satu  areal perkebunan teh di Puncak. Cuaca yang  dingin sejak malam hingga pagi hari  perlahan-lahan berubah menjadi  hangat. Sinar matahri mulai terasa panas   saat  aktivitas team building  memasuki  game  spider web.  Game spider web  menyadarkan peserta akan manfaat  pembagian tugas  yang efektif.  Melalui game spider web  peserta  akhirnya menyadari   manfaat  the right man on the right place.

s6300090

Game berikutnya  yang disambut antusias oleh peserta adalah  trust fall. Peserta  dibagi menjadi dua kelomok. Setiap kelompok dibagi menjadi  ketua, peserta, dan QC. Kegiatan ini bertujuan untuk   menumbuhkan kesadaran terhadap peserta akan bahaya keteledoran. Setiap anggota  dalam tim adalah  komponen yang sangat penting, semua anggota dalam  anggota  kelompok  adalah  penting.

s63001371

Game  yang terakhir adalah  Maze. Game ini melatih anggota tim  untuk mempelajari  pola. Melalui kegiatan ini   peserta team building  dilatih untuh terbiasa  mempelajari  pola atau  standarisasi dalam kondisi  apapun. Lingkungan yang berubah tidak menjadi penghalang bagi peserta untuk memahami  sebuah proses kerja  yang efektif.

Seluruh rangkaian ini berjalan dengan lancar. Pimpinan  PT San Miguel indonesia, dalam hal ini direktur perusahaan  yang dijabat oleh Mr. Glenn, HRD  Manager yang diwakili oleh Ibu Sukma  ikut terlibat dalam acara  team building ini hingga akhir acara.

Bertindak  selaku  Team Building  training adalah penulis. Penulis dibantu oleh co trainer  yakni  Bapak  Teguh, Bapak  Seno,  Bapak Wahyu, Bapak  Affif.  Pihak  PT San Miguel  yang sangat  berperan aktif  menyukseskan acara ini adalah  Ibu Siti   dan  Bapak  Rudi.

1 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Team Building PT San Miguel di Puncak | Blog Batam Digital Island

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: