Mengembangkan Diri di Pesantren Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat.  Ramadhan disambut dengan aneka kegiatan. Bagi  pengelola  televisi , kegiatan ramadhan dituangkan dalam kemasan  yang tidak jauh berbeda  dari tahun -tahun sebelumnya.

Kemasan  ramadahan ditampilkan  dalam   TV. Acaranya   bervariasi.  Ada ceramah agama menjelang buka puasa,  kuis ramdhan, sinetron ramadhan, musik ramadhan.  Kultum hingga siaran langsung shalat taraweh dari Masjidil Haram.

Bulan ramadahn  menjadi  bulan  yang berarti bagi penjual dadakan. para  pedagang  bersatu  menjajakan  aneka makanan dan minuman menjelang  buka  puasa. Namanya pasar  kaget.  Pasar kaget menjamur. Mudah ditemui di pusat-pusat keramaian.  Pasar  kaget tersebut  menyediakan aneka hidangan untuk berbuka.

Pengelola hotel juga menawarkan program   berbuka dengan anake  hidangan dan minuman.

Pengelola  Mall tak tinggal diam menyikapi program ramadhan. Aneka jualan di tawarkan demi menyambut ramadhan. Mulai dari pakaian hingga  makanan.

Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Batam  punya cara  tersendiri  memeriahkan bulan ramadhan. Pada tanggal 13 dan 14 September 2008 BAZ  memberikan pembekalan  pada pelajar SD, SMP dan SMA  melalui Pesantren Ramdhan.   Pemberi materi diantaranya adalah M. Rusli,  Kadep Community Developmnt Departement PT Tunaskarya Indoswasta. Ia membawakan materi  Jurnalistik.

Pembukaan pesantren Ramdhan  pada tanggal 13 Sepetember 2008 lalu dibuka  oleh ketua Yayasan  Masjid Raya Kota Batam. Dalam sambutannya,  ketua Yayasan  Masjid  Raya  menekankan kepada  pelajar SMP dan SMA  agar mengambil  nilai positif  kisah novel Laskar Pelangi yang  ditulis oleh Andre   Hirata.

Syrifuddin selaku wakil direktur  Badan Amil zakat kota Batam  mengatakan bahwa  kegiatan  pesantren Ramadhan ini  diberikan khusus kepada   pelajar  SD, SMP dan SMA  asuh yang ada di Kota Batam.  Beberapa diantara pelajar tersebut  adalah anak yatim.

Pembekalan  diberikan kepada  seluruh peserta.  khsus  peserta SMP dan SMA   disatukan dalam ruangan.  Pelajar ini  mendapat  materi pelatihan   pengenalan jurnalistik, penulisan berita, praktek membuat  majalah dinding,  pengembangan diri,  manajemen perubahan, Kebiasaan efektif. Beberapa instruktur atau fasilitator  lokal dihadirkan untuk membimbing  peserta pesantren ramadhan.

Peserta  pesantren ramadhan  fokus pada  seluruh rangkaian acara yang disusun oleh panitia. Peserta pesantren ramadhan ini menginap di asrama haji. Pada malam hari pelajar  disatukan dalam kegiatan shalat taraweh bersama, sahur bersama, shalat tahajjud bersama  hingga sahur bersama.

Iklan

1 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Mengembangkan Diri di Pesantren Ramadhan | Blog Batam Digital Island

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: