Pelatihan Jurnalistik FLP Batamindo

FLP Batamindo  angkatan tahun 2008, tepatnya pada hari Minggu 31 Agustus 2008 kembali mengadakan pelatihan  Jurnalistik.  Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan prinsip dasar tentang dunia penulisan.

Pelatihan  jurnalistik   hari pertama menekankan pada materi penulisan berita.

Instruktur  adalah  staf Redaksi tabloid Etos M. Rusli. Kegiatan  ini akan berlanjut  pada  pertemuan  selanjutnya untuk membahas  teknik  menulis artikel , feature,   jurnalisme investigasi hingga  Kode Etik Pers.

Peserta  pelatihan jurnalistik  adalah anggota baru FLP Batamindo. Mereka berasal dari perusahaan yang ada di  Kawasan Industri Batamindo. Pada  pertemuan pertama tersebut peserta diberi tugas untuk menganalisa sebuah berita.

Selain  membedah sebuah tulisan berita, peserta diajak untuk mengenali lebih jauh tentang  5W+1 H, unsur berita, teknik penulisan singkat, padat, efektif.  Peserta juga  dikenalkan  prinsip tulisan yang membuat pembaca trance. Atau konsentrasi pembaca terpusat.

Nur Alim, ketua FLP Batamindo mengatakan kepada seluruh peserta untuk serius  berlatih agar dapat menjadi penulis yang  produktif.

Lebih jauh Rusli mengatakan,  bahwa prinsip utama  menulis  terletak pada rumus 3 M. Yakni: menulis, menulis dan menulis. Karena tidak ada artinya mengetahui semua  teknik atau cara menulis  kalau tidak pernah praktek menulis, kata Rusli. Betul juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: