Ramadhan Telah Tiba

Ramadhan  1429 H telah tiba. Selama sebulan ummat Islam menjalankan  puasa. Umat Islam menyambut ramadhan  dengan penuh  suka. Ramdhan adalah  bulan penuh berkah

Ramdhan  adalah  bulan istimewa. Istimewa karena pada buklan ramadhan diturunkan kitab suci Alquran.  Ramdhan bagi pekerja di  negeri ini bulan yang istimewa karena pada bulan ini THR diberikan, he he.

Pada bulan ramdhan menjadi berkualitas bagi ummat Islam karena ummat Islam berupaya mensucikan dirinya.

Yusuf  Burhanuddin mengutip pendapat Ibnu Mandzur seorang ahli bahasa arab yang hidup pada tahun 630 -711 H menjelaskan bahwa  Ramadhan berasal dari kata al ramadh. Al ramadh artinya adalah panas batu akibat sengatan sinar matahari. Pakar lainnya  mengatakan bahwa Ramadhan berasal dari kata Ramidha yang berarti keringnya  mulut orang yang berpuasa akibat haus dan dahaga.

Menurut pandangan di atas ramadhan tak lain simbol dari sengatan sinar matahari yang bisa mempengaruhi dan memanaskan batu. Batu juga bisa dijadikan sombol terhadap kerasnya hati seseorang. Hati yang tidak memiliki ruh dan kepekaan terhadap orang lain. Kaku. Tidak punya kepekaan.  Tidak punya sense.

Meski hati keras seperti batu, ramadhan membuatnya terpengaruh. Ramadhan membuatnya panas sehingga tidak lagi diam membisu. Berubah menjadi dinamis dan memiliki kekuatan.

Ramdhan  mengubah hati  yang lesu menjadi kuat, yang padam menjadi terang. Hati  yang baik, semuanya akan  mencerminakan yang baik. Hati adalah komando. Hati adalah cermin.

Menyonsong ramdhan berarti menyonsong  kesucian hati dengan memberi makanan pada ruhani. Pada bulan ramadhan ini dikatan bulan suci dan penuh berkah bagi  umat Islam  karena pada bulan ramdhan lah  bulan diturunkannya Alquran. Pada bulan ramadhan lah umat Islam menjalan puasa sebulan penuh,  shalat taraweh di malam hari,  malam laitulqadar,  pelaksanaan zakat    fitrah dan hari raya idul fitri.

Kegiatan ramadhan di Kawasan Industri Batamindo dilalui dengan penuh aktivitas. Ada festival ramadhan yang dialukan di New Multy Purpose Hall, kegiatan  buka puasa bersama, shalat taraweh bersama. Shalat taraweh  dilakukan di dua mesjid besar di KIB yakni Mesjid Nurul Islam dan Masjid Nurul Iman.

Kegiatan Buka puasa tidak hanya dilakukan di masjid,  majelis taklim, lingkungan RT RW, lingkungan perusahaan dan Karang Taruna Siaga Yudha I Batamindo.  Kegiatan buka puasa bersama  terbesar dilakukan oleh  Corporate  Social Responsibility  PT BIC.  Kegiatan buka puasa bersama CSR dilakukan bekerja sama dengan  pemerintah  Kecamatan  Sei Beduk.  Lokasi buka puasa bersama CSR dilakukan di  empat Kelurahan  yang ada di Kecamatan Sei Beduk. Diantaranya dilakukan di Kelurahan Muka Kuning,  Kelurahan Mangsang, Kelurahan Duri Angkang dan Kelurahan Tangjung Piayu.

Diantara  semua  kegiatan buka puasa bersama  tersebut, kegiatan Buka Puasa  bersama yang dilakukan di Commuity Center  menjadi  puncak kegiatan buka puasa bersama karena  menghadirkan seribu lebih anak yatim dan orang tua Jompa. Pada buka puasa  di Community Center ini juga menjadi spesial karena   menghadirkan   Ustaz Harimukti dari Jakarta.

Asal usul puasa. Burhanuddin Yusuf mengatakan,  Puasa  dilakukan bukan hanya oleh  orang Islam. Sejak permulaan sejarah, puasa  diyakini banyak agama  mencapai keagungan spiritual dan menawar kealpaan yang bisa menuntun pelakunya dari  kemungkaran.  Puasa  sebagai amalan juga dilaksanakan oleh masyarakat non muslim seperti Mesir Kuno, Yunani Kuno,  Bangsa Romawi dan China Kuno.

Bangsa Phoenix di Mesir, berpuasa untuk menghormati Dewi  Isis. Pada tahun 193 SM bangsa Romawi  Kuno   berpuasa selama setahun  penuh dalam setiap lima tahunan untuk menghormati  Dewi Orisis. Bangsa Yunani berpuasa sebagia persiapan  awal menghadapi peperangan. Nabi Musa  As berpuasa selama 40 hari  di Gunung Sinai.

Imam al Qurthubi mengatakan yang pertama kali berpuasa ramadhan adalah nabi Nuh AS. Saat nabi Nuh turun dari  perahunya setelah badai menimpa negeri umat  beliu. Puasa ketika itu dilakukan sebagai tanda  dan rasa syukur kepada Allah SWT atas keselamatan beliau dan para pengikutnya dari badai  dan banjir.

Allah memerintah ummat islam  melakukan puasa pada bulan Ramadhan sesuai  dengan QS al-Bagqrah (2): 183.Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelummu agar kamu sekalian bertaqwa.

Di QS Al Baqarah (2): 185 dikatakan,  Bulan ramadhan,bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagi  petunjuk  bagi  manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.

Puasa  adalah kegiatan yang secara langsung bisa dirasakan manfaatnya bagi ummat Islam yang melaksanakan  ibadah puasa tersebut.  Salah satu manfaat puasa adalah  menyehatkan. Justru puasa tidak membuat  orang sakit.

Selama ini ketika warga metropolis dibombardir dengan aneka iklan makanan siap saji yang bertebaran di sudut-sudut kota. Ketika masyarakat yang memiliki  penghasilan lebih menjadikan  restoran sebagai tempat untuk menyantap aneka makanan dan minuman. Kebiasan itu terkadang dilakukan berlibihan tanpa di sadari sehingga menimbulkan obesitas. Bahkan berakhir dengan  penyakit seperti jantung, ginjal, kanker kardiovakskular, depresi.

Puasa adalah terapi yang murah meriah.  Puasa bisa menyehatkan bukan membuat sesorang sakit, sabda Rasulullah. Dokter juga sepakat bahwa puasa merupakan salah satu terapi untuk  membersihkan tubuh dari lemak-lemak berpenyakit maupun dari makanan yang tidak bermanfaat di dalam tubuh. Terjadi proses pengeluaran zat-zat beracun dai dalam tubuh.

Tubuh tidak hanya membutuhkan sari sari makanan dan minuman. Tubuh juga   perlu dibersihkan dari berbagai zat kimia yang akan merusak anggota tubuh itu sendiri.

Ibnu Sina (980-1037) adalah dokter muslim kenamaan abad ke XI selalu mewajibkan pasinen yang datang padanya untuk berpuasa selama tiga minggu. Puasa adalah terapi  efektif  dan murah dalam menyembuhkan penyakit pasiennya.

Dokter Robert Partolo dari Ameriia Serikat adalah dokter spesialisasi spilis, mengatakan bahwa mengosongkan perut adalah terapi mujarab di dalam memberantas virus-virus spilis yang terkandung dalam tubuh. Dengan  puasa, virus-virus   akan digantikan dengan zat-zat yang menyehatkan.

Well, puasa  menguntungkan bagi ummat manusia karena itu mari berlomba-lomba untuk mengamlkannya.

Iklan

1 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Ramadhan Telah Tiba | Blog Batam Digital Island

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: