Olahraga Meningkatkan Produktivitas

Mau sehat? tentu dong. Siapa sih yang mau sakit. Kalau sehat menyenangkan, kenapa menyiksa diri dengan penyakit.  Upaya memasyarakatkan  hidup sehat terus dikembangkan.  Program hidup sehat selalu diajurkan  oleh  pemerintah, organisasi sosial, baik melalui  media  cetak, elektronik.

Olahraga memicu  produktifitas. Olahraga  melahirkan produktivitas.  Rekan penulis saat masih kuliah dulu sangat aktif berolahraga.  Saat itu olahraga yang ia ikuti adalah Beladiri karate aliran Goju Kai. Namanya Surahman. Asalnya  Buton. Saat ini ia adalah seoarang dosen di salah satu universitas  di Makassar.

Setaip minggu Surahman,  minimal  tiga kali seminggu mengikuti latihan rutin di Dojo Gojukai. Kebiasaan teratur berlatih beladiri membuat ia sehat dan berpikir positif. Seiring dengan itu, prestasi surahman  sebagai mahasiswa juga  menanjak.  Nilai  yang ia peroleh selalu memuaskan. hingga akhirnya  ia terpilih sebagai dosen. Dan terakhir ia sudah memegang ijasah S3 dalam usia yang masih muda.

Pada kesempatan yang lain, penulis juga merasakan manfaat olahraga secara teratur saat masih bekerja di PT Bosowa Merlian Motor. Ada yang menarik.  Apakah itu?  Yap, rupanya Manajemen PT  Bosowa Berlian Motor   mewajibkan karyawan melakukan olahraga senam setiap  hari Jumat Pagi.  Senam massal dilakukan  di halaman kantor  perusahaan. Senam massal ini diikuti  oleh seluruh  karyawan  dari level terendah  hingga top Manajemen.

Ketika bekerja di Batam, Penulis juga menemukan   kegiatan olahraga  yang dilakukan oleh perusahaan Jepang.   Senam yang dilakukan  oleh karyawan  tidak harus di akukan di tempat terbuka, bisa  juga dilakukan di area  kerja meski dengan  senam yang sederhana demi memperlancar  peredaran darah.

Sejak  Bahan Bakar Minyak dari Fosil  langka dan mahal,  beberapa kelompok  pekerja   membentuk wadah    bersepeda ke  tempat kerja. Gejala ini sudah mulai muncul. Salah seorang rekan penulis yang bekerja di PT Shimano,  bernama Mujianto yang kebetulan duduk di  pengurus Bipartit PT Shimano  membuat program  Fun Bike  sebagai acara tahunan perusahaan. Baru-baru ini  Fun Bike yang kedua   kembali digelar dengan rute  jalan di seputar pabrik dan dormitory  Kawasan Industri Batamindo.

Manfaat  yang dirasakan    dengan  bersepeda secara teratur sangat banyak.  Diantaranya adalah:

  1. Penghematan bahan bakar minyak.
  2. Menyehatkan  badan ( Jiwa dan raga)
  3. Menjaga ekosistem alam karena  mengurangi polusi

Kegiatan bersepeda di batam main populer. Saat ini sedang tumbuh dan berkembang  kelompok  sepeda  yang melakukan aktifitas pada hari kerja atau hari libur. Beberapa  pekerja di PT Unisem dan PT Shimano sudah meninggalkan  kendaraan bermotor (mobil dan sepeda motor) dan beralih ke Sepeda  sebagai  kendaraan menuju tempat kerja.  Ternyata  produktifita meningkat. Mau coba.

1 Komentar (+add yours?)

  1. ChankS
    Agu 07, 2008 @ 09:25:57

    Klo di Jakarta ada komunitas Bike To Work yg mungkin sudah tersebar dikota-kota lain! Mereka ini punya program bersepeda ke kantor secara rutin! Tentu tak hanya terbatas ketempat kerjaan saja, tapi juga ketempat lainnya.
    Ide yg kita harus support….., selain membantu Program Global Warming, juga bisa memotivasi yg lain untuk aktif atau tergerak untuk selalu berolahraga!
    Saya pribadi terus terang termasuk jarang atau malah kurang sekali berolahraga rutin…paling hanya jogging itupun tidak sampai berkeringat banyak. Dulu sempat badminton, pingpong di kantor atau sesekali ikut bola (futsal)….., mudah2an setelah baca tulisan ini, Insya Allah saya segera memulai lagi berolahraga secara rutin, ok????
    Thanks for support….
    Chanks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: