Pemusik Pemula dan Pengalaman

Ditulis oleh Icatt Iskandar

(Pencinta Musik  Batamindo)

Sebagian dari komentar yang acapkali didapat oleh Pemusik pemula adalah , “Kalian atau kamu  berbakat. Ataupun punya bakat. Akan tetapi kamu kurang pengalaman.”

Atau, ” Kalian bermain baik, tapi kurang pengalaman.”

Sebagian dari komentar di atas sedikit banyak  membuat  pemusik pemula patah semangat dan akhirnya berhenti bermain musik dengan alasan bosan dan lain sebagainya.

Kebanyakan dari Pemusik pemula (di Batam)  yang saya temui, mereka bermain tanpa bayaran demi mendapatkan pengalaman. Perlu diakui bila di Batam hanya sedikit tempat bagi pemain musik pemula untuk dapat manggung  demi  memperoleh pengalaman, alih-alih menunggu suatu ajang bermusik bisa berupa parade ataupun festival diselenggarakan.

Alhasil pemain pemula lebih sulit mendapatkan pengalaman. Dimana harus bermain? Apa yang harus dilakukann? Dimana memulainya?

Dibawah ini saya menuliskan beberapa hal yang saya dapat dari sebuah “Music Workshop” yang saya ikuti sewaktu saya masih tinggal di kota kelahiran saya, Bandung. Dan inilah catatannya yang ada dan telah ditambah dengan beberapa catatan dari para instruktur dan pemain musik Profesional dan semoga catatan kecil ini bermanfaat buat pemula  yang tertarik dengan dunia musik!

1. Kenali Instrument ( yang kamu minati ). Yang penting adalah kemampuan untuk memainkan apa yang dibutuhkan secara musikal dan teknik yang memadai supaya bisa bermain dengan santai. Kamu perlu menguasai alat yang dimainkan agar rasa percaya dirimu cukup untuk bermain dengan baik bersama-sama musisi lainnya

2. Belajar teknik dan hal-hal yang berhubungan dengan alat yang kamu mainkan. Bisa saja  kamu memutuskan untuk mengambil kursus ataupun pelatihan tertentu supaya  pengetahuan dan skill kamu bertambah. Dengan mengikuti kursus tertentu itu akan sangat membantu membuka wawasan kamu tentang instrument yang kamu mainkan. Ada kalanya orang hanya puas dengan apa yang didapat dan dipelajari sendiri (otodidak). Dengan mengikuti suatu pelatihan kamu belajar pengembangan teknik yang baik, belajar mendengar serta mempelajari dasar-dasar musik dan lain sebagainya.

3. Main Musik bersama orang lain (Jam session). Tempat untuk ber-jam session dikota ini (Batam) memang sangat sedikit sekali. Ada kalanya di suatu cafe menyediakan ‘home-band‘ toh mereka juga perlu istirahat ,di saat ‘home-band’ break sering kali personil home-band menawarkan bagi pengunjung untuk bermain ‘Jam Session’. Bila saja kamu mengganti serta bermain dengan baik, siapa tahu kamu mendapat tawaran untuk manggung di tempat yang sama atau tempat lain pada suatu kesempatan. Ini akan menjadi pengalaman yang berharga.

Tak ada pengganti pengalaman.  Pengalaman adalah sesuatu yang harus kamu lakukan sendiri. Situasi dan masing-masing orang mempunyai keunikan tersendiri. Tidak ada dua orang yang mempunyai pengalaman yang sama. Setidaknya kamu bisa mempersiapkan diri. Maka bersiaplah sebaik mungkin, untuk menangkap kesempatan yang akan membawamu ke pengalamanmu sendiri. Jika kamu siap kamu tidak hanya punya kesempatan untuk memperoleh pengalaman, akan tetapi  juga kesempatan berharga dalam hal bemusik. Setiap orang memulai tanpa pengalaman sama sekali. Kita mulai dari awal yang sama, bertahan dan teruslah mencoba dan ini juga bagian dari pengalaman.

Bila ada event Music Workshop, Music Clinic atau sejenisnya di kotamu, coba hadir disana. Dari kegiatan tersebut kamu akan menemukan hal-hal baru, kamu dapat memetik pelajaran dan mengambil pengalaman berharga untuk mengembangkan kemampuan permainan kamu serta memperluas pandanganmu tentang bermain musik.

Dengarkan berbagai jenis musik. Kamu tidak akan pernah tahu tugas apa yang akan muncul pada suatu audisi. Persiapkan dirimu untuk memainkan apa yang dibutuhkan, bahkan jika itu bukan jenis musik kesukaanmu.

Yang terakhir tapi penting, bersikap ‘Serius’. Bersikap serius atau bersungguh-sungguh tidak berarti tidak bergembira. Hampir semua pemain besar serius dengan pekerjaan mereka, mereka juga bergembira. Tapi mereka tahu kapan harus serius. Mungkin waktunya juga buat kamu untuk bersikap serius. Ajukan pertanyaan ini pada dirimu sendiri ,  “Apakah aku benar-benar serius tentang bermain musik, atau apakah aku cuma senang membayangkan menjadi seorang pemusik ?”.

Bila kamu hanya membayangkan menjadi pemusik, maka bermainlah dan bergembiralah. Sebagian orang akan mengatakan, “Saya bermain musik untuk bergembira, hobby , mengisi waktu luang ,….bukan ingin menjadi pemusik terkenal”

Menurut saya, buat kamu yang serius menjadi pemusik adalah belajar dan bermain sebaik mungkin. Jika kamu berbakat dan beruntung, kesempatan untuk ketenaran akan menghampirimu. Bila kamu pemain yang baik dan mendapat kesempatan besar, besyukurlah karena hal itu tidak terjadi setiap saat. Ada banyak pemusik besar yang belum cukup beruntung untuk menjadi terkenal.

Jadi buat kamu-kamu yang masih dikategorikan ‘Pemusik Pemula’ jangan berkecil hati  teruslah belajar dan bermain musik dengan baik dan bersungguh-sungguh. Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Jadikanlah dengan bermain musik sebagai salah satu bagian dari proses kamu dalam pencarian jati diri dan proses pematangan kepribadian.

Demikianlah sebagian catatan yang didapat dari  ‘Musik Workshop’ yang pernah saya ikuti. Sebenarnya masih ada beberapa bagian yang ingin saya tulis disini….Insya Allah  lain waktu kita sambung lagi. See You…..Turn Your Music On…!!!

1 Komentar (+add yours?)

  1. EMULTY
    Jul 20, 2008 @ 19:33:21

    wah anda PEDULI yaa!
    SALUT OM!

    Numpang promo

    BERHARAP KEMBALI:
    Link to: EMULTY BOX.NET

    CINTA INI TAK AKAN MATI:
    Link to: EMULTY BOX.NET

    IAM THA IAM:
    Link to: EMULTY BOX.NET

    JADIKAN AKU:
    Link to: EMULTY BOX.NET

    JANGAN BILANG EngGak:
    Link to: EMULTY BOX.NET

    LADANG CINTA:
    Link to: EMULTY BOX.NET

    SHE SAY FUCK LOVE:
    Link to: EMULTY BOX.NET

    TERIMA KASIH..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: